Sunday, November 27, 2022

Trubus Catshow with Friskies 2007 : Juara Itu Berpostur Mike Tyson

Rekomendasi

Tak hanya kekar, Exotic memiliki keunggulan lain dibandingkan Ciko dan BJ Nakula, rival terberatnya. Kepala dan mukanya bulat. Bola matanya terbuka penuh seperti lingkaran. ‘Keseluruhan tubuhnya proporsional seperti kotak memanjang,’ ujar Zulkifli.

BJ Nakula dan Ciko, juga sebetulnya berpostur sempurna. Bentuk tubuh mereka mengotak dengan panjang dan lebar proporsional. Warna bulu pun cerah dan mengembang maksimal. Namun, BJ Nakula terpuruk karena telinganya agak tinggi. Mata yang tidak membuka sempurna membuat Ciko turut terpental dari persaingan.

Kualitas setara

Langkah Exotic Style Mike Tyson menjadi terbaik dimulai setelah terpilih menjadi juara exotic male. Di kelas itu ia menekuk 2 pesaing berat: Exotic Style Sweet Bear of Ganswed milik Mohammad Suwed dan Kramkattens Quismaster milik Lukman. Mereka tidak merespon ketika juri mengajak bermain dengan potongan kertas. ‘Lazy cat (kucing yang malas red),’ ujar Zulkifli. Di babak best in show jalan Exotic kian tak terbendung. Ia berhasil mengalahkan 7 juara lain kelas persia, colorpoint, semilonghair, dan short hair.

Di kategori pedigree bred in Indonesia, kelas persian male menyuguhkan pertarungan seru. ‘Kualitas kucing nyaris sama,’ kata Zulkifli. BJ Nakula berhasil menjadi kampiun setelah menyingkirkan 9 pesaingnya. Bermodal temperamen tenang, hidung pesek, dan tubuh pendek, Nakula mengempaskan pesaing utama, Hugo Boss, peraih runner up best in show kontes Trubus Cat Show Valentine Day 2007 di WTC Manggadua, Jakarta Barat, pada 18 Maret 2007.

Ganswed Whiteshadow Wonderfuleye berhasil menumbangkan Ganswed Michelin di kelas female. Dengan warna mata berbeda penampilan Wonderfuleye memikat juri. ‘Mata kanan cokelat dan sebelah kiri biru, itu sangat cantik,’ ujar juri asal Singapura itu. Selain itu hasil grooming yang sempurna menjadi nilai tambah di mata juri. Kekurangan Michelin terletak pada grooming yang kurang sempurna. ‘Ia kurang dipersiapkan mengikuti kontes,’ kata Zulkifli yang juga berprofesi sebagai fotografer itu.

Kontes yang diadakan pada 6 Mei 2007 di ruang serbaguna Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, itu meriah. Sekitar 71 kontestan dari berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Tegal, dan Yogyakarta meramaikan arena kontes.

Selain kontes juga digelar acara fashion show. Walaupun hanya diikuti 4 perserta, tapi penampilan para kontestan itu menyedot perhatian pengunjung. Endut milik Ratna akhirnya meraih juara pertama dengan busana bertema buser. Endut terlihat gagah dengan baju loreng bak militer. Lain lagi gaya Noci, klangenan lain Ratna itu tampil dengan tema paramedis. Namun, Noci terlihat kurang nyaman dengan kostumnya sehingga kalah.

Kontes ICA

Dua minggu sebelumnya, pada 21-22 April 2007, ICA juga menyelenggarakan ajang serupa bertajuk 7th FiFe-ICA International Cat Show 2007 di Bandung. Tampil sebagai kampiun, Aikland’s Nikita of Mitacats milik Ermita Hadi asal Bandung. Kesuksesan itu tak lepas dari penampilan prima Nikita. Bulunya panjang, lebat, dan putih. ‘Kepalanya bulat dengan ukuran mata proporsional dengan kepala,’ ujar Dorte Kaae, juri asal Denmark.

Lomba yang diselenggarakan di Indonesia International Trade Center (IITC) Kopo, Bandung, itu diikuti lebih dari 100 peserta dari Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Meski jurinya hanya seorang, penilaian berlangsung adil. Maklum, juri yang menilai sudah 12 tahun berkecimpung di FiFe Show Comission. (Lani Marliani/ Peliput: Andretha Helmina)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img