Saturday, December 3, 2022

Spesialis Mengolah Temulawak

Rekomendasi
Pabrik pengolahan PT Helmigs Prima Sejahtera di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
Pabrik pengolahan PT Helmigs Prima Sejahtera di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

PT Helmigs Prima Sejahtera produsen herbal berbasis temulawak berkualitas dan modern.

Tanpa gejala mencurigakan, dokter mendiagnosis Herlina Dewinjoto mengidap kanker stadium 2 di payudara kirinya. Meski, “Ukurannya kecil, hanya seujung kuku dokter menyatakan itu kanker ganas,” kata Herlina. Untuk mengatasi kanker, dokter menganjurkan perempuan berusia 62 tahun itu menjalani penyinaran. Herlina pun menjalani radioterapi di sebuah rumah sakit di Singapura.

Herlina, warga Surabaya, Jawa Timur, itu memperoleh informasi penyinaran menyebabkan kondisi tubuh menurun. Gejala penurunan kondisi itu antara lain demam, kerusakan lever, hingga kulit menghitam seperti gosong pada bagian penyinaran. Untuk mengurangi efek buruk penyinaran itu Herlina mengonsumsi ekstrak temulawak. “Informasi dari teman temulawak baik untuk melindungi hati,” ujarnya.

Kaya khasiat

Proses  produksi  Helmig’s  mengaplikasikan  teknologi  modern.
Proses produksi Helmig’s mengaplikasikan teknologi modern. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)

Tablet temulawak produksi Helmig’s pun menjadi konsumsi Herlina sehari-hari. Ia mengonsumsinya 2 kali sehari, masing-masing 4 tablet pada pagi dan malam hari. Konsumsi rutin ekstrak rimpang Curcuma xanthorrhiza itu ampuh mempertahankan stamina Herlina. “Selama menjalani penyinaran badan tetap bugar, tidak terasa lemas,” ujarnya. Padahal 5 hari sepekan ia menjalani terapi radiasi. Wiraswastawati itu menerima 30 kali penyinaran.

Hasil pengujian Serum Glutamic Piruvic Transaminase (SGPT) Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT) menunjukkan fungsi hati Herlina normal. Itu menunjukkan jika kerja lever Herlina baik. Kebanyakan subjek radioterapi mengalami efek gosong di bagian yang disinari. Hal itu tidak terjadi pada Herlina. “Bekas penyinaran hanya berwarna krem, tidak sampai gosong,” ujarnya.

Meski sudah membaik, Herlina masih mengonsumsi tablet ekstrak temulawak untuk menjaga stamina. Frekuensi tetap, tapi dosisnya ia kurangi separuh menjadi masing-masing 2 tablet yang dikonsumsi pagi dan malam. Pemeriksaan pada Maret 2017 menunjukkan Herlina terbebas dari kanker. Ekstrak temulawak menjaga stamina Herlina lantaran kandungan kurkumin, efektif sebagai pelindung hati, antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Produk unggulan Helmig’s di antaranya  Helmig’s curcumin effervescent.
Produk unggulan Helmig’s di antaranya Helmig’s curcumin effervescent. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)

Senyawa aktif berwarna kuning itu juga efektif mencegah alzheimer. Penyakit penurunan saraf otak yang diikuti radang dan pembentukan plak dalam otak itu bisa memicu kelumpuhan. Gejalanya, pasien kehilangan ingatan dan sulit berkomunikasi. Kemampuan kurkumin menangkal alzheimer lantaran daya antiinflamasi dan kandungan antioksidan tinggi. Kurkumin meningkatkan kinerja kekebalan tubuh untuk mencegah pembentukan plak otak.

Khasiat yang beragam itu ditangkap PT Helmigs Prima Sejahtera melalui serbuk larut air (efervesen) Curcumin. Bentuk sediaan lain adalah tablet, serbuk, teh, dan minuman kaleng yang trendi. Beragamnya bentuk sediaan itu memberikan kemudahan bagi konsumen. Untuk mengonsumsi serbuk efervesen, konsumen tinggal memasukkan serbuk ke gelas lalu menambahkan 200 ml air.

Helmig’s  melakukan uji laboratorium pada produknya. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)
Helmig’s melakukan uji laboratorium pada produknya. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)

Dengan demikian untuk memperoleh khasiat kurkumin pun amat praktis. Bahkan, ketika bepergian memungkinkan untuk menentengnya. Apalagi kini juga tersedia minuman kaleng yang mengandung kurkumin. Cara konsumsinya mudah, buka tutupnya lalu minum. Tidak ada dosis tertentu karena herbal sehingga aman. Semua produk Helmig’s berbahan baku temulawak.

Spesialis kurkumin
Manajer research and development PT Helmigs Prima Sejahtera, Bambang Rijanto, “Produk kami berisi kurkumin dari temulawak asli. Herbal asli Indonesia itu berkhasiat hebat. Pada 1993, Gunawan Tongrejo mendirikan Helmig’s yang berkonsentrasi membuat produk herbal. Logo yang menandai eksistensi sebagai produsen minuman herbal tradisional kala itu berupa segelas ekstrak temulawak beserta rimpangnya.

Logo itu mewakili visi perusahaan untuk menjadi produsen utama spesialis kurkumin di Indonesia. Produk pertama adalah tablet antidiare bermerek Stop-Re Strips pada 1997. Pada 2010 dan 2014, Helmig’s mengganti logo. Mereka mengadopsi kata Helmig’s yang fleksibel dan menambahkan aksen jingga yang menyegarkan serta memberikan kesan muda. Logo baru itu memiliki karakter gaya hidup sehat, cerdas, dan alami.

