Sunday, June 16, 2024

Telur Puyuh Rasa Buah-buahan

Rekomendasi
- Advertisement -

Negara Gajah Putih itu mengirim telur aneka rasa ke mancanegara. Citra telur yang amis diubah-ubah oleh Anek Sikhiaosod, pemilik Anek Farm menjadi rasa stroberi, nanas, dan bumbu semur.

Penampilan telur organik 4 rasa—nama mereknya—benar-benar bagus. Anek—demikian ia biasa disapa—mengemas dalam plastik hampa udara dan kaleng. Masing-masing rasa dengan warna kemasan berbeda. Misal, label cokelat berisi telur rasa cokelat atau semur; kuning, nanas; merah jambu, stroberi; putih, tawar atau asin. Ukuran kemasan bervariasi; 250 g dan 500 g.

Telur-telur puyuh itu kini diorder khusus oleh Departemen Kesehatan dan Departemen Pendidikan di sana untuk dijual di sekolah-sekolah dasar. Dikemasan kantong plastik, berisi 3 butir, produk itu dijajakan senilai 5 baht atau sekitar Rp1.000.

Anek cukup jeli melihat peluang ternak puyuh. Selain mengolah telur aneka rasa, ia juga menyediakan induk puyuh petelur dan pedaging. Permintaan tak hanya datang dari mitranya, tapi juga peternak lain di provinsi Angthong dan Khorat. Kedua daerah itu memang cocok untuk pengembangan puyuh.

Lantaran mengacu pada organik, wajar bila produk Anek sangat diminati konsumen mulai dari pakan hingga obatobatan organik. Pakan berlabel organik—hasil racikannya dijual 25,50 baht atau sekitar Rp5.100/kg. Kotorannya berharga 2,50 baht atau sekitar Rp500/kg.

Belum cukup

Telur beraneka rasa itu banyak dijumpai di pasar swalayan ternama di seluruh Thailand, seperti Pizza Hut, Sizzler, dan MK Suki. Sistem penjualan dengan franchise. Bahkan, telur aneka rasa itu pun mampu menembus Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Jepang, Cina, Vietnam, dan Australia. Anek Farm sudah mengirim 5 kontainer ukuran 40 feet ke Amerika Serikat dalam setahun belakangan ini.

Perusahaan yang berlokasi di Pangiw, Angthong itu mengolah 200.000 butir/ hari, bahkan pernah mencapai 10-juta butir/bulan. Saat ini produksinya dijual ke pasar lokal 80%, sisanya diekspor. Menurut Anek jumlah itu belum cukup untuk memenuhi permintaan.

Masih ada 5 pabrik industri lokal dan 6 perusahaan mitra lain yang meminta pasokan. “Pasokan dari peternak plasma binaan hanya mampu memenuhi 40% permintaan pasar,” tutur Anek. Banyaknya permintaan ekspor lantaran produknya memenuhi standar produk organik ISO dan GMP (Good Manufacture Practice).

Sederhana

Anek membuat telur puyuh aneka rasa melalui beberapa tahap. Telur puyuh yang datang dari farm dicuci hingga bersih, lalu direbus menggunakan panci antikarat berbentuk silinder ukuran 120 cm x 60 cm. Alat pemanas memakai kompor gas.

Begitu matang, telur ditiriskan ke tabung kawat berongga, dan digoyang ke kanan-kiri sambil diputar pada sumbu di poros naik-turun. Maksudnya agar telur cepat dingin dan kerabang retak-retak. Tabung ini dilengkapi pintu untuk pengambilan telur. Tahap selanjutnya cangkang dikupas ekstra hati-hati agar putih telur tidak tergores. Maklum, kerabang telur

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berniaga Bibit Buah Naga, Pekebun di Subang dapat Cuan Puluhan juta

Trubus.id—Dedi Sumardi selalu kebanjiran pesanan ribuan bibit buah naga. Total sekitar 2.480 batang bibit yang terjual dalam sebulan.  Ia...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img