Friday, December 2, 2022

Trah Kecil Pakan Tepat, si Kecil Sehat

Rekomendasi

Nafsu makan Digo sebenarnya bagus. Ia mau makan semua dogfood yang disajikan. Hobiis di Surabaya itu berpikir tak ada masalah dengan anjing kecilnya. “Kejadian itu di luar dugaan. Karena, sanitasi rumah sudah dijaga,” ucap warga di Jl. Kemuning, Surabaya, itu.

Kasus alergi sering terjadi. Soalnya, kebanyakan anjing trah kecil di tanahair memiliki reputasi kurang baik di bulu dan kulit. Alergi muncul sebagai reaksi dari bahan makanan, termasuk dogfood. Kulit anjing terganggu dan rentan alergen—pemicu alergi, seperti daging ayam. Begitu kulit terganggu, maka sulit sekali untuk mengobatinya.

Seimbang

Dogfood ibarat pakan siap saji yang paling mudah dan praktis diberikan. Ia produk hasil proses dan olahan dari berbagai macam bahan. Saat ini puluhan merek dogfood dijual di pet shop. Bentuknya beragam, mulai dry dogfood—pakan kering atau wet dogfood—pakan basah di kaleng (canned dogfood). Itulah sebabnya banyak konsumen bingung memilih dogfood yang tepat untuk anjingnya.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan saat membeli dogfood. Baca tabel komposisi yang tertera pada pembungkus. Sebagai pegangan, komponen yang tertulis paling atas merupakan bahan utama dengan komposisi terbesar. Pilih pakan anjing dengan komponen pertama daging ayam, lalu unggas, domba, sapi, atau yang lain. “Hindari bahan chicken bila anjing sensitif, coba ganti beef atau lamb,” kata drh Th Anna Ekawati, di Semarang, Jawa Tengah.

Keseimbangan nutrisi perlu diperhatikan pemilik, seperti protein dan lemak. Idealnya, anjing kecil butuh protein dalam jumlah sedang, 20—30%. Kekurangan protein mengakibatkan pertumbuhan kurang baik, seperti kurus, bulu kasar, kusam, dan peka terhadap penyakit. Formulasi lain harus stabil; serat minimal 4%; abu 4%, dan moisture content 10%. Terlalu tinggi menyebabkan anjing buang air besar (BAB).

Kasus BAB juga sering terjadi. Tak hanya salah pilih pakan, kasus serupa muncul karena seringnya mengganti merek dogfood. Itu dialami Martin Riady, hobiis di Tangerang 2 bulan silam. Gara-gara formulasi tidak tepat, Tess—nama—basenji terus-menerus buang air besar.

Alami

Pakan tak sekadar untuk tumbuh, juga berfaedah menjaga kestabilan metabolisme tubuh. Bahkan, pemberian dogfood yang salah berdampak pada destabilisasi hormon. “Pada anjing betina, kadang lups—menstruasi—terganggu. Bila tidak segera ditangani akan sulit memperoleh keturunan,” ujar Martin.

Hindari pakan berpengawet kimia, seperti ethoxyquin, BHA atau BHT. Bila zat itu terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan kanker. Kini, telah beredar dogfood holistic yang mengklaim bebas pengawet, seperti Evolve, Purina, Natural Life, Eagle Pack, dan Solid Gold. “Memang agak mahal, tapi lebih aman,” katanya.

Yang penting perhatikan tanggal kedaluwarsa di label. Semakin baru, semakin kecil risiko kerusakan. “Pakan bermasa pakai pendek pertanda nonbahan pengawet, sehingga aman buat si kecil,” ucap Martin. Kesegaran pakan terjaga dengan menempatkan di lokasi tidak lembap, sirkulasi bagus, dan suhu 24o—27oC. Bila bungkus dibuka, segera tutup kembali dengan cara melipatnya.

Beda-beda

Yang menjadi masalah adalah kondisi anjing berbeda, ada yang aktif atau “diam” sehingga kebutuhannya tidak sama. Martin menyetok 2—3 merek untuk beberapa jenis anjing di rumahnya. Maklum, ia memiliki puluhan ekor, seperti westi, dachshund, chihuahua, basenji, dan boston terrier.

Porsi pakan buat si kecil perlu diatur agar tumbuh prima. Idealnya, anjing kecil butuh 4—5 kali makan dalam sehari dengan porsi kecil, 50 g. Stefanus Ariyanto di Semarang, Jawa Tengah memberi pakan sebanyak 2—3 sendok pada mini pinscher, frekuensi 2 kali/ hari. Lain halnya Suryawati Santoso, hobiis di Temanggung, Jawa Tengah, menghabiskan 7,5 kg per 1,5 bulan untuk 6 chihuahua. (Nyuwan SB)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img