Saturday, June 22, 2024

Ungkap Rahasia Pehobi  Hasilkan Kuping Gajah Hibrida Unggul, Harga Fantastis

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Nilai jual kuping gajah hibrida fantastis. Noldy Topan Mahieu berhasil menjual Anthurium clarinervium king yang memiliki 5 daun seharga Rp 88,4 juta pada medio 2023. Saat itu Noldy berkunjung dan memperkenalkan kuping gajah hibrida miliknya di pameran tanaman hias di Thailand.

Noldy menuturkan  ternyata permintaan A. clarinervium king tidak hanya sekali itu. Permintaan kuping gajah dari Negeri Gajah Putih semakin meningkat sejak pembelian pertama itu. Sayang, Noldy belum mampu memenuhi semua permintaan itu. Musababnya jumlah tanaman dewasa terbatas.

Ia harus memperbanyak terlebih dahulu untuk memenuhi permintaan. Perbanyakan dengan cara setek daun dan semai biji. Untuk menghasilkan kuping gajah hibrida lain, ia juga menyilangkan antartanaman.

“Persilangan antartanaman anthurium yang berbeda menghasilkan tanaman baru dengan karakter berbeda,” ujar pebisnis tanaman hias di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, itu.

Ia menuturkan sejatinya konsep persilangan merupakan pertemuan antara serbuk sari dengan kepala putik yang siap dibuahi. Noldy menyilangkan kedua tanaman menggunakan tangan secara langsung karena lebih praktis. Sebenarnya ia bisa menggunakan kuas.

“Saya dapat melihat dan merasakan serbuk sari yang menempel pada tangan,” ujar Noldy. Selanjutnya ia mengoleskan serbuk yang menempel pada tangan ke kepala putik yang siap dibuahi.

Ciri kepala putik yang siap dibuahi mengeluarkan cairan berupa lendir alias nektar. Setiap kepala putik yang berhasil dibuahi tidak mengeluarkan nektar lagi. Apabila hari berikutnya kepala putik masih mengeluarkan nektar, berarti persilangan gagal.

Noldy mengusapkan lagi serbuk sari lagi ke kepala putik itu. Menurut Noldy anthurium yang banyak diburu saat ini jenis variegata, daun gelap, serta kombinasi variegata dan daun gelap.

Untuk menghasilkan tanaman berdaun gelap ia menggunakan induk betina berdaun gelap seperti Anthurium papillilaminum. Tingkat keberhasilan cara itu sebanyak 30%.

Begitu juga cara untuk memperoleh tanaman variegata. Ia memanfaatkan induk betina dari tanaman variegata. Namun tingkat keberhasilan belum bisa ditentukan. Biasanya satu semaian yang terdiri dari 40—45 biji tanaman variegata paling banyak hanya 6.

Bahkan pernah tidak muncul sama sekali. Waktu panen tanaman variegata juga lebih lama mencapai 9 bulan dari waktu semai. Bandingkan dengan jenis anthurium daun gelap nonvariegata. Waktu panen hanya 3 bulan dari waktu semai.

Noldy menggunakan media tanam berupa 30% kompos, 35% pumice, dan 35% perlite. Ia meletakkan indukan dalam rumah tanam berukuran 8 m x 12 m. Atap terbuat dari plastik ultraviolet yang dilapisi jaring peneduh. Upaya itu untuk mempertahankan suhu 29°C.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img