Saturday, August 13, 2022

Sukses Pijahkan Ikan Baung

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Kini ikan baung dapat dipijahkan secara buatan. (Dok. Trubus)

Semula mengandalkan tangkapan alam, kini pembudidaya dapat membenihkan ikan baung secara mandiri.

Trubus — Ikan baung Hemibagrus nemurus salah satu komoditas ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting di Indonesia. Ikan itu tidak hanya populer di dalam negeri, tapi juga di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Masyarakat di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan lazim mengolah ikan baung segar atau diasap. Daging ikan anggota famiili Bagridae itu berkualitas baik dan bernilai gizi tinggi.

Harga ikan baung Rp30.000—Rp40.000 per kg di pasar nasional. Harga itu lebih tinggi ketimbang ikan air tawar lain seperti lele dan ikan nila. Komersialisasi dan budidaya masif ikan baung masih terbatas. Alasannya belum adanya panti benih yang memproduksi benih ikan baung. Selain itu, induk ikan baung mengandalkan tangkapan alam sehingga belum teradaptasi dengan lingkungan baru.

Induk berkualitas

Induk matang gonad dan
berkualitas salah satu kunci sukses memijahkan ikan baung. (Dok. Trubus)

Lazimnya siklus reproduksi ikan baung terjadi pada musim hujan dengan puncak pemijahan pada Oktober—Desember. Pemberian hormon reproduksi salah satu strategi untuk menggantikan sinyal lingkungan yang diperlukan ikan baung untuk bereproduksi di lingkungan budidaya. Domestikasi ikan baung dilakukan di Instalasi Riset Plasma Nutfah BRPBATPP Di Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bertujuan agar tersedia induk yang memiliki toleransi pada lingkungan budidaya.

Pemeliharaan induk baung merupakan langkah awal untuk menghasilkan induk matang gonad. Sebaiknya pilih induk berbobot 400—700 g untuk pemijahan. Induk baung jantan dan betina relatif mudah dibedakan.

Ikan jantan dewasa ditandai dengan panjang genital papila mencapai atau melebihi pangkal sirip anal, sedangkan ciri induk betina dewasa yakni berperut gendut dan permukaan lebih lembut.

Pembenihan ikan baung dapat dilakukan secara semialami dan buatan. Kegiatan itu meliputi penyuntikan hormon, stripping, pembuahan telur, dan inkubasi telur. Sperma ikan jantan juga didapat dari hasil pembedahan. Satu induk jantan yang dibelah cukup untuk membuahi tiga ikan betina (baca boks: Pijahkan Ikan Baung). (Drs. Jojo Subagja, M.Si., peneliti ikan baung di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img