Thursday, December 8, 2022

Yang Eksotis dari Baturiti

Rekomendasi

Jenis lain seperti B. heracleifolia black falcon juga tak kalah cantik. Daun bertekstur lembut seperti beludru. Bunganya kecil-kecil tersusun membentuk piramida bercorak jingga. Salah satu koleksi Kebun Raya Bali (KRB) di Candikuning, Baturiti, Tabanan, itu disukai lantaran sosoknya indah dan rajin berbunga.

B. semprefl orens memiliki keunikan lain. Lantaran rajin berbunga ia perlu teratur dipangkas minimal 3 bulan sekali agar tetap indah. Tanaman berbatang tegak dan berdaun kecil itu memiliki beberapa variasi warna daun dan bunga. Misalnya B. semperflorens thousand wonders  red berbunga merah, B.semperflorens thousand wonders white berbunga putih, B. semperfl orens thousand wonders pink berbunga jingga, dan B. semperflorens tinkerbel dengan bunga merahmenumpuk.

Berwarna-warni

Begonia memang tidak setenar anggrek dan adenium. Namun, sosok bunga yang diambil dari nama gubernur Francis Begon di Santo Domingo itu memiliki keistimewaan pada daun. Dengan bentuk dan corak daun beragam seperti bulat, lonjong, keriting, kerdil, dan corak jingga, merah, abu-abu, serta cokelat, anggota keluarga Begoniaceae itu sangat digemari sebagai tanaman hias.

KRB semula hanya mengoleksi 4 jenis begonia. Namun, 3 tahun kemudian koleksinya mencapai 71 jenis. Mereka hasil buruan dan sumbangan kolektorbegonia di Bogor. Dari jumlah itu 21 jenis di antaranya tanaman asli tanah air asal Sumatera, Bali, Sulawesi hingga Sumba. Beberapa jenis merupakan spesies seperti B. aptera, B. hooveriana, dan B. longifolia. Sisanya, sekitar 50 jenis merupakan begonia eksotis dan hibrida dari mancanegara.

Dari seluruh koleksi di KRB, dibagi menjadi 3 kelompok, yakni begonia eksotis berdaun indah seperti B. acetosa, B. boware cleopatra, B. boware varietas nigramarga, dan B. boware bethlehem star. Begonia berbunga indah seperti B. semperfl orens, dan begonia berdaun serta berbunga seperti B. heracleifolia black falcon.(Dra Hartutiningsih M Siregar, peneliti di Kebun Raya Bali-LIPI)

Perbanyak dengan Umbi dan Biji

Selama ini begonia diperbanyak dengan setek daun. Sedikit yang memperbanyak dengan umbi dan biji. Yang diperbanyak melalui umbi memang jenis berumbi seperti B. tuberosa. Caranya belah seperti halnya tanaman hias gloxinia yang memiliki tunas adventif.

Perbanyakan biji hampir dapat dilakukan pada semua jenis begonia yang berbunga, terutama pada golongan semperflorens begonias. Sayang tidak semua jenis begonia dapat melakukan penyerbukan akibat morfologi bunga yang kecil dan mudah rontok. Putik dan benang sari jarang matang bersama-sama pun membuat tanaman sulit menghasilkan biji.

Pada perbanyakan biji, buah dipetik saat matang kelamin ditandai mekarnya bunga. Lalu masukkan biji ke dalam kantong-kantong kertas. Keringkan dengan cara menjemur selama 1—2 hari. Biji disemai pada pot berisi media kompos steril, lalu ditutup plastik. Setelah 1–2 minggu atau tampak bibit keluar, bukalah plastik dan lakukan penjarangan dengan memindahkan sebagian bibit ke polibag lain. (Dra Hartutiningsih M Siregar, peneliti di Kebun Raya Bali-LIPI)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img