Monday, August 8, 2022

Sarang Lidah Naga

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

  1. Bagaimana sarang lidah naga terbentuk?
  2. Apakah jika rumah didesain tertentu muncul sarang lidah naga?
  3. Kenapa sarang lidah naga berharga mahal?
  4. Apakah ada perbedaan nutrisi sarang lidah naga dengan sarang biasa?
Heru AB
Jl. Graha Indah
Perum Kartini Blok C4/4 Bekasi
Boedi Mranata
  1. Sarang lidah naga berbeda dengan sarang biasa. Ia menempel di bawah plafon, sedangkan sarang biasa di sirip-sirip yang tegak lurus. Biasanya sarang yang menempel di langit-langit gua cenderung berbentuk lidah naga. Bentuk sarang lidah naga unik seperti centong sayur dan relatif berat daripada sarang biasa. Walet membuat sarang seperti itu agar telur atau anaknya tidak jatuh.
  2. Sarang lidah naga bisa dibuat dengan desain rumah tertentu. Untuk itu plafon rumah harus kasar dan tidak rata. Misal dengan adukan semen yang bergelombang dan kasar, atau dipasang anyaman bambu persis di bawah plafon, serta jarak antarsirip dibuat jarang, 60 cm. Dengan begitu sebagian burung akan membuat sarang lidah naga. Prosesnya relatif sulit, sebab burung harus berakrobatik terlebih dahulu pada saat membuat pondasi (kaki) sarang. Ia perlu menggelantung dengan kuku jari kaki menempel di plafon. Ada juga sarang semi lidah naga, tapi bentuknya lebih besar.
  3. Memang sarang lidah naga berharga lebih tinggi US$300—US$400/kg daripada sarang biasa. Itu wajar karena bentuknya lebih bagus, besar, dan langka. Jumlahnya pun sangat terbatas. Untuk walet rumah hanya sekitar 1% dari total produksi. Untuk memproduksi sarang lidah naga dalam jumlah besar agak sulit dan memakan waktu lama. Pemaksaan yang berlebihan dengan desain tertentu malah berdampak buruk. Berdasarkan pengalaman, perkembangan populasi menjadi lambat.
  4. Nutrisi yang terkandung dalam sarang lidah naga dan sarang biasa kemungkinan sama. Namun, penelitian ke arah itu belum dilakukan. ***

Lipan Cerahkan Arwana

Saya mempunyai arwana ukuran 30 cm. Sejak kecil diberi pakan udang tawar. Udang sebanyak 50 ekor dimasukkan ke dalam akuarium. Setelah habis dalam waktu 2—3 hari, saya masukkan lagi. Namun, begitu dicoba diberi lipan hidup ia tidak mau memakannya. Pertanyaan saya:

  1. Bagaimana caranya supaya arwana mau makan lipan? Apakah harus dipuasakan dulu sampai amat lapar? Berapa lama dipuasakan?
  2. Benarkah lipan dapat mencerahkan warna?
  3. Jika diberi jangkrik, kadang hanya dikunyah lalu dibuang. Kenapa hal itu terjadi?
  4. Arwana saya bersisik kehijauan, ring kuning keemasan, ada guratan merah di pipi dan bintik- bintik merah pada sirip. Apa jenis arwana tersebut?
Heri Chandra Paduar
Jl. Deli Tua Gg. Satria No. 46
Dusun II Desa Mekar Sari,
Medan 20355

Anton Saksono

  1. Agar arwana mau makan lipan/kelabang perlu dipuasakan bertahap. Tahap awal, mulailah 3 hari dulu. Kalau masih tidak mau, puasa diperpanjang 4—5 hari lagi atau 1minggu. Yang harus diperhatikan ukuran lipan sesuai besar ikan. Cobalah berikan lipan kecil terlebihdahulu.
  2. Lipan dapat mencerahkan warna arwana karena banyak mengandung protein.
  3. Kemungkinan besar ikan sudah kenyang.
  4. Kalau melihat ciri-cirinya, arwana papua (Sclerophagus jardini).***

Rawat Murai Batu

Saya mempunyai seekor murai batu. Dulu burung itu rajin berkicau.Namun, setelah dipelihara kakak saya,ia tidak mau berbunyi lagi, hanya trek trek…, dan ketakutan bila didekati. Burung itu ternyata kurang terawat. Saat rontok bulu sering terganggu dan sangkarnya kotor. Bulu-buludi dada, tubuh, dan ekor tumbuh tidak rata. Bagaimana caranya agar burung berbunyi lagi?

Adril
Jl. Indah Kasih Km 4, Toko Aua
Abadi, Pekanbaru, Riau

R. Soemarjoto

Murai batu akan rajin berkicau bila dirawat dengan baik dan kondisi lingkungan mendukung. Untuk memulihkannya butuh waktu agak lama danketekunan. Mandikan setiap pagi, kemudian dijemur hingga bulu-bulunya kering. Gantung burung itu di dekat lalu lalang manusia agar mentalnya —kuat. Berikan pakan yang bergizi cukup. Agar tulang kuat dan bulu mengkilap beri sedikit kalk. Agar rajin berkicau sebaiknya pasangkan dengan burung betina. ***

 

Previous articlePerang Sound System
Next articleOrganik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img