Wednesday, August 10, 2022

Tanggapan Bisnis Ginseng Jawa

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

  1. Kami telah melihat perkembangan di lapangan dan telah menyampaikan surat ke Direktorat Bina Produksi Hortikultura pada 23 September 2003.
  2. Harga yang ditawarkan bisnis ini sangat menarik, mengingat tanaman ini mudah sekali tumbuh dan daya hasilnya tinggi. Namun, setelah dicek di pasaran bahan baku industri obat tradisional itu harganya sangat jauh di bawah harga yang ditawarkan, kurang dari Rp50.000 per kg kering.
  3. Dalam kontrak produksi dengan petani, pengusaha secara tidak langsung mempunyai maksud tersembunyi, karena bagian batang yang dapat dijadikan setek menjadi milik pengusaha. Selanjutnya seleksi hasil panen akar termasuk pengeringan simplisianya diawasi ketat oleh pengusaha dan mudah diklaim tidak memenuhi syarat sehingga merugikan petani. Tampaknya bisnis itu merupakan bisnis terselubung karena petani yang ingin mengikat kontrak dengan perusahaan tersebut harus membeli bibit dari pengusaha.
  4. Dengan dieksposnya bisnis menggiurkan ini di majalah Trubus, maka minat petani melakukan kontrak produksi dengan perusahaan tersebut akan melonjak. Dampaknya dikhawatirkan banyak petani yang dirugikan. Oleh karena itu seyogyanya Trubus melalui jaringan yang ada termasuk wartawan peliput mengadakan investigasi ke perusahaan tersebut dengan tujuan untuk mengetahui proses panen lanjutan hasil yang diperoleh dari petani. Apakah diproses menjadi produk dengan nilai tambah tinggi, diekspor, dijual murah atau dibuang. Hasil investigasi itu perlu diklarifikasi ke masyarakat luas termasuk penegak hukum dan instansi terkait. Apabila hasil investigasi itu benar menguntungkan petani, maka kita harus mendukung sepenuhnya.
Dr Ir Molide Rizal
Kepala Balai Penelitian
Tanaman Rempah dan Obat
Jl. Tentara Pelajar No. 3
Cimanggu, Bogor

Informasi yang kami sampaikan hasil wawancara dengan Edi Sumarsono di Kecamatan Madukoro, Banjarnegara. Ia plasma dari perusahaan yang menampung akar kolesom. Terima kasih atas informasi Anda.

 

Jamur Kuping

Saya sangat tertarik pada artikel Banjir Order Surut Produksi tentang jamur kuping pada Trubus edisi November 2003. Oleh karena itu saya ingin memperoleh informasi lebih lanjut.

  1. Dimana alamat lengkap Wanandi Multifarm?
  2. Dimana saya dapat memperoleh baglog dan bibit jamur kuping berkualitas? Apakah sudah terbit buku panduan berkebun jamur kuping? Sewaktu saya ke toko buku, yang ada hanya berkebun jamur tiram dan kayu.
  3. Dimana alamat pengepul jamur kuping dan Wibowo Gunawan?
  4. Apakah yang dimaksud lokasi berketinggian 1.200 m dpl?Apakah daerah saya cocok untuk berkebun jamur kuping?
Sutrisno / Musringah
Pakuncen TR 03 / 02
Kecamatan Bobotsari
Kabupaten Purbalingga
Jateng
  1. Watutumpeng, Kaliurang, Jogjakarta.
  2. Anda bisa hubungi Wanandi Multifarm. Penebar Swadaya telah menerbitkan buku Budidaya Jamur Kuping. Buku tersebut bisa diperoleh di toko-toko buku terkemuka di kota Anda, atau silakan hubungi bagian pemasaran Jl. Gunung Sahari III/7, Jakarta Pusat 10610 (021) 4204402, 4214884, fax. (021) 4214821
  3. Jl. Tulung Agung 5/7 Surabaya
  4. Artinya ketinggian tempat berada pada 1.200 m di atas permukaan laut. Jamur kuping tumbuh pada kisaran temperatur 21—280C dan ketinggian 900—1.000 m dpl. Jika daerah Anda memenuhi persyaratan itu, tentu saja bisa.

 

Langganan Trubus

Saya penggemar Trubus, tapi kesulitan mendapatkannya. Saya harus menempuh jarak 99 km untuk membelinya. Berapa saya harus membayar jika ingin berlangganan Trubus selama setahun? Saya juga minta alamat Rizal Jaafarer yang pernah dimuat Trubus edisi Februari 2000 tentang tanaman hias kaktus.

