Monday, August 15, 2022

Tak Buntu Atasi Usus Buntu

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Mahendra menolak operasi usus buntu. Ia pulih tanpa operasi.

 

Pagi hari itu bagian kanan bawah perut Mahendra tiba-tiba nyeri hebat. “Semula hanya mual dan agak pusing, dalam hitungan 2,5 jam tiba-tiba saya jadi tak berdaya. Perut saya sangat nyeri dan kram, bergerak sedikit saja rasanya sakit sekali,” ujar Mahendra mengenang kejadian pada 2010 itu. Sang istri, dr Nur Afiyah, yang berprofesi sebagai dokter, segera bertindak.

“Setelah pemeriksaan, gejalanya merujuk pada radang usus buntu. Ciri yang khas ialah saat titik mc burney-terletak di sepertiga bawah perut kanan-saya tekan, ia merasa sakit sekali. Rasa sakit juga terasa menjalar dari perut bagian kanan bawah ke seluruh bagian perut. Saya segera memintanya ke rumah sakit untuk pemeriksaan laboratorium,” ujar Afiyah waswas.

Akut

Menurut dr Nur Afiyah dari sisi medis usus buntu lazimnya pulih dengan cara operasi. Pria 37 tahun itu serta-merta menolak saran sang istri. Mahendra memilih untuk meminum ramuan herbal terlebih dahulu. “Bila tidak ada perubahan saya baru mau periksa ke rumah sakit,” katanya.

Menurut dr H Arijanto Jonosewojo SpPD, spesialis penyakit dalam dari Poliklinik Rumahsakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sutomo, Surabaya, Jawa Timur, penyakit usus buntu terbagi menjadi 3 tingkatan; usus buntu akut, usus buntu infiltrat, dan usus buntu kronis. “Pasien harus segera dioperasi bila mengalami usus buntu akut. Sebab, bila tidak segera ditangani usus buntu yang meradang itu bisa pecah,” katanya.

Nur Afiyah berpendapat serupa. “Paling lambat 3 hari, lebih dari itu mengakibatkan perforasi alias pecahnya usus buntu,” ujar kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, itu. Massa akibat pecahnya usus buntu akan menyebar ke seluruh organ perut. Alhasil proses penyembuhan lambat sebab harus dilakukan operasi besar yang pemulihannya memakan waktu 2-3 hari.

Bila belum pecah, pemulihan hanya butuh waktu sehari. Sebelum memutuskan untuk operasi, dokter biasanya memeriksakan fisik, objektif, dan laboratorium. Menurut Arijanto, penderita radang usus buntu akut, mengeluhkan sakit di perut bagian kanan bawah hingga tak mampu berdiri, bahkan bergerak. Pemeriksaan objektif, terjadi bising (kontraksi) usus akibat penyumbatan.

Bila tersumbat, pasien tidak bisa kentut, buang air besar, mual, serta muntah. Rontgen diperlukan untuk melihat keadaan usus buntu, apakah meradang dan membesar. Pemeriksaan leukosit juga dilakukan. “Bila terjadi infeksi akibat peradangan, kadar leukosit akan meningkat tajam, bisa dua kali lipat dari kadar normal yang hanya 10.000,” ujar pria kelahiran 20 Agustus 1953 itu.

Dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, itu menuturkan bahwa kuman dan bakteri menjadi biang keladi usus buntu meradang. “Usus buntu memiliki rongga yang kecil sehingga penyumbatan akibat kuman dan bakteri membuat usus meradang dan infeksi,” ujarnya.

Jintan hitam

Untuk mengurangi rasa nyeri, Mahendra segera mengonsumsi 2 kapsul berisi jintan hitam, sambiloto, dan spirulina (1.300 mg), 4 kapsul temulawak (2.000 mg), dan 4 kapsul sambiloto (2.000 mg). Frekuensi 4 kali sehari dengan interval per 4 jam. Empat jam setelah konsumsi pertama belum ada perubahan berarti. “Mau tidur pun tidak bisa sebab merasakan nyeri dan sakit,” ujar direktur PT Herbal Insani itu. Selain terasa nyeri ia juga demam (38oC) dan agak mual.

Empat jam berikutnya rasa nyeri perlahan reda. Ia sudah bisa melangkah untuk berjalan ke peturasan. Konsumsi kombinasi herbal itu tetap ia lakukan. Esok harinya kondisi pria yang gemar berolah raga futsal dan bulutangkis itu pun kian membaik hingga benar-benar pulih.Total 8 kali Mahendra mengonsumsi herbal-herbal itu. Lusa dari hari kejadian, Mahendra pun dapat bekerja seperti sedia kala. Dua tahun berselang, radang usus buntu itu tak hadir lagi. Ayah tiga anak itu menyarankan agar herbal hanya digunakan untuk radang usus buntu fase awal. “Jika sudah pecah sebaiknya langkah yang ditempuh operasi,” katanya.

Jintan hitam berperan menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat antibakteri dan virus. Itu sejalan dengan riset MS Al-Ghamdi dari Departemen Farmakologi, King Faisal University, Arab Saudi, bahwa ekstrak jintan hitam memiliki sifat antiradang, analgesik (penahan sakit), dan antipiretik (menurunkan demam). Mahendra memilih konsumsi jintan hitam, temulawak, dan sambiloto karena ketiga herbal itu lazim untuk memulihkan pasien di kliniknya yang mengalami peradangan.

“Sejatinya herbal tidak dapat digunakan secara tunggal, harus bersinergi,” ujarnya. Seperti produk andalan mereka, Habasauda Prima, yang terdiri atas habbatus sauda, sambiloto, dan spirulina. “Jintan hitam atau habbatus sauda baik untuk imunitas tubuh tetapi memiliki efek samping seperti sembelit dan jantung berdebar. Itu sebabnya dinetralkan dengan spirulina dan sambiloto,” ujar alumnus Fakultas Pertanian Universitas Patimura, Ambon, itu.

Inovasi produk kombinasi herbal dalam satu kemasan juga dikembangkan oleh PT Sumber Kartika Naturlite. Salah satu produknya ialah Madu Habbatus Sauda kombinasi jintan hitam, madu, propolis, dan jahe. Ada juga kombinasi propolis, jintan hitam, dan klorofil. “Produk kami diolah dengan teknologi khusus sehingga dihasilkan produk yang berkualitas dan menyehatkan,” ujar Dewi Sukarniawati R, SSi Apt, direktur utama PT Sumber Kartika Naturlite. Herbal berpadu, sakit pulih teratasi. (Tri Istianingsih/Peliput: Desi Sayyidati Rahimah)

Radang Umbai Cacing

Keterangan Foto :

  1. Beragam produk herbal kombinasi marak beredar di tanahair
  2. Mahendra, pulih dari radang usus buntu berkat herbal
Previous articleAlga Jadi Bensin
Next articleCara Enak Jaga Hati
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img