Wednesday, June 19, 2024

Teknologi Ozon dan Nanobubble untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pertanian

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Mekatronika Cerdas, Badan Riset dan Inovasi Nasional  (BRIN), Hilman Syaeful Alam mengembangkan riset Teknologi Ozon dan Nanobubble. Hilman menuturkan tujuan riset itu untuk mengurangi kontaminasi mikrob produk pertanian.

Teknologi itu juga untuk meningkatkan kualitas dan daya simpan produk serta menemukan metode ramah lingkungan. Artinya tidak meninggalkan residu kimia berbahaya. Ia dan tim melakukan beberapa metode.

Hilman memproduksi nanobubble dengan generator nanobubble tipe swirling flow nozzle. Sementara aplikasi ozon dalam berbentuk gas dengan plasma atau corona discharge daan pelarutnya melalui teknologi nanobubble.

Teknologi Ozon dan Nanobubble. (Dok. BRIN)

Mengutip pada laman BRIN, Hilman menjelaskan bahwa ia dan tim menguji efektivitas pengurangan mikroba, peningkatan kualitas, dan perpanjangan masa simpan produk pertanian. Parameter pengujian berupa fisikokimia, fisiologi, dan mikrobiologi.

Produksi nanobubble dicampur dengan ozon untuk menghasilkan larutan ozone nanobubble water (ONBW). “Kami melanjutkan dengan tahap perlakuan bahan pertanian dengan larutan ONBW, kemudian melakukan pengamatan dan pengukuran hasil,” katanya.

Analisis termasuk fisiologi, mikrobiologi, kimia, dan fisik pada produk telah diproses. Akhir tahapan berupa evaluasi dan analisis data untuk menguji efektivitas dan manfaat teknologi ONBW itu.

Ia berharap teknologi itu dapat diapdopsi secara luas seperti pada industri pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan kualitas produk. Selain itu untuk memberikan solusi yang lebih ramah lingkungan.

Harapan lain tentu meningkatkan kesejahteraan petani dan industri pertanian, melalui peningkatan nilai tambah produk.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img