Thursday, August 18, 2022

Sarang Walet Gua

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Boedi Mranata

Indonesia memang banyak memiliki gua-gua walet. Namun, sebagian besar gua-gua itu dihuni Collocalia maxima yang menghasilkan sarang hitam. Sarang walet gua putih yang diperdagangkan dari liur Collocalia fuciphaga produksinya sedikit, tidak sebanyak yang dihasilkan dari rumah-rumah walet. Diperkirakan produksi sarang putih gua di tanahair sekitar 5 – 7 ton per tahun.

Kondisi ini jauh berbeda dibandingkan Thailand. Di negeri Gajah Putih itu produksi sarang jenis Collocalia fuciphaga dari gua lebih tinggi. Gua-gua ini banyak terdapat di pulau-pulau karang. Memang tidak ada angka pasti jumlah produksinya, tetapi sarang gua dari Thailand yang menguasai pasar di Hongkong dan China adalah bukti betapa besar produksi mereka. Keunggulan lain dari Thailand, sarang guanya tebal dan banyak yang berwarna jingga atau merah. Oleh karenanya dianggap sebagai kualitas yang terbaik.

Mendapat sarang gua berkualitas tidak mudah. Selain tergantung pada jenis walet, kondisi lingkungan gua seperti suhu dan kelembapan turut berpengaruh. Penampilan sarang bakal jelek jika walet bersarang di tempat kotor atau dekat rembesan air. Lokasi juga memegang andil terhadap mutu sarang. Di Aceh, sarang walet gua ada yang berwarna kemerahan tetapi tipis. Di Kutai, Kalimantan Timur, sarang gua banyak yang dasarnya berwarna agak cokelat. Namun, ada juga yang kualitasnya baik, hanya jumlahnya sedikit. Sarang dari gua yang terletak di hutan, biasanya bentuknya tebal, membulat, dan seragam. Sedangkan gua-gua di pantai menghasilkan sarang-sarang yang bentuknya agak tipis dan kecil.

Celakanya, gua-gua walet di tanahair kini banyak rusak akibat eksploitasi. Salah satunya pemanenan yang terlalu sering. Lingkungan sekitar gua pun banyak yang rusak. Walhasil ketersediaan pakan walet berkurang sehingga si liur emas berpindah ke tempat lain. Pantas sampai saat ini produksi sarang walet gua Indonesia makin sedikit.***

 

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img