Friday, August 19, 2022

Segudang Manfaat Minyak Terbang

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Minyak asiri menenangkan jiwa? Menurut Dra Koensoemardiyah Apt, SU, ahli aromaterapi di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, senyawa pada minyak asiri itu masuk ke dalam tubuh dan mempengaruhi sistem limbik alias pengatur emosi. Molekul-molekul senyawa asiri sangat halus dan berukuran kecil atau nano partikel. Ketika aroma minyak asiri tercium oleh hidung, molekul itu akan berikatan dengan reseptor-reseptor penangkap aroma yang terdapat dalam hidung.

Selanjutnya, reseptor itu akan mengirim sinyal-sinyal kimiawi melalui jalur saraf ke sistem limbik di otak. Sistem itulah yang mengatur keadaan emosi seseorang. Dengan membangkitkan semangat, tubuh terdorong untuk menyembuhkan diri sendiri. Menurut Dr Erliza Hambali, produsen minyak asiri di Bogor, Jawa Barat, aromaterapi juga bersifat menenangkan. Apalagi jika aromaterapi dikombinasikan dengan pijatan yang berefek relaksasi.

‘Pijatan berguna untuk melenturkan otot dan melancarkan pembuluh darah, sehingga tubuh kembali segar,’ katanya. Senyawa minyak asiri masuk dalam pembuluh darah melalui pembuluh-pembuluh yang terdapat di sepanjang epidermis dan dermis kulit. Kemudian sistem sirkulasi mendistribusikan molekul-molekul itu ke seluruh tubuh. Pantas bila banyak klinik dan salon kecantikan memanfaatkan minyak hasil ekstraksi tanaman anggota famili Labiatae itu.

Jerawat

Pemanfaatan minyak asiri yang paling sohor memang sebagai bahan aromaterapi. Istilah aromaterapi muncul setelah ahli kimia Perancis Rene-Maurice Gattefosse (1881 – 1950) mengalami kecelakaan kecil.

Tangannya terbakar saat bekerja di laborato-rium. Setelah memasukkan tangannya pada bejana berisi minyak lavender, ternyata bengkaknya berkurang. Yang menakjubkan lukanya tidak meninggalkan bekas sama sekali.

Menurut Koensoemardiyah penyem-buhan melalui aroma sangat istimewa karena bersifat holistik. ‘Artinya, terapi melalui pikiran, tubuh, dan jiwa,’ katanya. Setelah hidung menghirup minyak asiri, wanginya minyak asiri pun berpengaruh pada otak. Itulah yang dirasakan Raditya. Untuk kebutuhan setiap hari, Raditya rutin membeli 1 liter minyak nilam dari produsen di Yogyakarta. Itu cukup untuk pemakaian selama 8 bulan.

Begitulah kebiasaannya setahun terakhir. Hasilnya antara lain kulit Raditya lebih cerah dan bebas jerawat. Minyak hasil sulingan nilam Pogestemon cablin itu memang terbukti sebagai antimikroba. Kan-dungan 0,1% minyak nilam dalam sabun antijerawat, menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis – keduanya bakteri penyebab jerawat. Fakta itu persis hasil penelitian Chowwanee Meewang dan Supatchalee Supjarean, periset dari Departemen Mikro-biologi, Kasetsart University, Thailand.

Minyak asiri diproses dari beragam bagian tanaman seperti daun, ranting, bunga, buah, dan rimpang. Selain minyak nilam, produsen juga menghasilkan minyak asiri lain berbahan baku bunga melati, ylang-ylang, akarwangi, dan daun cengkih. Aromanya khas dan bersifat mudah menguap.

Minyak itu mudah menguap lantaran titik didihnya rendah akibat massa molekul kecil. Sebagai gambaran aroma kopi dapat menguar jika serbuk biji Coffea arabica dipanaskan pada suhu 200 – 300oC. Pada suhu kamar pun, minyak asiri mudah menguap. Oleh karena itu minyak asiri disebut juga minyak terbang.

Industri memanfaatkan minyak asiri sebagai campuran parfum. Peran minyak asiri dalam campuran itu bukan hanya memberi keharuman, tetapi juga sebagai pengikat bau atau fixative parfume. Minyak terbang itu juga mampu membawa nutrisi ke seluruh dinding sel. Minyak asiri sebagai katalis alami memang efektif mengangkut nutrisi ke sel. Salah satu penyebab munculnya penyakit adalah ketidakmampuan nutrisi menerobos sel. Tidak adanya zat yang membantu mengang-kut nutrisi, mengakibatkan sel kekurangan nutrisi. Dampaknya memicu sel bermutasi dan menjadi tuan rumah bagi organisme penyebab penyakit.

Molekul oksigen yang terikat pada minyak asiri, membantu tubuh menerima dan mengasimilasi nutrisi untuk kesehat-an tubuh. Meski demikian mesti hati-hati menggunakannya. Bila hendak meman-faatkan minyak asiri secara langsung pada kulit, campurkan dengan minyak pengencer, seperti minyak almond. Minyak pengencer berfungsi mencegah iritasi, menahan penguapan, dan meningkatkan kelembapan kulit. ‘Sebelum digunakan sebaiknya dicoba dulu karena sensitivitas kulit tiap orang berbeda,’ kata Agus Kardinan, peneliti minyak asiri di Balai Tanaman Rempah dan Aromatik (Balittra), Bogor.

Demam berdarah

Selain itu, minyak asiri juga berfungsi sebagai penyaring udara yang baik. Jika disimpan dalam ruangan, ia dapat menghilangkan partikel logam racun dari udara, menaikkan oksigen atmosfer, serta menaikkan ozon dan ion negatif dalam rumah. Dengan begitu minyak asiri menghalangi perkembangan bakteri sekaligus menghilangkan bau pengap. Karena itu, meletakkan atau menyem-protkan minyak asiri di ruangan bisa membuat udara dalam ruangan lebih segar.

Aroma minyak asiri yang wangi ternyata ‘musuh’ bagi lalat buah. Pekebun biasanya menggunakan minyak asiri cengkih untuk dijadikan sebagai perangkap bagi Bactrocera dorsalis itu. Kandungan metil eugenol pada minyak asiri cengkih mampu memikat lalat buah jantan, karena wanginya sama dengan hormon feromon yang dikeluarkan lalat buah betina. Selain cengkih, metil eugenol dihasilkan pula oleh minyak asiri pala dan salam.

Menurut Kurniawan, produsen minyak pala di Sukabumi, minyak asiri pala digunakan sebagai campuran pewarna pakaian. Industri sandang di Eropa dan Amerika lazim memanfaatkannya. ‘Warna yang dihasilkan lebih cerah dan tidak mudah kusam,’ katanya. Minyak asiri, terutama minyak nilam, digunakan juga sebagai campuran cat. Ia berfungsi sebagai pengikat, karena sifatnya yang mudah larut dengan alkohol. Jadi, meskipun tidak terlihat secara kasat mata, tapi senyawanya tetap ada.

Hal serupa juga terjadi jika minyak asiri dijadikan campuran parfum. Ia langsung larut sehingga membuat parfum tetap jernih dan awet wangi. Dibandingkan minyak asiri lain, penguapan minyak nilam paling lambat. Minyak terbang itu terbukti multimanfaat, bukan sekadar untuk relaksasi. (Lani Marliani)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img