Friday, December 2, 2022

Sembuhkan Cupang Sakit

Rekomendasi

 

  1. Apa penyakitnya?
  2. Bagaimana menyembuhkannya?
  3. Umur berapa cupang siap kawin?
  4. Apa ciri-ciri cupang siap kawin?
Ananda Ardly Manfaluthi
Ma’had Al-Zaytun
Desa Mekarjaya, Kecamatan Haurgeulis
Indramayu, Jawa Barat 45264
Anton Saksono
  1. Penyebab utama terganggunya kesehatan ikan cupang peliharaan adalah infeksi parasit dan nonparasit. Parasit yang sering menyerang antara lain bakteri, cacing patogen, dan cendawan. Melihat gejala yang timbul, kemungkinan besar cupang Anda terserang bakteri yang menyebabkan busuk ekor/sirip. Busuk ekor umumnya diawali garis putih kelabu di sepanjang sirip ikan terinfeksi. Selanjutnya membran halus sirip tercapik yang dimulai dari tepi hingga seluruh sirip. Pemicu hadirnya penyakit itu karena kondisi cupang lemah dan kerusakan fisik sirip. Semua itu mengakibatkan bakteri mudah menginfeksi. Jenis bakterinya antara lain aeromonas, pseudomonas, dan fl exibakter. Mereka menjadi patogen bila kehadirannnya berlipat ganda.
  2. Pengobatan cupang yang terinfeksi bakteri adalah perendaman dengan garam dan tetrachicline dosis 0.5g/l. Perendaman dilakukan dalam air bersuhu 26ºC. Untuk mempercepat kesembuhan, kondisi lingkungan optimum harus dijaga. Bila penyebab serangan bakteri adalah kondisi  ingkungan yang kurang baik , misal pH terlalu asam atau basa maka perbaiki dulu hal itu. Setelah itu baru diikuti perawatan lain dan pemberian pakan alami yang terjamin kebersihannya.
  3. Ada 2 tipe ikan cupang, yaitu cupang aduan dan cupang hias. Masing-masing tipe mempunyai perbedaan umur memijah. Cupang hias dewasa siap memijah pada umur 3 bulan untuk jantan dan betina 4 bulan. Cupang hias layak dipijahkan saat matang kelamin. Pilihlah calon induk yang belum pernah terserang penyakit dan hama, serta belum pernah diberi antibiotik. Tubuhnya harus proposional, sirip dan serit utuh, serta warna cemerlang. Cupang aduan jantan siap memijah minimal berumur 8 bulan. Sedangkan betina siap pijah pada umur minimal 7 bulan. Cupang aduan juga harus matang kelamin saat pemijahan. Perlu diingat, sebaiknya hindarkan perkawinan induk dari lubuk yang sama.
  4. Ciri-ciri cupang jantan siap pijah antara lain warna tubuh sudah optimal dan gerakannya cukup tenang. Ekor dan sirip sudah bisa mengembang sempurna. Selain itu, ia akan membuat sarang berupa gelembung buih di permukaan air. Sedangkan betina siap mijah dicirikan tubuh membesar dan gemuk, serta agresif. Sering kali warna tubuh berubah dan dihiasi garis-garis vertikal berwarna kehijauan.***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img