Thursday, July 25, 2024

Manfaatkan Lahan Kosong di Bawah Rak, Tanam Aglaonema Langsung di Tanah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tanam aglaonema tidak hanya di pot. Untuk memanfaatkan lahan kosong seperti di bawah rak Anda dapat menanam langsung di tanah. Petani di Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Gunawan Setyono misalnya. Ia menggunakan bibit setek asal cacahan tunggul.

Gunawan menggali lubang tanam sekitar 10—15 cm. Lalu ia mengisinya dengan media tanam, meletakkan setek, dan menambahkan kembali media tanam. Ia meracik media tanam dari campuran sekam mentah dan daun bambu.

Menurut Gunawan lebih baik lagi bila media tanam dicampur dengan lempung atau clay. Selain tanah humus tanah lempung juga memiliki kapasitas tukar kation tinggi. Namun porsinya tidak perlu banyak yakni maksimal 20%. Keunggulan lain, lempung dapat menahan air dan membuat akar lebih kokoh.

Gunawan menuturkan, “Rak sudah penuh dengan pot. Bahkan di sela-sela rak sudah penuh juga. Maka saya manfaatkan ruang kosong di bawah rak dengan menanam langsung di tanah di bawah rak-rak berisi pot.”

Sejatinya cara Gunawan itu semata untuk kepraktisan. Setelah muncul 2—3 daun, ia memindahkan ke dalam pot. Untuk menumbuhkan tiga daun, ia perlu waktu sekitar empat bulan. Itu lebih lama sebulan daripada menumbuhkan pada pot.

Tanaman di bawah rak memeroleh sinar matahari lebih sedikit lantaran ternaungi. Batangnya pun cenderung langsung memanjang karena mengalami etiolasi.  Pertumbuhan kembali normal setelah berpindah ke pot dan memperoleh sinar matahari yang cukup.

Sejatinya media apa pun bisa digunakan. Penanaman aglaonema di tanah, akar berpotensi menjadi lebih bebas berkembang ke bawah dan samping. Namun, itu tidak selalu berarti pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img