Sunday, August 14, 2022

Sang Ratu Bersemat Dewi Kemurnian

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Terinspirasi kisah dalam legenda Yunani itu, Liony Handayani, putri kedua Syahrial Usman-kolektor di Pekanbaru, Riau-menyematkan nama sang dewi pada aglaonema koleksi terbaru sang ayah. Sebutan artemis dipadukan dengan nama panggilannya, Liony. Jadilah siamese rainbow itu berjuluk artemis liony. Sosok anggota famili Araceae itu kompak dengan jarak antarruas daun pendek. Bentuk daun elips. Penampilannya cantik dengan perpaduan warna hijau, jingga, dan merah.

Koleksi lain ialah sunflower, fransesca, lavira, red metalic, dan red jaya. Yang disebut pertama, bersosok rimbun dan daun menyebar ke segala arah. Mirip seperti mahkota bunga matahari. Dari situlah Ayang-sapaan Syahrial Usman-menyematkan nama sunfl ower. Paduan warnanya mirip artemis liony: hijau, jingga, dan merah di tulang daun. Daun besar-panjang 20 cm dan lebar 16 cm-dan tebal. Fransesca bersosok rimbun dan kompak dengan daun berwarna hijau dan kuning.

Bak baling-baling

Penampilan lavira lebih berani dengan paduan hijau dan merah. Daun berbentuk bulat telur dan bermotif batik. Red metalic dan red jaya juga memiliki motif serta warna seperti lavira. Namun, daun red metalic lebih tebal dan memiliki banyak kerutan di dekat tulang daun. Daun red jaya rebah dan bentuknya panjang.

Kecantikan aglaonema juga memikat Trubus waktu berkunjung ke nurseri Tulip milik Leli Herlina di Medan, Sumatera Utara. Salah satunya, sri rejeki yang didominasi warna merah dan tepi daun bergelombang. Aglaonema berdaun kekar, berwarna hijau dengan tulang daun merah pun tak kalah menarik. Nun di Sentul, Bogor, kerabat anthurium asal Thailand juga berdatangan. Sebut saja pink patriot, red mateo, star trek, dan red sweetie. Pink patriot terlihat anggun dengan perpaduan warna merah muda dan hijau. Bentuk daun besar dan sedikit bergelombang di tepi.

Red mateo istimewa lantaran posisi daun seperti baling-baling kincir angin yang berputar searah jarum jam. Star trek memiliki komposisi warna kontras: kombinasi merah terang dan hijau tua. Sementara red sweetie terlihat manis dengan warna hijau, kuning, dan merah muda. Uniknya, bentuk daun agak bulat.

Pendatang baru juga hadir di nurseri Irene milik Harry Setiawan di Kalimalang, Jakarta Timur. Aglaonema yang masih tanpa nama itu daunnya ramping, panjang, dan ujung meruncing. Warnanya merah di bagian tengah dan hijau di tepi daun. Sama seperti jenis lainnya, sang ratu pun menebarkan pesona. (Rosy Nur Apriyanti/ Peliput: Syah Angkasa dan Destika Cahyana)

 

Previous articleContent Layouts
Next articleCara Agus Jarangkan Jati
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img