Monday, November 28, 2022

Terbaik di Ulang Tahun Raja

Rekomendasi
Sansevieria katana variegata koleksi SuphubKancharoen, meraih gelar grand champion. Variegata kuning mendominasi seluruh daun
Sansevieria katana variegata koleksi Suphub Kancharoen, meraih gelar grand champion.
Variegata kuning mendominasi seluruh daun

Dengan penampilan memikat sansevieria katana variegata pantas menjadi hadiah ulang tahun ke-85 Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Warna kuning mendominasi hampir seluruh daun lidah mertua koleksi Suphub Kancharoen itu. Kelima juri dari Suan Luang Rama 9 Foundation pun sepakat menobatkan lidah jin berumur 3 tahun itu sebagai grand champion pada kontes sansevieria di Suan Luang Rama IX Park, Bangkok, Thailand, 30 November 2012. “Komposisi daunnya harmonis,” kata salah seorang penyilang sansevieria di Pathumthani, Thailand, Pramote Rojruangsang.

Susunan daun menyerupai kipas. Ukuran dan panjang daun pada bagian kiri dan kanan kipas tampak seimbang. Warna kuning yang dominan di setiap helai daun membuat tanaman anggota famili Dracaenaceae itu tampil makin memikat.

Jasa stirofoam

Grand champion di kelas anthurium. Daun tebaldengan panjang sekitar 1 m dan lebar 50 cm
Grand champion di kelas anthurium. Daun tebal
dengan panjang sekitar 1 m dan lebar 50 cm

Penampilan prima itu berkat upaya Suphub Kancharoen merawat sansevieria kesayangan secara optimal. Kolektor di Samutprakarn, Thailand, itu rutin memberikan pupuk lambat urai dengan komposisi nitrogen, fosfor, dan kalium berimbang. Perempuan yang hobi mengoleksi sansevieria sejak 5 tahun silam itu juga rutin menyemprotkan insektisida setiap bulan. Dosis pupuk dan insektisida sesuai dengan petunjuk yang tertulis pada kemasan.

Suphub meletakkan sansevieria di bawah naungan plastik ultraviolet. “Tujuannya untuk mencegah sansevieria terkena air hujan langsung yang dapat merusak keindahan daun,” katanya. Agar daun sansevieria tumbuh rapi dan seimbang seperti kipas, Suphub menjepit daun lidah jin dengan dua bilah kayu.

Agar jepitan batang kayu tidak merusak daun, ia menyelipkan stirofoam di antara kayu dan daun. Menurut Suphub cara itu berguna untuk mengarahkan pertumbuhan daun dan menjaga agar jarak antardaun tetap sama. “Bila tidak diatur, pertumbuhan daun bisa berantakan karena lazimnya arah pertumbuhan daun sansevieria tak beraturan,” katanya. Jerih payah itu berbuah manis. Takhta grand champion akhirnya jatuh dalam genggaman.

Anthurium merah

Juara grand champion adenium, sosoktanaman kompak
Juara grand champion adenium, sosok
tanaman kompak

Pada perhelatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej ke-85 itu juga digelar kontes anthurium, dracaena, aglaonema, adenium, caladium, euphorbia, dan bonsai. Yang menarik, pada kontes anthurium terdapat satu kelas khusus hibrida variegata. Di kelas itu tampil beragam anthurium hibrida variegata dengan corak daun berwarna kemerahan.

Saat ini para penyilang anthurium di Thailand memang tengah gencar menghasilkan anthurium berdaun merah. “Kini semakin banyak penyilang yang menghasilkan hibrida anthurium berdaun merah. Makanya dibuka kelas khusus,” ujar Jiew-sapaan Pramote Rojruangsang-yang pertama kali menghasilkan hibrida anthurium berdaun pelangi: merah, kuning, dan hijau, pada 2007.

Selain kontes tanaman hias, ajang yang digelar di taman yang dibangun saat raja berulang tahun ke-60 itu juga dimeriahkan pameran tanaman hias. Sekitar 300 stan dari berbagai nurseri di Thailand memamerkan produk unggulannya pada pameran yang berlangsung sejak 1-10 Desember 2012 itu. Stan-stan itu ditata secara sederhana membentuk lingkaran sehingga memudahkan pengunjung mengunjunginya. Pada setiap koridor stan diberi naungan atap jaring peneduh sehingga pengunjung nyaman dan tak kepanasan saat berkeliling mengunjungi stan. Gelaran kontes dan pameran tanaman hias itu membuat hari ulang tahun raja yang jatuh pada 5 Desember semakin meriah. (Rosy Nur Apriyanti)

Keterangan Foto :

  1. Sansevieria katana variegata koleksi Suphub Kancharoen, meraih gelar grand champion. Variegata kuning mendominasi seluruh daun
  2. Aglaonema line nam thong milik Anex raih gelar terbaik di kelas merah majemuk
  3. Dracaena milik Pairoj Tianchai di Bangkok meraih gelar terbaik. Tipe varigata kuning di tepi daun membuat penampilan dracaena kian menarik
  4. Anthurium koleksi Sonchai raih juara pertama di kelas hibrida variegata. Corak variegata merah hadir di setiap helai daun
  5. Grand champion di kelas anthurium. Daun tebal dengan panjang sekitar 1 m dan lebar 50 cm
  6. Juara grand champion adenium, sosok tanaman kompak
  7. Best in show euphorbia, bunga mekar sempurna
  8. Bonsai podocarpus milik Montri meraih gelar terbaik. Sosok tanaman prima dengan perakaran menjari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img