Thursday, August 18, 2022

Yang Potensial Dibudidayakan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Sejatinya tak hanya kerapu bebek yang dibudidayakan. Kerapu macan Epinephelus fuscoguttatus dan lumpur E. coioides juga kelompok kerapu demersal yang sukses dibudidayakan peternak tanahair.

Harganya? Memang jauh dibanding kerapu bebek, macan Rp80.000-Rp130.000/kg dan lumpur Rp60.000 per kg. Toh jenis-jenis itu tetap diserap pasar mancanegara.

Kertang termasuk jenis kerapu yang diminati pasar. Harganya berkisar US$9-US$9,5 setara Rp106.560-Rp112.480 (kurs rupiah US$=Rp11.840) per kg. Sayangnya kerapu yang dapat mencapai bobot 500 g per ekor dalam tempo 6-7 bulan itu masih mengandalkan tangkapan alam. Belakangan Balai Budidaya Laut (BBL) Lampung sukses menangkarkan jenis yang dilirik konsumen Singapura, Jepang, dan Taiwan itu.

Indonesia kaya jenis kerapu. Paling tidak terdapat 46 jenis anggota keluarga Serranidae itu yang tersebar di seluruh laut Nusantara. Semua ikan yang kaya kandungan protein antara lain Eicosapentaenoat Acid (EPA) dan Deicosahencanoic Acid (DHA) itu berprospek untuk dibudidayakan. Namun, sejauh ini hanya beberapa yang telah dicoba karena memiliki nilai ekonomi tinggi seperti kerapu bebek, macan, dan lumpur. Belakangan jenis kertang mulai dilirik.

Kertang Epinephelus lanceolatus

Kertang Epinephelus lanceolatus memiliki beberapa kelebihan. Ia tahan perubahan lingkungan dan penyakit. Giant grouper-sebutan kertang di Inggris-mampu hidup pada salinitas rendah, berkisar 5-33 ppt; kerapu lain umumnya 31-34 ppt. Laju pertumbuhan kertang cepat. Untuk mencapai ukuran 5-7 cm dibutuhkan 25-35 hari. Kertang dewasa dapat mencapai panjang tubuh 3 m. Di Indonesia kertang tersebar di perairan Padang, Bengkulu, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Bawean, Flores, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Sunu Plectropomus leopardus

Ikan yang dikenal sebagai coral trout-kerapu karang-ini punya ciri corak warna merah atau cokelat kehijauan bertotol biru. Sunu Plectropomus leopardus dewasa, umur 4 tahun atau lebih, dapat mencapai panjang 35-120 cm dengan bobot sampai 9 kg/ ekor. Harga sunu lebih mahal dibanding kertang, mencapai Rp189.440-Rp307.840 per kg. Sunu di tanahair terdapat di Padang, Bengkulu, Teluk Banten, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Bawean, Sulawesi Utara, Kepulauan Sangir, Ternate, Bacan, Ambon, Banda, Kepulauan Kei, dan Flores.

Lodi

Fisiknya mirip sunu, tapi totol warna birunya lebih jarang. Ikan berdaging lembut ini dapat mencapai panjang 70 cm dengan bobot 6 kg/ekor. Harganya sama dengan sunu. Penyebaran lodi Plectropomus maculatus selama ini ada di Padang, Nias, Sibolga, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Sulawesi Selatan, Teluk Banten, Halmahera, dan Ternate.

Malabar Epinephelus malabaricus

Sosoknya mirip lumpur E. coioides. Tubuhnya memanjang dan gilik dengan warna dasar abu-abu muda dan bintik-bintik di tubuh. Bedanya, bintik malabar hitam dan ukurannya lebih kecil. Malabar Epinephelus malabaricus yang mudah dijumpai di perairan karang, muara, mangrove, dan perairan berlumpur itu dapat mencapai panjang 115 cm dan bobot 25 kg/ekor. Malabar banyak terdapat di Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Bawean, Padang, Bengkulu, Nias, Aceh, Sumatera Utara,

Batu Cephalopholis boenack

Kerapu jenis ini hidup di sela-sela karang mati. Tubuhnya berwarna dasar cokelat dengan pita-pita vertikal hitam pucat. Kerapu yang hidup di perairan dangkal hingga kedalaman 30 m itu ukurannya relatif kecil, sekitar 22 cm. Nah, sejak populasi kerapu-kerapu besar di Hongkong menurun drastis, kerapu batu Cephalopholis boenack menjadi buruan nelayan. Di Indonesia, brown coral cod ini tersebar di perairan pantai barat Sumatera, Bangka, Belitung, Kalimantan Timur, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Buru, dan Ambon. (Prof Dr Asikin Djamali, pemerhati sumberdaya ikan dan lingkungan laut)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img