Friday, December 2, 2022

Tanaman Rambat Dari Thailand ke Indonesia

Rekomendasi

Di depan teras tampak malaythong—nama bunga itu—tampil menawan di pot cantik. Kini penampilan tanaman rambat kian glamour dengan bentuk dan warna beragam. Semua jadi pilihan untuk menyemarakkan halaman.

 

Lazimnya hobiis menggunakan alamanda sebagai tanaman rambat di pagar atau pergola. Bunga berwarna kuning atau merah marun dan berbentuk seperti terompet. Sayang pertumbuhannya cenderung ngelancir sehingga pemilik harus rajin memangkas. Itu dulu, kini tanaman rambat tampil beda. Tumbuhnya cenderung menjuntai sehingga tidak perlu rutin dipangkas. Warna bunga pun bervariasi: merah muda, kuning cerah, cokelat muda, dan ungu.

Selain warna yang mencolok, bentuk bunganya pun unik. Ada yang menjuntai bak malai padi, menumpuk seperti mawar, dan lonjong mirip bunga lili. Pantas jika Chandra Gunawan Hendarto dan Gunawan Widjaya—keduanya hobiis tanaman hias—kesengsem melihatnya. “Bentuk seperti itu jarang ditemukan di Indonesia,“ ujar Chandra Gunawan.

Motif bercak di daun juga turut andil Menyumbangkan keindahan. Selama ini kebanyakan daun hijau polos. Berikut beberapa tanaman rambat baru untuk menyemarakkan halaman.

Malaythong

Penampilannya menawan. Bunga kuning cerah berderet rapi di malai sepanjang 1,5 m. Bentuk bunga mungil seperti melati. Penampilannya kian semarak kala kuntum-kuntum itu mekar serempak. Bunga keluar dari ujung ranting atau ketiak daun. Keistimewaan lain berbunga sepanjang tahun, lebat, dan tahan sebulan.

Ia tumbuh baik di tempat terbuka. Tak heran jika emas asal Malaysia itu jadi primadona di pasar Chatuchak, Bangkok, Thailand. Ia dijajakan di pot-pot. Di sana pula Chandra Gunawan memboyong tanaman setinggi 100 cm itu.

Mandevilla

Siapa yang tak terpikat saat melihat mandevilla. Tanaman rambat asal Florida, Amerika Serikat, itu berwarna merah muda. Petal menumpuk seperti mawar. Lazimnya mandevilla bermahkota tunggal. Tanaman rambat itu tak pernah sepi bunga, ia muncul di setiap ketiak daun. Keunggulan lain ia tak hanya dirambatkan, tapi juga bisa menjuntai karena batangnya lemas. Tanaman itu menyukai sinar matahari langsung. Pantas jika ia selalu menjadi pusat perhatian.

Thunbergia variegata

Keistimewaan tanaman rambat itu pada bercak putih di daunnya. Itu menutupi kekurangan tanaman yang agak malas berbunga. Bunganya yang ungu pucat tampak kurang cantik. Bentuk daun memanjang dan ujungnya lancip mirip daun singkong. Thunbergia tumbuh di tempat terbuka. Tanaman dari negeri Siam itu diboyong Gunawan Widjaya dalam bentuk setek sejak 4 tahun lalu. (Bertha Hapsari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Mengatur Pola Pakan Tepat untuk Kuda

Trubus.id — Berbeda dengan sapi, kuda termasuk hewan herbivora yang hanya mempunyai satu lambung (monogastrik) sehingga kuda sangat membutuhkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img