PT Helmigs Prima Sejahtera menerapkan good laboratory practice (GLP) dalam proses produksi. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)
PT Helmigs Prima Sejahtera menerapkan good laboratory practice (GLP) dalam proses produksi. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)

Perlahan-lahan perusahaan mulai berkembang. Semula hanya mempekerjakan 100 orang kini mempekerjakan 260 tenaga kerja. Secara keseluruhan Helmig’s meluncurkan 16 varian produk berbahan baku temulawak. Beberapa di antaranya efervesen rasa jeruk atau mangga, efervesen tanpa gula, serbuk berisi kombinasi temulawak dan jahe, tablet curcumin 25 mg, teh curcumin, dan curcumin x candy yogurt.

Di luar temulawak, Helmig’s membuat ekstrak mengkudu dengan merek Noni. Tidak hanya minuman, Helmig’s mengkreasikan permen kurkumin aneka rasa yakni lemon, mint, dan nanas. Varian produk lainnya dalam bentuk bumbu nasi mengandung kurkumin. Dengan begitu konsumsi nasi pun dapat mengambil khasiat temulawak. Helmig’s juga berinovasi dengan memproduksi sabun mengandung kurkumin.

Produk yang dihasilkan Helmig’s tergolong obat herbal terstandar. Artinya, kadar kurkumin dalam produk itu terukur. Sesaset efervesen Curcumin ukuran 6 gram, misalnya, mengandung kurkumin 2,8 mg. Tablet forte Curcumin berukuran 650 mg mengandung 75 mg kurkumin. Kandungan terstandar itu salah satu pembeda sekaligus keunggulan Helmig’s dibandingkan dengan produk lain.

Produk yang telah dikemas siap didistribusikan. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)
Produk yang telah dikemas siap didistribusikan. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)

Kebanyakan produk lain sejenis yang ada di pasaran tidak terukur, karena hanya menyantumkan ekstrak temulawak. Dari keseluruhan produk berbahan temulawak itu, efervesen Helmig’s Curcumin dan minuman kaleng Helmig’s Effervescent+Vitamin C menjadi produk unggulan perusahaan.

Menjaga mutu
Untuk menghasilkan produk berkualitas, Helmig’s menerapkan standar tinggi dalam produksi. Salah satu caranya melalui teknologi ekstraksi. “Kami menggunakan ekstraksi bertingkat untuk menghasilkan ekstrak terstandar,” ujar Bambang. Perusahaan juga menerapkan good laboratory practice (GLP) dalam proses produksi. Kualitas produk dipertahankan melalui pengujian kualitas di bagian gugus kendali mutu.

Helmig’s meraih Abu Dhabi SIAL Innovation pada 2014. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)
Helmig’s meraih Abu Dhabi SIAL Innovation pada 2014. (Foto: PT Helmigs Prima Sejahtera)

Sebelum merilis produk baru ke pasar, Helmig’s selalu meriset. Helmig’s tidak main-main dengan kualitas produk. Mereka meguji produk hingga 2 tahun lebih. Riset meliputi studi literatur, formulasi, uji mutu (khasiat, kualitas, dan keamanan) serta uji stabilitas. Jalan panjang itu menjamin khasiat dan kualitas produk mereka. Untuk memastikan kualitas produk, Helmig’s juga menguji produk di laboratorium independen sebagai perbandingan.

Sebagian besar bahan baku berasal dari pasokan dalam negeri. Maklum, ketersediaan bahan baku berupa rimpang temulawak cukup melimpah di tanahair. Helmig’s bermitra dengan para petani untuk menjaga kesinambungan dan kualitas pasokan. Namun, ada pula bahan tambahan dari luar negeri. Proses produksi di pabrik di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Beragam produk yang dihasilkan PT Helmigs Prima Sejahtera.
Beragam produk yang dihasilkan PT Helmigs Prima Sejahtera.

Pabrik di lahan seluas 2 hektare itu tidak hanya membuat produk untuk pasar domestik, tetapi juga pasar ekspor. Masyarakat di berbagai negara seperti Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Nigeria, Jepang, dan Uni Emirat Arab juga mengonsumsi ekstrak temulawak buatan Helmig’s itu. Bahkan, “Sebanyak 90% produk Helmig’s mengisi pasar ekspor,” ujarnya.

Di tengah serbuan produk sejenis di pasar, Helmig’s tetap optimis. Tren pasar industri herbal semakin berkembang. Nyatanya, “Setiap tahun Helmig’s mengalami peningkatan permintaan rata-rata 10—25%,” kata Bambang. Demi menjaga dan memperluas pasar, Helmig’s terus-menerus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas. Berkat kerja kerasnya itu perusahaan meraih sertifikat ISO sejak 2000.

Temulawak mengandung kurkumin  yang berfungsi sebagai pelindung hati, antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.
Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai pelindung hati, antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Saat ini meraih ISO 9001:2008 dan sedang dalam proses peningkatan untuk sertifikasi ISO 9001:2015. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga menganugerahkan penghargaan berupa sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) pada 2016. CPOB merupakan pedoman pembuatan obat bagi industri farmasi untuk menjamin mutu obat.

Sebelumnya pada 2002 BPOM juga menganugerahi sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Pada prinsipnya HACCP suatu sistem kontrol untuk pencegahan masalah berdasarkan identifikasi titik-titik kritis di dalam tahap penanganan dan proses produksi. Helmig’s yang mengantongi HACCP berarti menjamin keamanan pangan dengan pendekatan pencegahan untuk memenuhi tututan konsumen.  (Desi Sayyidati Rahimah)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img