Wednesday, September 28, 2022

Tergoda Pesona Ikan Pedang

Rekomendasi
Hamburg hifin swordtail.

TRUBUS — Beragam varian ikan pedang kini menjadi incaran pehobi. Tantangannya memerlukan perawatan intensif agar si ekor pedang sentosa.

Pehobi ikan hias di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten, Ahmad Siregar, terpincut ikan pedang Xiphophorus hellerii. Disebut ikan pedang lantaran panjang ekor melebihi tubuh sehingga menyerupai pedang. Xiphophorus berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu xiphos atau kopis berarti pedang. Menurut Ahmad ikan pedang beragam jenis seperti X. variatus dan X. maculatus. Setiap jenis memiliki keunikan tersendiri.

Sirip dan ekor X. variatus menyerupai bendera berkibar. Ada juga X. variatus bersirip merah yang disebut sunset. Adapun ikan plati X. maculatus yang panjang tubuhnya 1—4,2 cm mirip ikan moli. Bedanya ekor dan sirip platy lebih pendek dibandingkan dengan moli yang berekor lebih panjang dan meruncing. Kini beberapa varian baru ikan pedang hasil persilangan seperti plati kohaku dan mickey mouse memeriahkan dunia ikan hias di tanah air.

Permintaan tinggi

Red platy hifin mickey mouse lyretail.

Warna plati kohaku menyerupai ikan koi kohaku yang dominan berwarna perak dan merah. Pola warna kohaku berasal dari persilangan hibrida dengan model hifin berciri mata merah. Adapun mickey mouse berbentuk tubuh cenderung pipih dengan kepala meruncing. Ikan itu juga berbintik hitam pada bagian ekor menyerupai telinga tokoh animasi mickey mouse. Corak ikan mirip tokoh animasi asal Amerika Serikat itu memiliki genetik wild platy yang dikawinsilangkan untuk menemukan warna dan model terbaru.

Ahmad menangkarkan ikan pedang pada 30 kolam berukuran 2 m x 1 m setinggi 40 cm di lahan seluas 50 m2. Populasi ideal 100 ekor per kolam sehingga ikan pedang beraktivitas dengan baik dan kandungan oksigen dalam kolam tercukupi. Menurut penangkar ikan hias di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Akhmad Taufiq Sholeh, jenis Xiphophorus tergolong sulit beradaptasi dibandingkan dengan jenis livebearer atau ikan yang bereproduksi bertelur melahirkan (ovovivipar) lainnya seperti gupi dan moli.

Tingkat mortalitas ikan tinggi jika terjadi perubahan suhu ekstrem. Penangkar mesti menjaga suhu air 23—29oC untuk meminimalkan kematian ikan. Artinya perlu perawatan intensif untuk menangkarkan si ekor pedang. Oleh sebab itu, harganya relatif mahal. Taufik menjual sepasang ikan pedang Rp500.000—Rp750.000 per pasang. “Peminat ikan pedang sebetulnya tinggi,” ujar pengelola Swasti Farm itu.

Blood red cauliflower.

Permintaan tertinggi terutama jenis X. variatus. Menurut pehobi di Desa Pakemitan Kidul, Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Anwar Misbahuddin, kendala lain menangkarkan ikan pedang adanya hama berupa kutu jarum pada akuarium karena endapan sisa pelet. Hama itu menyerang ikan dengan cara menempel pada tubuh ikan hias. Gejala serangan ikan cenderung menggesekkan bagian tubuh ke dinding dan dasar kolam atau akuarium

Pencegahan dengan rutin membersihkan sisa pakan dalam kolam. Meski memerlukan perawatan intensif, peminat ikan pedang hingga mancanegara. Ahmad kerap mendapatkan pesanan dari negeri jiran seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Permintaan ikan pedang juga datang dari negara-negara di Eropa seperti Inggris, Jerman, dan Italia.

Ikan introduksi

Harga sepasang ikan anggota famili Poeciidae itu mencapai jutaan rupiah untuk pasar mancanegara. Peneliti dari tim riset Swarna Jawa Bali (SJB), I Nyoman Dwipa Yoga Parawangsa, S.Pi., M.Si., mengatakan, ikan ekor pedang Xiphophorus hellerii merupakan ikan asal Amerika Tengah.

Ruby nose variatus.

Penyebarannya terutama di Meksiko, Guatemala, dan Honduras. Reproduksi X. hellerii tergolong cepat karena ikan dewasa mencapai ukuran 32—64 mm pada umur 10—12 pekan dan berbobot 0,58—8,72 gram per ekor. Karakteristik morfologi pada tubuh jantan memiliki sirip ekor menyerupai kipas dan adanya sirip bawah (gonopodium) sebagai pembeda dengan tubuh betina. Ikan betina mengerami anakannya selama 24—30 hari. (Nadya Muliandari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img