Nikodemus Oiowa
Kembayan

Untuk berlangganan 1 tahun (12 edisi) Rp210.000; setengah tahun (6 edisi) Rp105.000,  ditambah ongkos kirim. Untuk jelasnya silakan hubungi bagian pemasaran. Rizal Jaafarer dapat dihubungi di Jl. Sukahaji RT 02, Desa Langensari, Lembang, Bandung.

 

Minyak Jahe

Saya pelanggan setia Trubus. Pada edisi November 2003 Trubus mengulas artikel Mengendus Minyak Jahe. Saya mohon informasi alamat lengkap nama-nama berikut:

  1. PT Sarana Bela Nusa
  2. Achdiat
  3. PT Djasula Wangi
Ir Suhaidi
Jl. Sisingamangaraja
Km 9 / 59A Medan 20148
  1. Jl. Sinar Jaya No.49, Jakarta 1323.
  2. Yang bersangkutan tidak bersedia dipublikasikan.
  3. Jl. Garuda No.39, Jakarta Pusat 10610.

 

Bibit Gaharu

Di mana saya dapat memperoleh bibit atau biji gaharu?

Erdha
Jl. Pandeyan Gang Empu
Gandring Yogyakarta 55161

Anda bisa hubungi Jonner Situmorang, MSi. Biotechnology & Tree Improvement Laboratory.

Jl. Raya Tajur Km.6, Bogor.

 

Media Mancing

Saya ingin bertanya apakah Trubus masih menerbitkan majalah Media Mancing ? Saya ingin

1 bundel majalah Media Mancing dari beberapa edisi. Kira-kira berapa harganya dan harus ditransfer ke bank mana?

Harry Pudjohariadi
Griya Mangli Indah
Blok P No.17
Jember 68136

Sayang sekali media itu sudah tidak diterbitkan lagi dan tidak ada persediaan bundel.

 

Rumput Laut

Pada edisi Agustus 2003, Trubus membahas prospek rumput laut. Saya ingin menanyakan di

mana saya bisa mendapatkan bibit rumput laut Euchema cottonii?

M. Ambar
JL. Yos Sudarso 30 E Makasar
Sulawesi Selatan

Hubungi Asosiasi Pengusaha Budidaya dan Industri Rumputlaut Indonesia (APBIRI) di Gd. BPB Teknologi II/5, Jakarta.

 

Ayam Kampung

Saya seorang pembaca Trubus. Saya ingin menanyakan alamat pengusaha atau peternak yang menjual bibit/DOC ayam kampung di Jawa Tengah?

Purwantomo
Jl. Raya Kalibagor No.7
Kali Bagor—Banyumas

Hubungi Syahrul Kholis di Jl. Raya Semarang—Jogja, Dusun Bangsari RT 04/03, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat—Temanggung

 

Produsen Obat Tradisional

Saat ini saya sedang menganggur setelah 5 bulan keluar dari perusahaan. Saya mendapat ide untuk menghidupi keluarga dengan menjual obat-obat tradisional yang berhubungan dengan keperkasaan pria, kanker, diabetes, dan darah tinggi. Kebetulan saya mempunyai ruko berlokasi strategis. Di lokasi itu tidak ada yang menjual obatobat tradisional secara khusus. Namun, untuk memulai usaha ini saya bingung mendapatkan bahan baku. Kiranya melalui mimbar pembaca ini ada produsen yang mau memulai kerja sama dengan saya.

Zefri
Taman Kopo Indah 2 Blok A4 No.
32 Bandung 40226

Bagi yang berminat bisa hubungi alamat di atas.

 

Nilam

Saya tertarik untuk membudidayakan nilam (Pogostemon patchouli). Mohon redaksi dapat  memberi informasi.

