Tuesday, November 29, 2022

Teranyar dari si Pembawa Rezeki

Rekomendasi

Tak peduli nama, asal bunganya cantik kolektor tanaman hias di Kebonjeruk, Jakarta Barat, itu langsung memboyongnya. Penampilan tanaman berduri itu memang memukau.

Dompolan bunga merah mencolok dengan strip hijau di tepi bak pipi yang merona. Bentuk mahkota bulat, berukuran kecil, dan saling menumpuk. Wajar jika keindahan bunga delapan dewa itu menyedot perhatian Alun. Di deretan lain mata Alun mengamati satu demi satu tanaman yang memamerkan bunga beraneka warna. “Susah milihnya, banyak yang baru,” ujarnya sambil tersenyum.

Sejak setahun silam nurseri-nurseri di tanah air memang giat mendatangkan euphorbia-euphorbia teranyar dari Thailand. “Jadi kalau mau membeli euphorbia tak perlu repot-repot terbang ke Thailand,” lanjut wanita kelahiran Pontianak 61 tahun lalu. Yang didatangkan pun tak sembarang jenis euphorbia. Beberapa di antaranya malah pernah menjadi jawara kontes. Charoen roeng sap, jawara kontes euphorbia 2003 di Suan Luang, Bangkok, Thailand, misalnya kini menjadi koleksi teranyar Chandra Gunawan. Untuk mendapatkan tanaman itu Chandra rela menunggu hingga 5 bulan.

Lokal pun cantik

Yang didatangkan Boen Soedijono, pemilik Bloomfield Nursery juga tak kalah cantik. Benjamin’s thorn misalnya, petal berwarna oranye dengan strip hijau cerah di tepi. Koleksi lain yang terlihat istimewa berbunga merah muda yang tahan hingga setahun tidak rontok.

Sementara koleksi terbaru Ukay Saputra euphorbia lokal hasil perbanyakan dari biji. “Euphorbia cantik tak selalu datang dari Thailand. Justru hobiis gandrung yang lokal karena sosoknya rimbun dan warna bunga unik,” tutur pemilik Anissa Nursery itu. Itu sebabnya ia lebih getol mengumpulkan euphorbia asal biji ketimbang tanaman asal Thailand.

Pun yang dikoleksi Syarif, hobiis tanaman hias di Jambi. Ia menyukaieuphorbia lokal asal biji, tapi yang menggunakan pohon induk dari Malaysia. Bunganya tak kalah cantik dengan warnawarna lembut. Inilah euphorbia-euphorbia teranyar yang dikoleksi para mania. (Bertha Hapsari/Peliput: Nyuwan Susila B & Prawita)

 

Previous articleBukan Arwana Biasa
Next articleVanili: Sekilo 3-Juta
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img