Tuesday, November 29, 2022

Satu Biji Tiga Minyak

Rekomendasi

Mesin pengolah biji jarak yang tersedia di pasaran, umumnya terdiri atas 2 proses: pengempaan dan esterifikasi. Harga ke-4 unit mesin bikinan doktor Bioteknologi alumnus State University of Ghent, Belgia, itu Rp150-juta.

 

Sudradjat menganjurkan, mesin itu dibeli secara patungan melalui kelompok tani beranggotakan minimal 10 petani. Jika harga minyak kurkas Rp4.000/liter, dalam setahun kelompok itu meraup omzet Rp140-juta. Harga biji jarak menyedot biaya hingga 70—80% dari total biaya produksi. Oleh karena itu keuntungan maksimal diraih jika biji dipetik dari kebun sendiri. Dengan menanam 20 hektar, dalam 2 tahun modal akan kembali. Inilah tahapan pengolah biji jarak menjadi 3 jenis minyak.

Sebelum diolah biji jarak dikukus secara manual. Lama pengukusan 1 jam dan menjadikan biji tampak kusam. Sebelum dikukus biji jarak lebih mengkilap. Kemudian biji siap dikupas dengan memasukkannya ke tabung mesin pertama. Sekali proses daya tampung mesin pengupas 10 kg biji. Sehari bisa mengupas 200 kg. Dalam waktu 15 menit, kulit biji yang keras akan dipisahkan dari daging yang putih. Tempurung dan daging biji akan keluar melalui jalur masing-masing. Daging biji itu kemudian digiling menjadi butiran kecil di mesin yang sama. Mesin berbahan stainless steel itu digerakkan mesin diesel bertenaga 7,5 tenaga kuda.

Hasil gilingan daging biji kemudian dikempa dengan kekuatan tekanan 20 ton selama 15 menit. Proses kempa menggunakan sistem ulir. Daging biji ditampung di sebuah wadah lalu lempengan stainless steel berdiamaer 40 cm ditekan kuat-kuat untuk mengepres daging biji. Pada waktu bersamaan daging biji itu dipanaskan hingga suhu 60oC. Sumber panas pada mesin dari listrik atau kompor minyak. Tujuan pengempaan dan pemanasan untuk merangsang biji mengeluarkan minyak.

Dengan 3 kali kempa, 1 kg biji menghasilkan 481 g crude jatropha oil (CJO) alias minyak mentah. Artinya untuk menghasilkan 1 kilo minyak diperlukan 2,2 kg biji kering. Minyak mentah hasil pengempaan berwarna cokelat tua dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar kompor untuk mensubtitusi minyak tanah. Sebaiknya tidak menggunakan 100% CJO sebagai bahan bakar, cukup 30—50%. Musababnya, minyak jarak terlalu kental, viskositasnya 49 cSt. “Minyak tidak akan diserap sumbu jika terlalu kental,” ujar Sudradjat.

Minyak mentah itu diolah lagi dengan teknologi esterifikasi. Pada tahap itu asam lemak diubah menjadi metil ester. Maklum, keasaman minyak jarak mentah sangat tinggi, sekitar 31 mg KOH/g minyak. “Jika minyak mentah langsung dipakai pada mesin, bisa rontok,” ujar Sudradjat. Pada tahap ini, minyak paku kase—sebutan masyarakat Pulau Timor untuk jarak pagar—dimasukkan ke dalam tabung berbahan stainless steel berdaya tampung 50 liter.

Di tabung itu dicampurkan katalis. Katalis itulah yang berperan mengubah asam lemak menjadi metil ester. Volume katalis tergantung jenis yang digunakan. Di dalam mesin, CJO dan katalis otomatis terus diaduk selama 2 jam sambil dipanaskan hingga 60oC. Mesin dilengkapi pengaduk yang digerakkan motor listrik berkekuatan 350—400 watt. Operator cukup mengontrol suhu agar tidak lebih dari 60oC. Setelah diubah menjadi metil ester, bilangan asamnya hanya tinggal 0,6 mg KOH/g minyak. Minyak hasil esterifikasi ini disebut curcas oil atau minyak kurkas.

Minyak kurkas masih menyimpan trigliserida. Kekentalannya masih tinggi yaitu 12 cSt; biodiesel, 6 cSt. Dengan karakteristik itu minyak kurkas belum layak sebagai biodiesel lantaran menghambat kinerja mesin. Faedah minyak kurkas untuk mesin diesel berputaran rendah seperti traktor, genset, dan mesin perahu.

Minyak kurkas itu dimasukkan ke tabung mesin transesterifikasi. Katalis kembali ditambahkan pada minyak itu. Fungsinya untuk mengubah trigliserida yang terkandung dalam minyak kurkas menjadi metil ester dan gliserol. Keduanya dipisahkan dengan katalis. Gliserol sebagai bahan baku sabun; metil ester, biodiesel.

Sekali proses selama 30 menit menghasilkan 100 liter biodiesel. Bilangan asam minyak hanya 0,3. Kekentalan pun sudah sesuai, yaitu 5,9 cSt. Itu artinya, biodiesel jarak bisa dipakai untuk memacu laju mesin kendaraan. Kapasitas produksi mesin bisa menghasilkan 50 liter biodiesel per satu kali proses atau 100 liter per hari. (Imam Wiguna)

Previous articleUlar Palsu
Next articleBatu Luruh Karena Laurat?
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img