  1. Dimana saya bisa membeli bibit nilam? Apakah ada yang menjualnya di Banten atau Jawa Barat?
  2. Berapa jarak tanam yang tepat dan berapa produksi nilam kering setiap hektar?
  3. Berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk menyuling 50 kg nilam kering dengan sistem uap?
  4. Berapa kapasitas ketel penyulingan ideal agar menghasilkan minyak nilam optimal?
  5. Bahan bakar apa yang terbaik dan hemat untuk merebus air pada ketel uap?
E. Syaeful Itsak
Jl. Gunung Gede No. G 114
Komplek Mabad 124 Rempoa
Ciputat Tangerang 15412
  1. Informasi lebih lanjut hubungi Balittro di Jl. Tentara Pelajar No.3, Cimanggu, Bogor.
  2. Di dataran rendah yang tanahnya subur, jarak tanam 100 cm x100 cm; tanah yang kandungan liatnya tinggi, 50 cm x 100 cm. Pada tanah berbukit dengan mengikuti garis kontur, 50 cm x 100 cm atau 30 cm x 100 cm. Produksi rata-rata 7—10 ton daun kering/ha/tahun. Tahun ke-4 mulai menurun.
  3. Waktu yang dibutuhkan 5—6 jam.
  4. Kapasitas 40—50 kg bahan menghasilkan minyak 3—3,5 %, sedangkan pada ketel yang lebih besar (kapasitas 1—2 ton) hanya menghasilkan 2 % saja.
  5. Untuk lebih efisien, gunakan kayu bakar. Yang penting pembakaran harus kontinu dan panasnya stabil. Pembakaran yang tidak kontinu menyebabkan proses penyulingan tidak sempurna dan dapat menurunkan mutu, serta rendemen minyak.

 

Burung Ocehan

Saya tertarik menangkarkan beberapa burung ocehan, antara lain; cucakrawa, poksay, poksay jambul, murai batu, jalak suren, dan jalak putih. Yang ingin saya tanyakan, dimana alamat  penangkar burung-burung  itu dan kisaran harga per pasang?

Sanusi
PO. Box 14 Lohbener
Indramayu, Jawa Barat

Penangkar burung ocehan Soejadi di Jl. Pendidikan 20C  babat—Lamongan. Banyak faktor yang mempengaruhi harga burung ocehan. Selain jenisnya juga volume, irama suara, dan karakter  kental. Harga bakalan tangkapan alam Rp200.000—Rp300.000/pasang. Bakalan hasil tangkaran Rp300.000—Rp400.000/pasang karena lebih mudah dilatih.

 

Sayuran Mediteran

Setelah saya membaca Trubus edisi September 2003/XXXIV saya sangat tertarik tulisan Migrasi Sayuran Mediteran ke Buyan. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Bagaimana kondisi agroklimat yang cocok untuk penanganan chives, frenc dragon, nasturtium, oregano, rosemary, dan sage?
  2. Dimana bisa mendapatkan benih sayuran-sayuran itu?
  3. Apakah tanaman itu bisa tumbuh di Jakarta dan sekitarnya?
Lesmana Purba
PT Agribisnis Developer
Indonesia
Pusat Niaga Roxy Mas C4/24
Jl. K.H.Hasyim Ashari No. 125
Jakarta Pusat
  1. Tanaman itu tumbuh di ketinggian di atas 1.000 m dpl dan kelembapan sekitar 90 %.
  2. Benih bisa ditanyakan ke PT Raw Nature di Jl. Sugriwa , Br. Sari Kauh, Pancasari, Buleleng, Bali 81162
  3. Tidak bisa tumbuh di Jakarta karena kelembapan kurang.

 

Buku

Berkenaan dengan informasi yang kami peroleh dari majalah Trubus edisi April 1996 mengenai resensi buku. The Photographic Encyclopedia of House Plants. A Step by Step Guide to Plant Care karangan D Squire terbitan Tiger Books International, London 1994, 224 hal. Kami tertarik untuk mendapatkan buku itu. Kiranya bagian redaksi dan perpustakaan dapat membantu menginformasikan alamat penjualnya.

Rina, Jakarta

Buku yang dimaksud ada di perpustakaan Trubus dan hanya bisa diphoto copy.

 

Eksportir Stevia

Apakah redaksi Trubus dapat membantu kami mencari informasi pembeli daun stevia kering (pemanis alami) untuk diekspor ke Jepang atau diekstrak di dalam negeri? Atas perhatian dan bantuan Trubus kami ucapkan terima kasih.

Benny Chalid
PT NUSA PATRA PERSADA
Jl. Tanjung Duren Utara 11/414
Jakarta Barat 114707

Trubus tidak mempunyai data khusus exportir stevia ke Jepang. Eksportir lain, Kevin (staf Intermediasi Perusahan Korea- Indonesia) Korea Trade Center, Jl. Gatot Subroto 57—58, Jakarta Pusat. ***

Previous articlePerang Sound System
Next articleOrganik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img