Wednesday, August 17, 2022

Semerbak Harum dari Cattleya Layu

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Parfum rancangan Cilla itu istimewa lantaran aromanya memiliki ciri khas tersendiri. Saat menghadiri beberapa pertemuan, para kolega Nancy sering terpikat aroma yang tercium dari O~chid’ee. “Wanginya tahan lama dan segar,” tutur ahli alih teknologi pertanian Thailand—Indonesia itu.

Selain ditemukan di gerai bandara, keelokan parfum itu dapat ditemui di Peninsula Plaza, Singapura. Penggemar wewangian kian termanjakan karena parfum itu tersedia dalam berbagai kemasan dan ukuran. Harganya berkisar Sin$30—Sin$50. Bagi penyuka suasana romantis, parfum cattleya layak jadi alternatif.

Rasio alkohol

Selain di negeri Singa, Lanta Orchid Nursery di Thailand juga mengeluarkan produk parfum cattleya. Miss Udorn Sunshine Perfumed sebutannya. Dengan kemasan bernuansa merah jambu ia pun kerap dilirik perfumania (penggila parfum, red) .

Para perancang parfum terkemuka seperti Nina Ricci, Estee Lauder, Elizabeth Arden, dan Calvin Klein juga merilis parfum asal anggrek itu. Produk terdiri dari berbagai kualitas. Mulai dari parfum, eau de parfum, eau de toilette, eau de cologne, dan cologne. Kandungan konsentrasi alkohol yang membedakan golongan dan kualitasnya.

Jenis parfum disebut juga biang, konsentrasi 15—40 % bahan alami. Ini adalah produk parfum termurni dan paling mahal, ciri-cirinya cairan berwarna kuning oranye. Eau de parfum mengandung 7— 15 % konsentrat. Itu merupakan golongan parfum yang paling popular. Jenis itu memiliki daya tahan wangi terlama dengan harga lebih murah dibandingkan parfum lain.

Sedangkan eau de toilette memiliki 1—6 % konsentrat. Sosoknya lebih encer, bentuknya sering berupa pengharum yang disemprotkan. Eau de cologne atau kerap disebut eau fraiche paling encer di golongannya, harganya pun lebih terjangkau. Terkadang jenis itu telah dicampur dengan bahan lain, sehingga kemurniannya berkurang.

Ekstraksi

“Sayangnya di tanah air belum ditemui produk serupa,” ujar Nancy. Namun, hasil lacakan Trubus, ada hamparankebun cattleya untuk diekstrak. Nun di Pari, Temanggung, terhampar kebun cattleya yang tertata rapi dalam rak-rak setinggi 50 cm. Dua buah greenhouse berukuran 50 m x 20 m memuat 20.000 pot cattleya. Kebun milik PT Gudang Garam Temanggung itu mengebunkan cattleya untuk diekstraksi. Tujuan pasti belum diketahui. “Kami mengekstraksi cattleya untuk skala percobaan,” tutur Tjhin Tjong Yen direktur PT Gudang Garam Temanggung. Seluruhnya dipusatkan di Kediri. Selain di Temanggung, kebun cattleya milik Gudang Garam tersebar di Malang, Mojokerto, dan Kediri, Jawa Timur.

Selain untuk ekstraksi, cattleya di kebun kerap disilangkan. Yen—demikian ia disapa—mengirim biji hasil silangan ke Kediri untuk diperbanyak. Sedangkan untuk ekstraksi diperoleh dari bunga yang sudah layu.

Bunga layu yang biasanya masuk tempat sampah itu malah dikumpulkan. Kemudian direndam dengan alkohol 70% selama 24 jam. Setelah itu cattleya dikeringanginkan dengan meniriskannya di wadah berongga. Selain alkohol menguap, cairan juga meniris lewat rongga wadah.“Bunga biasanya dikeringkan selama tiga hari,” ujar Supriyanto pengurus lapangan kebun cattleya di Gudang Garam Temanggung.

Kuntum-kuntum ratu anggrek yang telah mengering itu berubah warna menjadi merah kecokelatan. Itu tanda kering angin telah sempurna. Setelah itu petal-petal dikemas dalam dus ukuran 60 cm x 50 cm x 40 cm beralaskan koran. Satu dus memuat 5 kg bunga dan siap dikirim ke Kediri. “Dalam setahun 4—5 dus dapat dikirim,” kata Supriyanto. Di Kediripengekstrakan dilakukan dengan sistem laboratorisasi. Sayang Trubus tak dapat mengamati prosesnya. Namun, satu hal yang pasti, pengolahan cattleya membuat bunga layu masih tetap menebarkan aroma harum. (Pupu Marfu’ah)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img