Suplemen Mineral Blok Berpotensi Mencegah Serangan PMK pada Ternak

0
suplemen mineral blok ipb
Pemberian herbal mineral blok untuk sapi sehat. (Trubus/Dok. Sri Suharti)

Trubus.id — Ada berbagai langkah terbaik dalam upaya pencegahan agar ternak terhindar penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satunya dengan cara memberikan herbal mineral blok buatan Dr. Sri Suharti, S.Pt, M.Si., dan tim dari Institut Pertanian Bogor.

Sri mengatakan, pembuatan herbal mineral blok untuk meningkatkan kekebalan tubuh ternak. Ia memanfaatkan beragam bahan baku alami untuk membuat suplemen itu seperti rimpang kunyit, magot, dan molase.

Berdasarkan riset ilmiah itu, kunyit (Curcuma longa), efisien meningkatkan imunitas ternak. Magot alias larva lalat tentara hitam (Hermetia illucens) sebagai sumber protein. Larva serangga anggota famili Stratiomyidae itu baik untuk ternak karena kaya akan asam amino.

“Makin tinggi pasokan asam amino, proses pembentukan imunitas tubuh ternak makin baik,” kata doktor Nutrisi Ternak alumnus Institut Pertanian Bogor itu.

Pembentukan suplemen harus dapat menjaga patalabilitas alias daya tarik makan ternak. Oleh karena itu, Sri menambahkan molase dalam herbal buatannya. Komponen lain yang ditambahkan adalah mineral mikro. Tujuannya, supaya ternak mendapatkan kebutuhan nutrisi seimbang.

“Sering kali peternak hanya memberi rumput atau jerami sebagai pakan utama sapi, sehingga nutrisi tidak tercukupi,” kata Sri.

Menurut Sri, sapi juga membutuhkan mineral dalam proses fisiologis. Mineral berfungsi untuk pembaharuan sel-sel.

Sri mengatakan, jika kekurangan mineral, ternak akan mencari benda keras seperti kayu bangunan kandang lalu mengunyahnya. Akibatnya, kandang ternak rusak. Namun, dengan menggunakan herbal mineral blok, kerusakan kandang bisa dicegah. Bahkan, ternak akan lebih produktif karena kebutuhan nutrisi tercukupi.

Komposisi lain bahan mineral blok berupa polar, garam, kapur, dan mineral mikro. Ia mencampur semua bahan dan memadatkan dalam bentuk blok. “Desain blok lebih efisien, karena nutrisinya tidak terbuang sia-sia,” paparnya.

Berbeda jika nutrisi dicampur pada pakan atau minuman ternak rentan terbuang. Pemberian herbal mineral blok dengan cara digantung di kandang. Selanjutnya, ternak akan menjilat suplemen herbal itu.

Desain herbal disesuaikan dengan kebutuhan ternak dalam sebulan. Bobot herbal mineral blok untuk sapi 2,5 kg, sedangkan untuk kambing atau domba 1,5 kg. Menurut Sri, pemakaian efektif per ekor ternak diberi satu herbal.

Menanggapi inovasi mineral blok itu, drh. Endang Tri Rahayu, M.P., dosen di Program Studi Peternakan, Universitas Sebelas Maret, mengatakan, pemberian herbal mineral blok bagus untuk ternak. Pemberian suplemen dapat menghindarkan ternak dari defisiensi mineral dan vitamin.

“Ternak juga akan terhindar dari malnutrisi yaitu kurus yang disebabkan rendahnya nilai gizi pakan ternak,” kata Endang.

Selain membuat produktif, herbal mineral blok berpotensi membantu peternak mencegah serangan PMK. Dokter hewan alumnus Universitas Gadjah Mada itu mengatakan, ketika kekebalan tubuh ternak lemah, akan mudah terkena PMK. Apalagi penularan penyakit yang diakibatkan oleh virus itu sangat cepat. Pemberian pakan suplemen dapat memenuhi kebutuhan nutrien mineral dan vitamin.

“Ketika kebutuhan nutrien terpenuhi maka kekebalan tubuh akan meningkat, sehingga tidak mudah untuk terserang agen penyakit, termasuk PMK,” ujar Endang.