Friday, December 2, 2022

Telur Tetap Aman

Rekomendasi

Telur memang acap dicoret dari daftar menu untuk diet. Penelitiannya selama 20 tahun menunjukkan, mengkonsumsi telur tidak otomatis meningkatkan kadar kolesterol darah.

Kolesterol merupakan senyawa organik yang dihasilkan oleh binatang. Daging, pangan laut, dan telur beberapa bahan pangan yang mengandung kolesterol. Menurut Wanda kolesterol darah—sering disebut kolesterol serum—sebetulnya diproduksi oleh antara lain usus, hati, kulit, dan korteks adrenal. Idealnya kandungan kolesterol 200 mg/desiliter. Kandungan yang terlampau tinggi menyebabkan arterosklerosis atau penyakit pembuluh darah.

Wanda merekomendasikan, pendiet silakan makan 1—2 butir per hari. Pilihlah telur segar, baru, dan bercangkang bagus. Sebelum diolah simpanlah telur di lemari berpendingin. Telur yang direbus jauh lebih baik daripada yang digoreng. Saat digoreng, telur mendapat tambahan lemak dari minyak.***

Pengusir Wasir

Tersiksa karena wasir? Pengalaman Husein di Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, mungkin dapat ditiru. Selama 5 tahun ia menderita ambeien alias wasir. Penyebabnya pembuluh darah balik di daerah anus melebar. Dengan berat hati pria 48 tahun itu menjauhi makanan favoritnya, sambal. Bila dilanggar, ganjarannya adalah pendarahan saat berhajat.

Dua kali operasi tak juga menuntaskan penderitaannya. Makanya ia menolak dioperasi untuk ketiga kalinya. Saran kerabatnya agar rutin mengkonsumsi singkong mentah dituruti. Kerabatnya pernah mengalami penyakit serupa dan sembuh setelah ajek makan umbi ketela pohon. Husein menguyah singkong mentah sepanjang 10 cm usai bangun tidur.

Hasilnya? Dua bulan setelah rutin menyantap umbi Manihot esculenta penderitaan akibat wasir hilang. Dokter Made yang memeriksa Husein heran atas kesembuhan itu. Kini—14 tahun kemudian—Husein merasa lebih nyaman menjalani kehidupan tanpa ambeien. Menurut Broto Sudibyo, herbalis di Yogyakarta, singkong yang mengandung tepung kanji membantu penyembuhan wasir. ***

StaminaPrima

Jangan biarkan letih dan lesu berkepanjangan akibat stamina anjlok. Yellia Mangan, herbalis di Kalibata, Jakarta Selatan, mengatasi masalah itu dengan menyeduh pegagan Centella asiatica kering. Sesendok atau 5 g herba menjalar itu ditambah 3 irisan jahe merah kemudian diseduh. Untuk menambah cita rasa berikan madu secukupnya dan aduk. Nikmatilah racikan itu pada pagi dan sore atau malam.

Hindari meminumnya menjelang tidur. Sebab, anggota famili Umbilliferae itu bersifat diuretik sehingga Anda mesti beberapa kali ke kamar mandi untuk berurine. Menurut Yellia, kandungan asiatikosida melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan saraf memori. Mungkin karena itulah di beberapa negara ia dipasarkan sebagai obat untuk meningkatkan daya ingat.

Bila rutin mengkonsumsinya tubuh pun menjadi bugar. “Kalau cuaca jelek, saya bersin-bersin dan pilek. Saya memang alergi. Sejak minum seduhan pegagan, keluhan itu tak lagi saya rasakan,” ujar alumnus sebuah perguruan tinggi bisnis di Swiss itu. Faedah gotu kola—sebutan di India—tak cuma itu. Selain membersihkan paru-paru, kandungan riboflavin dan niacin berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Pegagan terbukti menyembuhkan begitu banyak penyakit. ***

 

Previous articleBukan Arwana Biasa
Next articleVanili: Sekilo 3-Juta
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Mengatur Pola Pakan Tepat untuk Kuda

Trubus.id — Berbeda dengan sapi, kuda termasuk hewan herbivora yang hanya mempunyai satu lambung (monogastrik) sehingga kuda sangat membutuhkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img