Wednesday, September 28, 2022

Tiga Jenis Alocasia yang Memesona

Rekomendasi

Trubus.id — Alocasia mempunyai penampilan yang sungguh memesona. Ia memiliki bentuk daun, warna, dan motif daun yang sangat elok. Berikut ini tiga jenis alocasia istimewa yang sempat menggemparkan dunia tanaman hias.

Alocasia jacklyn

Alocasia jacklyn mempunyai bentuk daun menjari seolah mirip tanduk rusa sehingga pehobi kerap menyebutnya alocasia tanduk rusa. Tulang daun tebal berwarna hijau gelap. Kontras dengan warna dasar daun yang hijau muda. Tulang daun dipenuhi oleh anak-anak tulang daun berbentuk garis yang sangat rapat sehingga daun tampak kekar.

Namun, sosoknya yang maskulin dilembutkan oleh kehadiran bulu-bulu halus di permukaan daun. Keindahan daun alocasia indah itu lebih sempurna oleh lis tebal di pinggir daun. Tangkai belang-belang ungu sepanjang 50–100 cm menopang daun cantik itu.

Karena keelokannya itu, pantas saja tanaman asal Gorontalo dan Kabupaten Minahasa (Sulawesi Utara) itu pun didapuk sebagai alocasia terindah di dunia.

Permintaan Alocasia jacklyn sangat tinggi, mulai dari Thailand, Singapura, Vietnam, Jepang, Australia, Kanada, hingga Jerman. Padahal, harga jacklyn sangat tinggi. Satu anakan kecil berdaun 2 lembar dijual Rp2,5 juta pada awal kemunculannya. Meskipun berharga cukup tinggi, tetap tidak mengurangi minat penggemar untuk memiliki tanaman itu.

Alocasia prince of curup (POC)

Alocasia prince of curup (POC) tumbuh di Kecamatan Curup, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu. Sejatinya, POC lebih dahulu ditemukan daripada jacklyn. Namun, kehadirannya baru terdongkrak dan banyak dicari pada medio 2021.

Keistimewaan Alocasia POC terletak pada daunnya yang indah. Ia memiliki daun paling tebal tetapi lentur di antara jenis alocasia lainnya. Mirip sabuk pinggang kulit, tebal tapi bisa digulung.

Daun permukaan atas berwarna hijau gelap berbentuk jantung dihiasi tulang tebal berwarna silver. Urat-urat daun sebagian nyata, sebagian hanya samar, bergantung pada tipenya. Sementara itu, daun permukaan bawah berwarna ungu gelap kemerahan dihiasi urat-urat daun yang polanya bervariasi bergantung pada jenisnya.

Alocasia POC memiliki beragam varian, di antaranya original, yellow bone alias tulang kuning, mosaic, silver, dan rudus. Tinggi POC berkisar 50–70 cm dengan panjang daun 30–40 cm.

Alocasia azlanii

Penampilan Alocasia azlanii sangat eksklusif. Azlanii berasal dari Brunei dan Malaysia. Keistimewaan Alocasia azlanii terletak pada warna daun yang hitam kemerahan dan mengilap sehingga mirip plastik. Adapun permukaan bawah daun cokelat keunguan. Tulang daun berwarna ungu gelap, tebal dan kuat sehingga membuat daun terlihat kekar dan “berotot”.

Urat daun berwarna keunguan kerap menghiasi daun yang berbentuk bulat oval dengan ujung bawah runcing. Tinggi Alocasia azlanii hanya 30–40 cm dengan panjang daun 15–20 cm.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img