Wednesday, August 10, 2022

Si Kecil Berfaedah Besar

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Meniran, tanaman berkhasiat penjaga kekebalan tubuh. (Dok. Trubus)

Khasiat meniran Phyllanthus urinaria untuk imunomodulatoris.

Trubus — Ukuran buah di bawah ketiak daun amat kecil, berwarna putih, dan sepintas mirip pecahan beras. Oleh karena itu, masyarakat menyebutnya meniran (menir berarti pecahan beras). Sejak lama masyarakat memanfaatkan meniran Phyllanthus urinaria sebagai imunomodulator—pengontrol kinerja imunitas tubuh supaya optimal dan tidak berlebihan. Meniran meningkatkan kekebalan tubuh sehingga patogen atau sumber dapat dilemahkan.

Seduhan air meniran
sudah diresepkan oleh dokter. (Dok. TRubus)

Kekebalan tubuh melonjak menyebabkan tidak rentan penyakit. Dokter di Rumah Sakit Holistika Medika, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dr. Sidi Aritjahja, kerap meresepkan meniran kepada para pasiennya. Daun meniran mengandung beragam senyawa aktif yang berperan membangun sistem kekebalan tubuh. Periset di Universitas Udayana, Marintan Siahaan, membuktikan senyawa-senyawa aktif pada meniran memiliki efek imunomodulator.

Bukti empiris

Menurut Marintan meniran mengandunng saponin, fenol, dan sterol. Sifat antioksidan tanaman anggota famili Euphorbiaceae itu pun terbukti positif meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa aktif dari kelompok fenol bernama phyllanthin dan hypophillanthin pada Phyllanthus urinaria dan Phyllanthus amarus mampu memodulasi sistem imun bawaan atau innate immune response.

Salah satu unit sistem kekebalan tubuh, fagosit—sel darah putih yang mampu menelan patogen—mampu dipengaruhi oleh phyllanthin dan hypophillanthin supaya dapat bekerja lebih optimal. Fagosit mampu memangsa lebih banyak radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh. Kemampuan meniran menlawan virus terbukti pada pengalaman Haryanti yang mengidap hepatitis B.

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan virus yang mengontaminasi makanan dan menyerang organ hati. Haryanti positif mengidap hepatitis atau disebut juga penyakit kuning pada September 2018. Perempuan berumur 58 tahun itu memanfaatkan daun meniran untuk mengatasi gangguan kesehatan. Ia mengambil lima tanaman meniran utuh, termasuk akar, lalu menyuci bersih tanaman-tanaman itu.

Tanaman meniran mudah ditemukan di lingkungan
sekitar rumah.

Selanjutnya ibu tiga anak itu mememarkan tanaman meniran dan diletakkan ke dalam gelas bersih. Memaran meniran kemudian ia menyeduh dengan air mendidih dan menutup gelasnya selama 15 menit. Air seduhan akan berubah warna menjadi kekuningan. Haryanti meminum seduhan selagi hangat. Sesekali ia minum susu sapi segar membuat kondisinya membaik dan mengurangi gejala-gejala hepatitis selama satu bulan.

Setelah memeriksakan diri ke laboratorium rumah sakit pun, kondisi hati Haryanti dipastikan berfungsi normal kembali.  Menurut Sidi beberapa penyakit seperti gangguan saluran pernapasan, hepatitis, dan herpes akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah terhadap serangan patogen bakteri maupun virus. Oleh karena itu, dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu meresepkannya kepada para pasien.

Maria Margaretha Andjarwati meresepkan meniran kepada para pasien. (Dok. Maria Margaretha Andjarwati)

Dua pekan

Penelitian in vitro oleh Jung Jaesung dan sejawat dari Departemen Mikrobiologi, Ajou University School of Medicine, Korea Selatan, menunjukkan meniran menghambat replikasi virus hepatitis B. Jung memanfaatkan daun meniran lering kemudian menggiling dan memroses menjadi ekstrak dengan pelarut air. Meniran mampu menginduksi produksi senyawa-senyawa di jalur respons imun yang mengintervensi proses perbanyakan virus.

Herbalis di Jakarta Utara, Maria Margaretha Andjarwati, mengatakan meniran membantu penderita radang dan infeksi pada saluran pernapasan. Andjarwati menuturkan, efek membangun kekebalan tubuh makin bagus jika konsumsi meniran berpadu dengan rimpang kunyit (lihak boks: Olah Meniran). Menurut Andjarwati konsumsi meniran cukup selama dua pekan, lalu berhenti dua pekan, kemudian baru konsumsi kembali untuk menjaga daya tahan tubuh. (Tamara Yunike)

Olah Meniran

Bahan :
Meniran utuh beserta akar 5 tanaman
Rimpang kunyit 3 rimpang

Cara Mengolah :

  1. Cuci bersih semua bahan, potong rimpang kunyit
  2. Tuangkan 100 cc air mendidih atau sekitar setengah gelas.
  3. Lumatkan campuran bahan itu, saring air lumatan dari ampasnya.
  4. Tambahkan 100 cc air mendidih, peras ampasnya.
  5. Boleh menambahkan seujung sendok teh garam.
  6. Konsumsi sekali sehari sebelum makan
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img