Monday, August 8, 2022

Seri Walet (109): Endus Virus Flu Burung di Tubuh Walet

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Prosesi singkat penggunaan anigen rapid H5 AIV Ag itu sudah berkali-kali dilakukan Boedi Mranata, penangkar walet di Jakarta. Alat itu memang efektif mengendus jejak virus fl u burung pada unggas seperti burung dan ayam. “Untuk walet pemakaian alat ini tergolong baru. Alat ini praktis karena hasilnya cepat diketahui,” ujar eksportir walet itu.

Penggunaannya mudah, bukan berarti hasilnya banyak menyimpang. Anigen Rapid H5 AIV Ag itu memiliki derajat keakuratan hingga 99%. Meski demikian untuk memastikan hasil lebih akurat, tes laboratorium tetap perlu dilakukan. “Tes laboratorium disarankan dilakukan untuk mengecek kesehatan walet lebih lengkap lagi,” ujar doktor Biologi dari Jerman itu.

Anigen Rapid H5 AIV Ag yang dijual Rp4,275-juta itu memiliki seperangkat komponen penunjang seperti media tes, pipet, kapas, dan cairan assay dieluenp. Masing-masing komponen itu berbeda fungsi. Contoh assay dieluenp. Cairan itu berperan sebagai katalisator. Saat cairan itu bercampur dengan kotoran walet, hasilnya segera diketahui dengan test pack. Alat itu memiliki sejumlah bilangan dari 0—2. Bilangan itu menunjukkan tingkat serangan virus. Walet dinyatakan bebas virus fl u burung seandainya angka dalam alat menunjukkan nol. Namun, bila sampai bertengger di angka 2, artinya virus itu sudah merasuki tubuh walet.

Formalin

Tak hanya virus flu burung yang bisa dideteksi dengan cara sederhana. Isu formalin yang akhir-akhir ini muncul di sarang walet menggoyang harga juga bisa dengan mudah diketahui. Paraforin—nama lain formalin— memang sering dipakai eksportir untuk menambah bobot sarang dan pengawet sehingga liur emas dapat disimpan lebih lama. “Tidak semua sarang diberi formalin. Biasanya hanya beberapa kilo saja agar bau tidak mencolok,” tutur Harry K. Nugroho dari Eka Walet di Jakarta.

Kehadiran formalin dapat dideteksi dengan alat HCHO. Alat seharga Rp1,35-juta itu terdiri dari alat suntik, 2 botol kecil cairan reagent, dan kertas uji. Penggunaannya cukup mudah. Serpihan sarang atau sarang utuh dicelup selama 5 menit dalam 50 ml air. Air sampel itu kemudian diambil masing-masing sebanyak 5 ml dan dimasukkan dalam 2 botol uji. Botol pertama diberi beberapa tetes reagent. Botol lain digunakan sebagai sampel. Kedua botol itu kemudian diletakkan di samping kertas uji untuk dilihat hasilnya. Di atas kertas akan tampak deretan warna dan angka. Jika cairan dalam botol pertama warnanya semakin merah, sarang itu positif memiliki kadar formalin tinggi. Sebaliknya bila tidak ada perubahan warna, sarang itu bebas formalin.

Peroksida

Selain harus bebas virus flu burung dan formalin, sarang liur emas perlu bebas peroksida H2O2. Peroksida biasa dipakai untuk mengubah warna sarang berwarna gelap menjadi putih. Maklum, semakin putih sarang semakin tinggi harganya.

Peroksida umum diberikan saat pencucian sarang. Sebenarnya penggunaan peroksida diperbolehkan sampai batas tertentu. Jumlahnya 1 sendok teh per liter air. “Sayangnya, kini banyak yang berlomba menghasilkan sarang putih. Sehingga penggunaan peroksida cenderung berlebihan. Itu menjadi racun,” ujar Harry.

Untuk mengetes kadar peroksida digunakan alat tes H2O2. Alat yang dijual seharga Rp475.000/kotak itu terdiri dari kertas lakmus dan botol pencocok warna. Cara kerjanya mudah. Pada tahap awal, langkah yang dilakukan sama seperti pada uji formalin. Serpihan sarang dicelup dan direndam selama 5 menit dalam cairan.

Hasilnya seketika dapat diketahui dengan mencelup kertas lakmus. Perubahan warna yang terjadi pada kertas lakmus itu dicocokkan dengan warna kertas uji yang melekat di tubuh alat tes. Apabila kertas mendekati warna putih, sarang bebas peroksida. Namun, perlu diwaspadai bila kertas berubah biru. Itu pertanda peroksida menumpuk di sarang walet. Nah, agar walet dan sarangnya terhindar dari kontaminasi mikroorganisme dan zat-zat berbahaya silakan mendeteksinya dengan alat-alat itu! (Lastioro Anmi Tambunan)

  1. Seperangkat alat HCHO pengetes formalin
  2. Anigen Rapid praktis untuk mengetahui virus flu burung pada walet
  3. Alat tes H2O2. untuk mengukur kadar peroksida

Foto-foto : Lastioro Anmi Tambunan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img