Monday, August 8, 2022

Taman Dua Muka : Keindahan Dua Sisi

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Taman dua muka dipilih Godongijo supaya pengunjung punya privasi waktu menyantap hidangan di Botanical Cafe yang terletak didalam lingkungan nurseri. Maklum, posisi tempat makan menghadap langsung ke jalan sehingga terlihat oleh pengunjung kebun. Supaya mereka nyaman menikmati makanan khas Thailand, dibangunlah taman di antara jalan dan ruang makan.

Muka bagian belakang dekat ruang makan dibatasi tembok pendek-tinggi 15 cm-membentuk garis horizontal; bagian luar, melengkung. Garis horizontal memberi kesan kalem, tenang, dan santai bagi pengunjung cafe. Juga cenderung memperlebar ruangan sehingga terkesan luas. Sedangkan garis lengkung yang menghadap ke arah jalan menimbulkan suasana akrab seperti di alam.

4 jenis

Taman yang berlokasi di tengah-tengah kebun adenium itu sederhana. Hanya ada 4 jenis tanaman; Adansonia digitata, encephalartos, bromelia, dan rumput kucai. Meski begitu, Untuk taman dua muka, jenis tanaman yang dipakai cukup ok. Menarik dan warna (bromelia, red) mencolok, kata Ir Umar Zain, pemimpin Konsultan Lansekap Oemardi Zain.

Adansonia digitata berada persis di depan tiang bangunan sehingga dari luar ruang makan terkesan luas. Selain itu, pohon setinggi 4 m itu berfungsi sebagai pengaget pandangan agar terlihat unik dan aneh. Keberadaan taman yang namanya diambil dari nama penyelidik alam asal Prancis, Michel Adanson, itu langsung menyedot perhatian.

Encephalartos setinggi 1-1,5 m berada di kanan-kiri dan depan adansonia. Anggota famili zamiaceae itu berperan sebagai tanaman medium dan pengimbang pohon besar agar tanaman tidak terlihat jomplang. Encephalartos pun jadi latar tanaman di depan dan belakang. Gradasi berikutnya bromelia dan rumput kucai sebagai groundcover.

Taman dilengkapi ornamen batu warna kuning. Tujuannya, Membentuk kesatuan dan keharmonisan seperti di alam, kata Ir Hari Harjanto, perancang taman. Seperti Janus, taman 2 muka pun enak dipandang dari depan dan belakang. (Rosy Nur Apriyanti)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img