Thursday, August 11, 2022

Sejuta Kenikmatan Jagung Manis

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Umbul-umbul itu dipasang oleh ratusan gerai yang memamerkan aneka olahan jagung. Pada Oktober 2003 lalu, perguruan tinggi pertanian terkemuka itu menyelenggarakan hajatan bertajuk Organic Sweet Corn Festival.

Pekan jagung manis sukses menggaet pengunjung. Masyarakat negeri Gajah Putih itu berduyun-duyun datang untuk melihat kemajuan perjagungan di negaranya. Dengan penuh perhatian mereka menyimak varietas baru yang dipamerkan oleh Suwan Research Center. Pusat penelitian jagung dan sorgum di Pakchong, Provinsi Nontaburi, itu memperkenalkan varietas baru, benih jagung untuk konsumsi, dan industri kalengan.

Yang tak kalah menarik, pajangan dari salah satu perusahaan swasta. Ia memperkenalkan varietas baru jagung berwarna putih, kuning muda, kuning belang putih, dan tongkol 3 warna (putih, kuning, dan ungu). Buah segar produk baru itu dijual 12—15 baht/kg atau setara Rp2.400—Rp3.000/kg berisi 5—6 tongkol.

Olahan

Selain produk segar, berbagai olahan jagung ditampilkan. Puluhan pedagangjagung brondong seolah bersaing menawarkan produk. Mereka menawarkan popcorn berbagai rasa: asin, manis, barbeque, aroma cokelat, dan stroberi. Bosan dengan brondong, pengunjung bisa menjajal jagung bakar, rebus, atau panggang oven. Tak ketinggalan pula dijajakan es krim jagung: sorbet sampai full cream.

Penjual lain menyediakan makanan berat dari jagung yang dikemas dalam dus. Di situ tersedia corn flakes, taco, dan tortila yang bisa di bawa pulang. Makanan siap santap juga tersedia. Ada sup, gulai, tumis, dan perkedel. Penulis sempat mencicipi cah jagung dengan telur rangrang. Rasanya enak sekali.

Kue basah dari jagung juga menjanjikan sejuta kenikmatan. Pilihannya: kue basah seperti kolak, talam, kue mangkuk, dan pipilan rebus diberi gula pasir dan kelapa parut. Penggemar kue kering juga bisa puas mencicipi bolu dan cookies terbuat dari jagung.

Organik

Dari sekian banyak produk di pameran jagung itu, gerai jus jagung paling favorit. Hampir semua pengunjung singgah ke sana. Di situ berpartisipasi Madam Mon’s Farm, Malee Co, dan Lemon Farms, farm-farm jagung ternama di Thailand. Mereka mengolah jagung organik menjadi jus dan susu. Bahan bakunya jagung manis yang dipanen umur 68 hari setelah tanam. Rasanya manis, dan segar.

Tua-muda berebut mencicipi susu jagung yang dihidangkan oleh farm Madam Mon’s farm dari Provinsi Kanchanaburi. Dengan lahan seluas 50 ha, perusahaan itu siap mengekspor produknya yang berlabel halal dan OTOP (One Tambon One Product) di kemasannya.

Penjaga paviliun membeberkan proses pembuatan jus ala Madam Mon’s Farm. Tongkol segar disisir dengan mesin khusus lalu diblender. Bahan dipasteurisasi dulu pada temperatur 80—90°C. Jika berlebihan, misal 100°C, mengakibatkan jus berbusa dan pecah karena proteinnya terurai. Jus kemudian didinginkan sebelum dikemas dalam gelas plastik. Kocok dahulu sebelum diminum agar bahan tercampur merata.

Jus jagung diperkenalkan sebagai minuman kesehatan yang berkhasiat bagi mata, lambung, usus, dan bebas lemak. Ia pun aman bagi penderita diabetes atau gejala jantung. Jus itu berbahan baku 99% jagung manis dan 1% iodine. Gelas 200 cc—olahan 2 tongkol jagung—mengandung energi 90 kkal. Jus yang dijual 10 baht atau Rp2.000 itu tahan 5 jam pada suhu kamar dan sampai 2 mingggu pada suhu 4°C.

Yang lebih praktis, jus I-Corn produksi Malee Co. Jus jagung dari Provinsi Nakorn Pathorn itu tahan 1 tahun pada suhu kamar. Ia bisa disajikan dingin atau panas.

Jus jagung memang cukup merakyat di Thailand. Ambil contoh, jus keluaran Lemon Farm. Jus mereka tersedia di gerai layanan 24 jam, pompa bensin, dan hipermarket. Minuman jagung itu menempati peringkat ke-2 setelah susu kedelai.(Ir Nancy Martasuta, ahli alih informasi pertanian Thailand—Indonesia).

Previous articlePerang Sound System
Next articleOrganik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img