Tuesday, August 9, 2022

Virgin Coconut Oil dan Serangan Jantung

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Saran dokter untuk memasang selang khusus dalam dada ditolaknya. Namun, ia tidak putus asa. Berbagai metode pengobatan alami dicoba. Sayangnya, kesembuhan tak kunjung datang. Malah, kondisinya terus memburuk. Beruntung seorang rekan menyarankan untuk mengkonsumsi minyak kelapa. Dengan 4 sendok makan minyak kelapa murni sehari, fungsi jantung kembali normal dalam 3 bulan.

Di salah satu rumah sakit terkenal di Jakarta, keampuhan minyak kelapa murni juga sedang diuji.Sebanyak 15 penderita penyakit jantungkoroner diminumkan minyak perawan itu.“Setelah 1 bulan mengkonsumsi, para pasien memperlihatkan perkembangan positif,” papar Dr AH Bambang Setiaji MSc tentang studi yang sedang dilakukan seorang rekannya.

Menurut pengajar di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam (FMIPA) UGM itu,penelitian masih berlangsung. Namun, berbagai studi di luar negeri membuktikan, minyak kelapa murni efektif mengatasi berbagai masalah penyakit jantung dan pembuluh darah. Di luar negeri ia sudah lama dianggap sahabat jantung.

“Ia mengandung 93% asam lemak jenuh. Tapi 47—53% adalah asam laurat—minyak jenuh berantai sedang,”tuturnya. Di dalam tubuh asam lemak rantai sedang alias medium-chain fatty acid (MCFA) mencegah terjadinya pengerasandan penyempitan pembuluh darah.

Karena kolesterol

Pembuluh darah menyempit lantaran endapan lemak di dinding pembuluh. Pengendapan itu sebenarnya berawal dari kerusakan atau luka pada dinding pembuluh akibat racun, radikal bebas, virus, atau bakteri. Luka itu menyebabkankondisi dinding pembuluh menjadi tidak licin sehingga lemak mudah menempel. Lama kelamaan terbentuk plak yang terus menebal hingga akhirnya mempersempit dan menyumbat pembuluh.

Kolesterol dan trigliserida paling berperan dalam proses penyempitan. Selama peredaran darah berlangsung, ada kecenderungan kolesterol menempel pada dinding pembuluh. Ini terjadi lantaran sifat LDL yang sangat arterogenik.

Trigliserida dan kolesterol juga menyebabkan darah makin mengental. Akibatnya aliran darah menjadi tidak lancar dan semakin lambat. Lemak terlarut dalam darah pun semakin tidak mencukupi proses metabolisme. Bahkan memungkinkan lemak yang larut ke dalam darah menyusup ke dalam dinding pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan. Kondisi itu juga memungkinkan terjadinya bekuan darah sehingga memperbesar risiko pembuluh menyempit.

Kelebihan gula darah, kegemukan, dan hipertensi juga berperan dalam kerusakan pembuluh darah. Kelebihan gula darah mengganggu metabolisme, bahkan merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh nadi koroner. Tekanan darah tinggi menjadi faktor penting penyebab penyakit jantung. Ini lantaran beban kerja jantung menjadi semakin berat pada penderita hipertensi.

Rangsang metabolisme

Minyak kelapa murni mengatasi faktor-faktor risiko itu. “Ia melindungi jantung dan pembuluh dari kerusakan akibat bakteri, virus, dan radikal bebas,” tutur Ir Barlina Rindengan MS, peneliti di Balai Penelitian Kelapa (Balitka) Manado.

Dia juga merangsang metabolisme sehingga membuat kadar kolesterol darah terjaga keseimbangannya. Bahkan berefek langsung menurunkan LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol—lipoprotein yang melindungi fungsi jantung.

Lancarnya metabolisme membuat kadar gula darah lebih terkontrol keseimbangannya. Tak hanya itu, asam lemak rantai sedang yang menyusun minyak kelapa murni itu mengurangi tekanan pada pankreas dan membuat organ bekerja lebih efisien. Asam lemaknya mudah diserap sel-sel tanpa perlu enzim atau insulin. Dengan begitu, ia dapat meningkatkan produksi dan kerja insulin dalam merombak gula dalam darah.

Minyak perawan memang mengandung trigliserida. Namun, ketika dikonsumsi ia pecah menjadi digliserida, monogliserida, dan asam lemak bebas. Monogliserida dan asam lemak bebasnya merupakan antibiotik dan antivirus yang kuat. Terutama yang paling aktif asam laurat dan asam kaprat bersama monogliseridanya, monolaurin dan monokaprin. Mereka ampuh membunuh bakteri, cendawan, dan virus.

Efek antibiotik itulah yang membuat dia mampu menyembuhkan luka dan memperbaiki kerusakan pada dinding pembuluh. Jadi, minyak kelapa murni tak hanya sekadar mengurangi risiko penyakit jantung, tapi juga membantu menyembuhkan penyakit itu. (Fendy R Paimin/Peliput: Destika Cahyana)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img