Thursday, August 18, 2022

Sang Raja di Negeri Alga

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Kolesterol tinggi ancaman serius lantaran mengundang arteriosklerosis, jantung koroner, dan stroke. Di tengah kekhawatiran itu rekannya menyarankan untuk mengkonsumsi cryptomonadales.

Tiga hari setelah pengecekan itu, Loyamandra pun rutin mengkonsumsi 20 tablet cryptomonadales 2 kali sehari; obat-obatan kimia disingkirkan. Pada 12 Februari 2007, sebulan setelah rutin menelan tablet cryptomonadales, pria 47 tahun itu memeriksakan diri ke laboratorium. Ia kembali tercengang melihat hasilnya: kadar gula darah 121 mg/dl, kolesterol 166 mg/dl, LDL 100 mg/dl. ‘Tingkat angka yang baik sekali,’ ujarnya.

Kesembuhan Loyamandra itu sejalan dengan uji klinis di Taiwan untuk penyakit hiperkolesterolemia dan diabetes mellitus tipe II. Uji klinis melibatkan 30 pasien. Hasil uji menunjukkan, dengan mengkonsumsi 30 tablet cryptomonadales (200 mg/tablet) per hari menurunkan kadar kolesterol dan LDL sebanyak 15% dalam sebulan. Kadar gula darah juga turun dari 10% menjadi 7% dari batas normal.

Cryptomonadales? Ia memang makhluk supermini, ukurannya 4-8 mikron. Mungkin karena kecilnya itu ia diberi nama crypto (berarti tersembunyi) yang dipinjam dari bahasa Yunani. Di balik sosok mungil, ternyata khasiatnya amat besar. Ganggang bersel satu itu tak hanya tokcer mengatasi diabetes atau kolesterol seperti dialami Loyamandra. Hipertensi, nyeri sendi, kanker, dan stroke beberapa penyakit lain yang disembuhkan cryptomonadales. Kandungan senyawa aktif panasea-sebuah obat yang mampu mengatasi aneka penyakit-itu memang lengkap.

Kepada Trubus Prof dr Wang Shun Te, penemu cryptomonadales dari Taiwan, menuturkan, ‘Bila kita mengkonsumsi cryptomonadales yang bersifat basa, sedangkan tubuh manusia asam, maka tubuh berubah menjadi basa. Kondisi tubuh yang basa itu sangat baik bagi kesehatan.’ Cryptomonadales kaya asam gamma linoleat alias omega 6. Khasiatnya merangsang sistem imun, bersifat antivirus, antikanker, dan antihomeostasis glukosa.

Selain itu juga menurunkan kolesterol, menaikkan High Density Lipoprotein (HDL) alias protein baik, dan menurunkan LDL. Kandungan utama cryptomonadales adalah Peroxisome Proliferator Actiovated Receptors (PPARS). PPARS berfungsi merangsang sel-T untuk melawan benda-benda asing seperti virus yang masuk ke dalam tubuh. ‘PPARS juga merangsang sekresi insulin sehingga baik untuk mencegah diabetes mellitus,’ ujar Wang.

Keunggulan lain, Chlorella sorokinina-nama ilmiah cryptomonadales-mengandung CGF (cell growth factor) yang mengaktifkan sel-sel tubuh sehingga fungsi metabolisme pun normal dan menentukan daya regenerasi sel. Tumbuhan bersel satu itu juga kaya pikosianin yang berfaedah mencerahkan warna kulit dan bersifat antivirus. Sementara klorofil dalam tumbuhan itu membersihkan saluran pencernaan, peredaran darah, dan membantu memproduksi sel darah merah.

‘Yang pasti cryptomonadales membuat sel tubuh sangat cepat bekerja. Itu karena asam-asam lemak di dalamnya lengkap dan banyak yang tidak dibentuk tubuh, sekaligus tidak terdapat di makanan lain,” ujar Prof Chao Ling Chen PhD, ahli biologi molekuler kepada reporter Trubus Vina Fitriani. Alumnus University of Florida Amerika Serikat itu mengatakan cryptomonadales lebih cepat membuat replikasi sel. Sebab, tumbuhan itu berkembang biak dengan membelah diri, menjadi 4 hanya dalam 24 jam.

Meski masih sekerabat dengan klorela, cryptomonadales berbeda. Dinding sel klorela lebih tebal sehingga hanya 50-70% yang dicerna tubuh, sisanya dibuang. Bandingkan dengan dinding sel cryptomonadales yang sangat tipis. Makanya tubuh sangat mudah mencerna dan menyerap hingga 95%. Apalagi cryptomonadales mengandung 20 asam amino yang diperlukan tubuh.

Tubuh kita memerlukan 20 jenis asam amino. Dari jumlah itu hanya 12 jenis yang dapat disintesiskan oleh tubuh. Sementara 8 jenis lain-isoleusin, treonin, leusin, fenilalanin, metionin, lisin, triptofan, dan valin-harus diperoleh dari makanan seperti cryptomonadales. Keberadaan 8 asam amino itu penting agar tubuh berfungsi normal. Dengan sederet keistimewaan itu pantas bila julukan king of algae alias raja alga disematkan kepada cryptomonadales. (Sardi Duryatmo/Peliput: ImamWiguna)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img