Thursday, August 18, 2022

Silangkan Guppy

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

  1. Berapa ukuran tempat pemijahan guppy? Berapa perbandingan antara jantan dan betina dalam satu tempat?
  2. Bagaimana cara memijahkan guppy?
  3. Kapan telur akan menetas dan kapan anakan dipisahkan?
  4. Penyakit apa yang banyak ditemukan pada guppy? Apa ciri dan bagaimana penanganannya?
  5. Apakah fancy guppy dapat dicampur dengan jenis lain untuk mendapat kualitas anakan yang bagus? Apa namastrain baru tersebut?
  6. Mohon alamat eksportir di Jakarta yang membutuhkan pasokan ikan hias.
Matheus Harjojati
Jurug Sari III/8
Jl. Kaliurang Km 7.3
Yogyakarta

Anton Saksono

1. Ukuran kolam untuk memijahkan guppy, yang ideal 1 m x 1 m x 20 cm. Sedang perbandingan antara jantan dan betina dalam satu tempat pemijahan yaitu 2 jantan dan 10 betina.

2. Cara memijahkan guppy sangat mudah, hanya dengan mencampurkan pejantan dan betina dalam satu kolam. Namun, perhatikan waktu menyatukan kedua calon indukan. Waktu yang tepat untuk menyatukan guppy yaitu pagi hari pukul 07.30 – 08.00 dan sore pukul 16.30 – 17.00. Suhu lingkungan berkisar 24 – 29oC, dan suhu air 22 – 26oC.

3. Tidak seperti ikan hias yang pada umumnya bertelur, guppy langsung mengeluarkan anak atau melahirkan. Biasanya guppy melahirkan anak pada pukul 06.00 – 09.00. Anak yang baru keluar sudah mampu berenang dengan sangat baik. Burayak yang berumur kurang dari seminggu biasanya masih bersama induknya di kolam pemijahan. Lebih dari seminggu baru bisa dilepas dari induk.

4. Masalah yang banyak dihadapi guppy adalah stres, cedera fisik dan gangguan penyakit.

a. Stres

Jangan anggap enteng guppy yang mengalami stres. Cirinya, nafas terlihat terengah-engah, sering berenang di permukaan air dan menabrakkan diri ke kaca akuarium. Hal itu disebabkan karena air kotor, dan kurang oksigen. Cara mengatasinya dengan mengganti air. Namun, air pengganti harus sudah diinapkan selama 12 jam, ataudiaerasi 8 jam baru ikan diceburkan.

b. Penyakit

Penyakit pada guppy sama seperti pada ikan hias lain, seperti white spot, velvet, skin fluke, fin rot, dan tail rot. Penanganannya juga tak berbeda dengan ikan hias lain tergantung penyakit. Namun, guppy sangat peka terhadap air hujan, sehingga hindari dari percikan air hujan langsung.

5. Untuk kemurnian, fancy guppy lebih baik tidak dicampur. Namun jika ingin menyilangkan, lebih baik dengan salah satu jenis saja, jangan dicampur beberapa jenis. Sebab jika beberapa jenis, kalaupun keluar warna bagus, tetapi warna itu belum tentu dominan.

6. Alamat eksportir ikan hias di Jakarta antara lain Toto Asikin di Jl. Minangkabau Dalam II/21, Jakarta.Atau Jarma Kamadi dengan alamat CV Vivajaya Internasional, Jl. Raya Patriot Gg.Alfala No. 8, Kranji,Bekasi 17145.***

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img