Monday, August 8, 2022

Teknik Putar Manggis 80% Aman

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Manggis dikenal sebagai tanaman dengan perakaran kurang baik. Satu akar tunggang dan sedikit akar samping. Ia juga tidak memiliki bulu-bulu akar. Akibatnya daerah perakaran peka terhadap gangguan. Karena alasan itulah, pemindahan tanaman manggis berisiko tinggi. Jarang sekali tanaman yang dipindahkan bertahan hidup. Umumnya langsung mati dalam hitungan hari setelah dipindahkan.

Risiko kematian itu semakin tinggi seiring bertambah besarnya tanaman. Kian besar tanaman, maka jumlah akar yang rusak akibat pembongkaran semakin tinggi. Meski demikian, Jackson, seorang importir manggis, nekat melawan anggapan umum. Ia sukses memindahkan tanaman berumur 7-10 tahun dengan tingkat keberhasilan 99%. (baca: Cara Aman Pindahkan sang Ratu, Trubus Mei 2005).

Balitbu Solok, kemudian mencoba dan mengamati langsung teknik putar ala Jackson. Sebanyak 22 tanaman manggis setinggi 2-3 m dipindahkan ke kebun percobaan pada penghujung 2004. Dua tahun setelah penanaman, ternyata 18 tanaman hidup dan tumbuh normal (lihat gambar 6 dan 7). Artinya, tingkat keberhasilan mencapai 80%. Sebelumnya-pada umur setahun-5 tanaman setara 25% mulai berproduksi. Musim berikutnya meningkat menjadi 8 tanaman atau setara 45%.

Cepat berbuah

Data itu menunjukkan, manggis dewasa dapat dipindahkan dan mampu bertahan hidup dengan tingkat keberhasilan tinggi. Di samping itu waktu produksi dapat dipercepat karena 1-2 tahun setelah pemindahan sudah mulai berbuah

.

Keuntungan lain, teknik itu menjadi alternatif untuk menjarangkan kebun manggis rakyat yang rapat karena tumbuh alami, membuka peluang kebun manggis baru yang cepat berproduksi, dan merangsang investor untuk mengebunkan manggis. Selama ini investor enggan mengebunkan manggis karena tanaman baru berproduksi di atas 5 tahun.

Pada prakteknya, pencabutan dan penanaman dilakukan dengan bantuan alat derek yang bisa menarik secara vertikal. Biar lebih aman, setelah dibungkus, tanaman tak langsung diangkut. Akar tunggang jangan dulu dipotong. Biarkan di tempat aslinya selama 2-4 minggu agar bisa beradaptasi tumbuh tanpa akar-akar samping. (M. Jawal Anwarudin Syah, Tutik Setiowati, dan Firdaus Usman, Peneliti di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Solok)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img