Thursday, February 29, 2024

Syarat Tumbuh Kelapa Pandan Wangi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Kelapa pandan wangi menjadi primadona sehingga penanaman di berbagai wilayah dengan syarat tertentu.

Periset Ahli Madya di Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si., menjelaskan pertimbangan jarak tanam menjadi salah satu hal penting ketika hendak menanam bersamaan dengan varietas lain.

Menurut Ismail, sifat kelapa pandan wangi bisa tertutupi kelapa jenis lain jika tidak ditanam secara tepat. Musababnya kelapa memiliki morfologi bunga betina dan jantan terbuka. Harap mafhum kelapa jika berdekatan saling kawin karena ada penyerbukan oleh serangga.

Ismail menyarankan jarak penanaman kelapa pandan wangi dengan jenis lain sekitar 400 meter. Cara lain dengan menambahkan pagar dari tanaman bambu atau tembok di sekeliling lahan. Pastikan juga kemurnian dan sertifikasi bibit.

“Permintaan kelapa pandan wangi tinggi. Konsumen menyukai karena aroma pandan dan manis,” kata pemulia varietas genjah pandan wangi Sumatra Utara itu.

Harap mafhum kelapa pandan wangi memiliki tingkat kemanisan 6—8°brix. Lebih lanjut Ismail menuturkan bahwa kelapa eksotis itu hasil introduksi dari Malaysia. Penanaman pada 2003 di Pantaicermin, Kecamatan Pantaicermin, Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatra Utara.

Setelah melalui rangkaian pemulian pelepasan varietas genjah pandan wangi Sumatra Utara pada 2019 melalui surat nomor 40/KPTS/KB.020/2/2019. Kelapa pandan wangi tumbuh di lahan kering beriklim basah. Tumbuh baik di dataran rendah sampai 500 meter di atas permukaan laut (m dpl).

Di dataran tinggi waktu berbuah terlambat, produksi sedikit, dan kadar minyak rendah. Tanaman itu cocok di lokasi bercurah hujan 1.000—1.500 mm per tahun dengan bulan kering kurang dari 6 bulan.

Kelapa pandan wangi juga tumbuh subur pada pH 5—8 dan optimum pada pH 5,5—6,5. Minimum penyinaran 120 jam per bulan untuk energi fotosintesis. Kelapa pandan wangi peka pada suhu rendah dan tumbuh paling baik pada suhu 20—27°C.

Anda bisa membacanya lebih lanjut di Majalah Trubus Edisi 647 Oktober 2023. Majalah Trubus mengupas tuntas peluang bisnis kelapa pandan wangi. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 647 Oktober 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img