Sunday, November 27, 2022

Singkong Komoditas Masa Depan Pangan, Pakan, dan Bioenergi

Rekomendasi

2 Juni 2012

Siapa yang tak kenal singkong, komoditas serbaguna yang kini tak lagi dipandang sebelah mata.

Serbaguna? Tentu saja! Lihat saja maraknya makanan ringan seperti keripik berbahan baku singkong dengan beragam merek dan rasa. Singkong yang dahulu dicap “inferior” kini sudah naik kelas. Banyaknya olahan asal tepung singkong atau kerap disebut modified cassava flour (mocaf) pun turut melambungkan permintaan telo-sebutan singkong oleh masyarakat Jawa-sebagai bahan baku utama. Data Masyarakat Singkong Indonesia, organisasi masyarakat yang fokus pada singkong mulai dari hulu ke hilir, menyebutkan permintaan mocaf di tanahair mencapai 1-juta ton tepung per tahun. Itu baru permintaan dari segi pangan. Bioetanol asal singkong bisa jadi alternatif bahan bakar. Peran lain, singkong merupakan sumber pakan yang potensial untuk sapi potong dan hewan ternak karena hampir semua bagian tanaman maupun hasil samping dapat digunakan. Lengkaplah manfaat singkong sebagai feed, food, dan fuel yang berarti pasar bahan baku pun terbuka lebar.

Untuk itulah Majalah Pertanian Trubus menyelenggarakan seminar bertajuk “Singkong Komoditas Masa Depan: Pangan, Pakan, dan Bioenergi”. Dalam seminar ini akan dibahas tuntas mulai dari budidaya hingga pemasaran singkong dari ujung tunas hingga ujung akar.

 

 

  • Biaya seminar untuk pelanggan Trubus dan member trubus-online.co.id Rp650.000/orang
  • Biaya seminar untuk umum Rp750.000/orang

Biaya termasuk makalah, rehat kopi, makan siang

 

Keterangan lebih lanjut hubungi: Suci atau Devi

Telp 021-8729 060, 8770 1748, HP. 0813 1603 4009, Faks. 021-872 9059

E-mail: pelatihan@trubus-online.co.id, Blackberry: Pelatihan Trubus PIN 2898B5DC. Pembayaran, transfer ke BCA Cab. Samanhudi a.n. Trubus Swadaya No. rekening 4770100009.

Kirimkan bukti transfer Anda ke 021-872 9059

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img