Monday, November 28, 2022

Seri Walet (112) Alex Loh: “Ada Rahasia Ganda di Kunci Ini”

Rekomendasi

Duka itu terjadi setelah pencuri menggunting gembok pintu. “Rupanya gembok utama dipotong lalu diganti gembok palsu. Penjaga mengira pintu tetap terkunci,” ujar Rita. Pencurian sarang walet dengan cara pencuri masuk rumah setelah merusak pintu gembok masih sering terjadi. Peluang itu tercipta karena penggunaan gembok standar mudah dibobol. “Kunci gembok dapat dengan mudah diduplikasi dan dirusak secara mekanis seperti dipukul, digergaji, di las, dan digunting,” ujar Agustinus Jusin, pakar gembok di Jakarta.

Menurut Hendra K. Narpati pencuri bahkan tak segan-segan menuangkan air keras untuk menjebol kunci. “Kalau sudah begitu yang rugi juga pemilik rumah walet,” ujar penyedia alat pengaman rumah walet di Jakarta itu.

Karena memiliki peran tak kalah penting dalam menjaga rumah walet, gembok mendapat perhatian serius dari Boedi Mranata di Jakarta Selatan. “Gembok yang bagus akan memberi tingkat keamanan yang bagus pula,” ujar peternak walet yang memasang sampai 4 gembok buatan luar negeri di setiap pintu rumah waletnya. Hal senada diungkapakan Sutarjo. “Gembok merupakan bagian pengamanan rumah walet yang harus kokoh,” ujar ketua Asosiasi Pengusaha Walet Pati itu.

Terkait tentang pengamanan pintu, berkesempatan mewawancarai Alex Loh, Businnes Development Manager dari Singapura yang mewakili ASSA ABLOY, produsen kunci ternama dari Finlandia di sela-sela seminar Solusi Pengamanan Terpadu Rumah Walet yang diselenggarakan PT BCRP dan APWI September 2006 di Pati, Jawa Tengah.

Apa peran utama dari kunci gembok dalam memberi perlindungan?

Kunci gembok tentu menjadi salah satu alat penting dalam sebuah sistem pengamanan terutama pada pintu. Di Singapura, arsip-arsip kantor bahkan gudang-gudang militer milik angkatan bersenjata menggunakan kunci gembok khusus. Kunci itu antikarat, tidak bisa digergaji, tidak bisa diduplikasi, dan dilas. Semua melalui prosedur ketat sehingga pemakaiannya sangat menjamin rasa aman.

Rumah walet di Indonesia selalu menggunakan kunci gembok sebagai pengaman pintu. Namun, kenyataannya masih bisa dirusak. Bagaimana sebetulnya kunci gembok layak pakai?

Kunci gembok yang bagus tentunya memiliki beberapa kriteria seperti yang tadi saya sebutkan seperti tidak bisa digergaji dan diduplikasi. Kunci pengaman standar biasanya terbuat dari bahan yang kekuatannya tidak terlalu bagus. Dengan alat tertentu ia dapat dipotong. Tapi bila bahan memiliki campuran baja dan boron berkualitas tinggi, ia menjadi sangat kuat sehingga sulit untuk dipotong dan digergaji.

Bagaimana soal duplikasi kunci?

Ini juga menjadi masalah besar. Duplikasi kunci merupakan cara paling efisien untuk membongkar kunci gembok. Meski demikian jika silinder kunci termasuk kuncinya dibuat dengan presisi sangat tinggi, sangat sulit buat orang untuk menduplikasinya. Saya dapat memberi contoh pada kunci kami. Kunci kami dibuat dengan sistem two radii (2R). Dengan sistem ini pemalsu tidak dapat membuat kunci ganda karena lekukan di kunci didesain sangat khusus. Jika dapat dibuat pun belum tentu silinder gembok dapat bergerak membuka karena semuanya dibuat dalam satu kesatuan.

Apalagi bentuk keamanan yang sebaiknya ada pada kunci gembok?

Itu tergantung dari tingkat keamanan yang ingin dicapai. Kalau untuk rumah walet, kunci gembok dapat diberi aksesori pelindung agar tidak bisa dipotong. (Pelindung berupa sungkup yang menutupi setengah ukuran tinggi gembok. Sungkup didesain sedemikian rupa sehingga pencuri tidak bisa memasukkan ujung alat penggunting gembok, red)

Ada alat keamanan lain yang perlu dimiliki kunci gembok?

Gembok standar hanya memiliki satu bola pengaman. (Pengaman itu seperti peluru yang akan mengait pada lubang mirip cekungan jika dikunci. Jika dipaksa ditarik alat pengungkit dengan penahan bola tunggal ,menyebabkan gembok mudah bobol, red). Yang paling aman jika jumlah bola pengaman lebih dari satu. Itu yang kami sebut rahasia ganda. Dengan posisi bola di kedua sisi silinder akan sangat sulit menarik kaitnya keluar.

Apakah ada kendala memakai kunci gembok?

Sejauh ini yang saya dengar di sini silinder banyak dirusak dengan memasukkan besi atau permen karet sehingga kunci tidak berfungsi. Jika diisi besi, kunci perlu diganti karena silinder pasti rusak. Karat juga menjadi masalah. Karat dapat membuat kunci macet. Gembok yang bagus memiliki lubang tempat keluarnya air. Lubang itu ada di sisi atas dekat dengan kaitan.

Untuk rumah walet berapa jumlah kunci gembok yang harus dipasang?

Mmm…itu tergantung dari banyak faktor. Misal berapa pintu yang ada. Setiap pintu butuh berapa agar aman. Dan tentunya tergantung dari keinginan pemilik rumah walet. Tapi dengan kualitas gembok yang sangat bagus, jumlah gembok yang dipasang bisa lebih sedikit. ***

Pintu rumah walet perlu kunci gembok istimewa agar terhindar pencurian

Aksesori pelindung membantu melindungi keamanan kunci gembok,” ujar Alek.

Foto-foto: Dian Adijaya S

Previous articlee-book untuk Member
Next articleExtensions
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img