Wednesday, August 10, 2022

US$1-juta Melayang

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Spora cendawan penyebab busuk akar itu terbawa air sungai. Akibatnya, daun-daun kantong semar menguning. Rob mencoba mengatasi dengan menyemprot beragam fungisida. Itu sedikit menolong. Tapi begitu aplikasi dihentikan, serangan muncul lagi, keluh kelahiran Ghana 12 Oktober 1958 itu. Setelah 3 minggu berjuang akhirnya Rob menyerah. Seluruh tanaman-termasuk nurseri-dibakar. Total kerugian: US$1-juta, nyaris Rp10-miliar (nilai tukar rupiah terhadap dolar pada 2000 US$1 = Rp9.643, red)!

Bangkit

Bukan sekadar nominal yang Rob sesali. Yang lebih menyesakkan, ketuyut yang melayang adalah koleksi yang dikumpulkan sedikit demi sedikit waktu masih tinggal di Hong Kong. Rob menumbuhkannya dari biji-biji yang dikumpulkan dari hutan waktu eksplorasi langsung atau oleh-oleh teman. Pun tanaman hasil kultur jaringan. Total jenderal ada 20 jenis nepenthes. Kedua puluh jenis itu pula yang ia bawa waktu hijrah ke Sri Lanka pada 1997. Bermodal nepenthes koleksi, mantan inspektur polisi itu membangun Borneo Exotics.

Beruntung dewi fortuna masih menaungi. Saat bencana datang, pehobi lari dan menyelam itu memiliki planlet-planlet nepenthes dalam laboratorium kultur jaringan. Hampir semua dalam kondisi steril, kata Rob bersukacita. Dengan tanaman tersisa pria yang selama kuliah mendalami bidang elektronik itu bangkit lagi.

Nurseri kembali dibangun. Kegiatan pemisahan planlet gencar dilakukan. Kerja keras itu ternyata berbuah manis. Rob hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk mengisi kembali nurseri dengan anakan. Pada tahun kedua, Borneo Exotics sudah mulai memasarkan entuyut. Kini di nurseri di Thalawathugoda dan Nuwara Eliya ribuan pot nepenthes menghampar. Siap dipasarkan pada konsumen di Jepang, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, dan Eropa-juga Indonesia. (Evy Syariefa/Peliput: Rosy Nur Apriyanti)

 

Previous articleContent Layouts
Next articleCara Agus Jarangkan Jati
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img