Sunday, August 14, 2022

Tabulampot Hijau Putih Penghias Halaman

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

“Wah, lucu banget, ada putihnya,” pekiknya sambil menunjuk buah jambu berwarna hijau dengan garis-garis putih itu. Rekan-rekannya yang lain serentak berkerumun, menonton tabulampot jambu biji variegata nan mempesona.

Penampilan tanaman koleksi Taman Buah Mekarsari (TBM) itu memang menarik. Meski buah terbesar hanya seukuran bola pingpong, tapi warna kulit hijau bergaris putih atau kuning sangat unik. Lembar-lembar daun hijaunya juga dihiasi warna putih kontras. Cocok menjadi penghias taman rumah.

Koleksi itu, menurut AF Margianasari, kepala Bagian Produksi Buah, sudah terdaftar sejak 1996. Ketika itu TBM melakukan eksplorasi buah-buahan langka. Jambu biji variegata terjaring saat berburu ke beberapa penangkar di Bogor.

Meski ukuran buah tak layak konsumsi, Riris—sapaan Margianasari—tetap tertarik membawa bibit cangkokan ke Mekarsari. Maklum, dengan warna daun variegata—hijau dan putih, tanaman itu potensial menjadi tabulampot penghias halaman. Buktinya, “Mereka ditemukan justru di penangkar tanaman hias,” urainya.

3 jenis

Trubus melihat ada 3 jenis jambu biji variegata. Pertama yang tepi daunnya berbingkai putih. Kedua, putih di tengah daun. Dan terakhir, daun itu dipenuhi bercak-bercak putih, seperti terciprat cat. Tinggi tabulampot itu tidak lebih dari 1 m. Toh, mereka rajin berbuah sepanjang tahun. Buah pertama muncul setelah berumur 1—1,5 tahun.

Warna variegata pada buah pun berbeda. Yang tepi daunnya berbingkai putih, menghasilkan buah bergaris putih. Sedangkan yang berbelang putih di tengah, buahnya bergaris kuning. Tanaman dengan daun seperti terciprat cat, kulit buahnya hijau, sama dengan jambu biasa. Namun, semua akan berubah kuning merata saat matang.

Pola warna daun variegata itu permanen, kecuali jambu berdaun “terkena cat”, sifatnya labil. “Kadang-kadang daun yang muncul seluruhnya hijau,” ungkap Riris. Justru itulah yang membuat ia makin kelihatan cantik. Sebab, dalam satu pohon daun berbercak berpadu dengan daun hijau merata.

Jeruk kip variegata

Koleksi tabulampot variegata lain ialah jeruk kip. Ia layak dipilih lantaran kombinasi warna daun beragam. Ada yang berpola warna hijau dengan semburat atau garis-garis tipis di pinggiran daun. Ada pula yang warna variegatanya mendominasi daun.

Warna variegata tanaman ini tak hanya muncul pada daun, melainkan juga menghiasi setiap buah. Buah muncul di ujung-ujung tajuk, sama seperti kip biasa. Ukurannya serupa, hanya 2—3 cm dan berair banyak.

Yang membedakan, kulit buah berwarna hijau dengan garis-garis kekuningan. Tabulampot dengan tinggi maksimal 1 m ini juga rajin berbuah. Tajuk tanaman yang cukup rimbun dengan arah percabangan ke atas itu selalu dihiasi buah. Ia hasil perburuan ke penangkar di Bogor.

Sawo variegata

Sosoknya seperti sawo biasa. Percabangan banyak dengan tajuk rimbun berbentuk payung. Bentuk daun juga memanjang, khas sawo. Hanya saja daun yang muncul tidak melulu hijau. Ia pun rajin berbuah. Bentuk buah bulat agak lonjong, warna cokelat tua. Ukurannya kecil, hanya sebesar bola pingpong.

Tanaman ini juga hasil perburuan pada 1996. Riris menemukannya di salah satu penangkar di sekitar Puncak. Seperti jambu variegata, ia pun banyak diminati pengunjung.

Jambu air Variegata

Sepitas ia mirip jambu air lain. Hanya saja daunnya tampil variegata degan warna putihdi pinggiran daun. Tinggi pohon mencapai 1 m. Di TBM ia ditanam dalam drum. Tajuk tanaman sempit dengan percabangan cenderung mengarah ke atas.

Buah jambu air ini mirip camplong hijau. Bentuk buah seperti lonceng, hanya saja agak gepeng. Ukuran buah sedikit lebih besar dibanding jambu kancing. Warna buah semburat putih. Buah juga dapat dimakan, meski kurang manis.

Saat Trubus berkunjung, jambu air itu sedang tidak berbuah. Meski begitu, ia tetap cantik karena daunnya yang unik. Apalagi jika dikombinasikan dengan jambu air biasa. “Dengan begitu tabulampot jambu air akan tampak lebih indah,”ujar Riris. Sebab, tanaman tak hanya menghasilkan bermacam-macam jenis buah, tapi daun pun pasti tampil beda (Fendy R Paimin)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img