Saturday, April 13, 2024

Trik Jitu Budidaya Jambu Madu Deli Hijau Kian Bermutu

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Jambu madu deli hijau berbuah perdana pada umur setahun. Kualitas buah relatif ajek hingga pembuahan ke-4. Setelah pembuahan ke-5, kualitas buah mulai turun. Citarasa tak semanis pada pembuahan pertama.

Namun, dengan budidaya tepat, pekebun mampu mempertahankan kualitas jambu deli hijau. Inilah rahasia memperoleh jambu bermutu tinggi.

Budidaya Jambu Deli Hijau

Persiapan Tanam

  1. Pilih bibit cangkokan dari pohon induk yang berumur minimal 18 bulan. Kelak pohon akan berbuah terusmenerus. Demikian pula dengan kualitas buah, rasa manis, bentuk, dan rasa stabil.
  2. Gunakan pot berupa ember besar yang kuat agar tahan sampai 10 tahun. Tambahkan 16 lubang di samping dan 5 lubang seukuran jempol di dasar pot agar air mudah terbuang.
  3. Isi wadah dengan media campuran tanah humus 3 bagian dan 1 bagian humus batang kelapa sawit. Nutrisi itu mampu menahan air hingga 6—8 jam.
  4. Tanam bibit berumur 6—8 bulan di pot. Gali media tanam agar tersedia lubang, lalu masukkan bibit. Tutup bola akar dengan media hingga 5 cm dari bibir pot agar pupuk tidak hilang saat penyiraman.
  5. Beri alas plastik di bawah pot agar pohon tidak terlalu cepat tumbuh. Setelah batang membesar atau sekitar 1 tahun, segera buka alas sehingga akar bisa tembus tanah. Dengan akar menembus tanah, pohon tidak mudah tumbang.***

Bunga dan Buah

  1. Buang bunga yang mengarah ke bawah dan terletak di ujung cabang. Lakukan seleksi buah beberapa kali hingga akhirnya dalam 1 dompol hanya tersisa 2— 4 buah.
  2. Tanaman sehat akan berbuah terus-menerus. Anda dapat menjadi 6 fase tumbuh. Ada bunga baru, bunga siap jadi buah, buah lebih besar, ukuran bunga pentil, ukuran kelereng, dan tahapan ke-6, siap panen. Tanda buah siap panen, yaitu bulu di dasar buah sudah hitam. Rasanya manis 12—14obriks. Tingkat kemanisan pada musim hujan hanya 8obriks. Buah dipanen, pada 42 hari setelah ukuran pentil kecil. Bobot 0,8 g per buah atau 12 buah per kg.
  3. Pengemasan buah untuk pengiriman ke luar daerah. Bungkus satu per satu dengan kertas koran hingga 3 lapis. Setelah itu, buah dimasukkan dalam kotak stirofoam dan ditutup rapat.
  4. Buah siap dikirim ke luar kota. Konsumen menikmati citarasa buah jambu madu deli hijau.***

Perawatan

  1. Lakukan penyiraman setiap pukul 09.00—10.00 dan pukul 15.00—16.00. Pada awalnya siramkan 5 liter per hari. Setelah 4 bulan tingkatkan menjadi 10 liter per hari.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, berikan pupuk NPK 16:16:16 dengan dosis setengah sendok kecil. Ulangi sepekan kemudian. Pekan berikutnya berikan pupuk majemuk Cantik yang mengandung nitrogen 27% dan kalsium 12%. Pada pekan ke-4 dan ke-5, berikan kembali NPK 16:16:16. Pada pekan ke-6, gunakan lagi pupuk Cantik. Demikian seterusnya. Setelah berumur 4 bulan, komposisi pupuk dibalik. Pupuk Cantik 2 pekan dan pupuk NPK 16:16:16 1 pekan. Demikian seterusnya.
  3. Anda juga memberikan pupuk Microcytan yang kaya unsur mikro sebulan sekali. Fungsinya untuk pembesar buah dan pemanis buah. Microcytan mengandung 6 unsur makro, dan 7 unsur mikro. Berikan pupuk organik Raturampa. Bahan ini dari hewan, ikan, digiling jadi tepung (tepung ikan). Berikan ke tanaman sebulan sekali. Pemberiannya setiap bulan terutama setelah panen. Fungsi Raturampa, untuk pemanis buah dan agar warna tetap hijau.
  4. Penyakit relatif jarang menyerang jambu. Namun, hama berupa ulat, kutu putih, dan belalang kerap menyerang.
  5. Untuk mengatasi, menyemprotkan: Acridan, Decis, Joker, dan Lannate. Untuk mengatasi lalat buah, dilakukan pembungkusan saat rambut buah habis, atau sekitar 14 hari setelah penyerbukan.
  6. Bila pertumbuhan tanaman meninggi dan agak liar, pangkas cabang 3 kali setahun. Tujuannya agar tajuk tetap rapi, batang dan cabang kokoh.
  7. Bila akar terlalu banyak di pot sehingga air lambat turun saat penyiraman, itulah tanda akar penuh. Buang sebagian akar lalu tambah tanah baru. Frekuensi tergantung ukuran pohon.***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img