Thursday, December 8, 2022

Si Pipih Buat Pompa

Rekomendasi

Kolang kaling kaya akan kalsiumKolang-kaling menyehatkan jantung.

Suharto Yosodiwondo merasa begitu lemas, nafsu makan hilang, dan pusing. Ia khawatir berdampak buruk, ayah dua anak itu bergegas memeriksakan diri ke dokter. Hasil diagnosis dokter menyebutkan bahwa Suharto mengalami gangguan jantung, organ pemompa darah. Dokter menyarankan pria 76 tahun itu untuk memeriksakan darah di laboratorium. Rupanya penyebab gangguan jantung adalah kadar natrium dan kalium di bawah normal.

“Dokter juga menyebutkan ginjal paman saya ada gangguan,” ujar Ajeng Wulandari, kemenakan Suharto saat menceritakan kondisi pamannya. Menurut dokter dan herbalis di Malang, Jawa Timur, dr Zainal Gani, kekurangan natrium dapat mengganggu kontraksi otot jantung. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah. Di dalam tubuh, natrium biasanya bekerja sama dengan kalium mengatur keseimbangan elektrolit. Caranya dengan menyeimbangkan penyerapan dan pembuangan elektrolit.

Ketergantungan obat

Ahli gizi klinis di Rumahsakit Royal Taruma, Jakarta Barat, dr Ekky M Rahardja SpGK menjelaskan kekurangan atau kelebihan kalium bisa menyebabkan kematian. “Kalium merupakan komponen intra sel elektrolit. Jika tubuh kekurangan kalium, maka sel tidak dapat bekerja,” ujar Ekky. Ginjallah yang berperan menjaga kestabilan jumlah kalium dalam tubuh. Jika kondisi ginjal normal, konsentrasi kalium stabil pada angka normal. Bila sebaliknya, tubuh kekurangan kalium atau malah berlebih sehingga terjadi penumpukan.

Untuk mengatasi lemas, dokter memberikan sejumlah obat-obatan. Konsumsi obat itu memang membuat rasa lemas hilang. Namun, begitu obat habis, tubuh pensiunan pegawai bank itu kembali lemas. “Sehari tidak mengonsumsi obat kondisi tubuhnya kembali drop,” ujar Ajeng. Akibatnya, Lina Mardiana meresepkan kolang kaling untuk jantung, persendian, mag, dan membantu pertumbuhan tulang janinSuharto seperti ketergantungan obat. Hampir setiap bulan ia mondar-mandir memeriksakan diri. Sepuluh tahun lamanya, sejak 2000 Suharto menyandarkan kesembuhan pada obat dokter, tapi kesembuhan tak kunjung datang.

Penderita pengapuran sebaiknya menghindari konsumsi emping melinjoSuharto harus opname di sebuah rumahsakit di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, pada Maret 2012. Tubuhnya sangat lemah sehingga berjalan pun sulit. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar kalium dalam tubuh Suharto anjlok, hanya 2,0 mmol/l, normal 3,5-5,1 mmol/l. Begitu juga kadar natrium yang hanya 114 mmol/l, normal 136-146 mmol/l. Kadar kreatinin juga di bawah normal, sementara tekanan darah tinggi.

Padahal, hipertensi pemicu penyakit jantung. Meski menjalani perawatan di rumahsakit, kondisi Suharto tak jua membaik. Tubuhnya masih lemas. Atas saran kemenakannya, Suharto menghentikan konsumsi obat dokter karena mengganggu kondisi ginjal. Ia pun beralih ke pengobatan herbal dengan menyambangi herbalis di Yogyakarta, Lina Mardiana.

Kolang-kaling

Binahong baik untuk persendianBugar dengan Biji ArenLina Mardiana menyarankan Suharto untuk mengonsumsi kolang kaling. “Kolang-kaling dapat menaikkan jumlah kalium dan natrium dalam tubuh,” ujar Lina. Namun, penelitian ilmiah yang menjalaskan kadar kedua unsur itu dalam kolang-kaling belum ditemukan. Sejak itu Suharto rutin merebus 250 g kolang kaling dengan menambahkan sedikit garam dan gula aren.

Kolang-kaling rebus itu ia  konsumsi tiga kali sehari masing-masing 80 gram. Setelah 15 hari mengonsumsi kolang-kaling, Suharto kembali bugar. Lina juga meresepkan semangka untuk mengatasi gangguan ginjal yang dialami Suharto. “Semangka dapat membersihkan ginjal,” ujar Lina. Suharto memblender 200 g semangka beserta biji dan bagian dalam kulit yang berwarna putih, lalu menambahkan setengah gelas air. Suharto mengonsumsi jus semangka itu minimal sekali sehari.

Suharto juga mengalami pengapuran di kakinya. “Paman sering mengeluhkan kakinya sakit,” ujar Ajeng. Untuk mengatasinya, Lina memberikan  kapsul ekstrak daun binahong Anredera cordifolia dan sirih bumi Peperomia pellucida dua kali sehari masing-masing dua kapsul. “Binahong dan sirih bumi baik untuk persendian,” ujar Lina. Selama mengonsumsi herbal, Suharto mesti berpantang mengonsumsi beberapa makanan seperti kangkung, nanas, durian, daging kambing, emping melinjo, petai, dan jengkol.

Meski kondisi sudah membaik, Suharto masih mengonsumsi jus semangka, dan kapsul ekstrak daun binahong serta sirih bumi. Keruan saja, ia juga rutin menyantap biji aren yang pipih dan bening itu, untuk menjaga tubuh tetap bugar. (Desi Sayyidati Rahimah/Peliput: Andari Titisari)

Keterangan Foto :

  1. Kolang kaling kaya akan kalsium
  2. Lina Mardiana meresepkan kolang kaling untuk jantung, persendian, mag, dan membantu pertumbuhan tulang janin
  3. Penderita pengapuran sebaiknya menghindari konsumsi emping melinjo
  4. Binahong baik untuk persendian
  5. Bugar dengan Biji Aren

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img