Tuesday, February 27, 2024

Yosukamera, Amunisi Lezat untuk Mengatasi Hipertensi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Para penderita hipertensi kini memiliki alternatif untuk menormalkan tekanan darah. Caranya dengan mengonsumsi kecambah kacang merah. Selain lezat, secara ilmiah kacang merah terbukti dapat menurunkan hipertensi.

Prof. Dr. Ir. Hery Winarsi, dosen di Departemen Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman, membuat produk yoghurt susu dari kecambah kacang merah (yosukamera). Kacang merah merupakan tanaman dengan kandungan antioksidan tinggi.

Yosukamera mengandung antioksidan fenolik 565 mg GAE/L. Antioksidan fenolik menjadikan homeostasis tekanan darah dengan cara memperbaiki fungsi vaskular darah.

Kacang anggota famili Fabaceae itu juga berfungsi memperbaiki sindrom metabolik (SM) seperti obesitas sentral, dislipidemia, hipertensi, resistensi insulin, intoleransi glukosa, disfungsi endotel, inflamasi, dan stres oksidatif.

Valentina Indrajati, herbalis sekaligus pemilik Rumah Parametta di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengatakan, kacang merah yang difermentasi menjadi yoghurt mengandung probiotik.

Probiotik itu menyehatkan pencernaan, terutama usus besar. Usus yang sehat dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Kandungan lemak dalam yoghurt kacang merah juga mampu memelihara jantung dengan meningkatkan kolesterol baik serta membantu mengatasi tekanan darah yang berperan sebagai faktor utama penyakit jantung.

Yoghurt juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan tinggi protein, terutama vitamin B12 dan riboflavin untuk melindungi jantung.

Menurut dr. Agnes Sukenty Niken P., kacang merah mengandung protein yang disebut peptida bioaktif. Kandungan senyawa proantosianidin dan isoflavon dalam kacang merah berperan sebagai antioksidan dan antihipertensi alami.

Yoghurt yang merupakan produk turunan susu mengandung kalium tinggi sehingga membantu menurunkan tekanan darah dengan merelaksasikan otot polos dan melebarkan pembuluh darah. Kombinasi yoghurt dengan kacang merah menjadikan olahan pangan ini sangat baik untuk penderita hipertensi.

Kacang merah kaya akan serat yang membantu menurunkan kolesterol dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol baik dan membersihkan arteri sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Inovasi Pakan Itik: Riset Ilmiah Membuktikan Eceng Gondok Terfermentasi Meningkatkan Bobot Itik

Trubus.id—Riset ilmiah membuktikan eceng gondok terfermentasi meningkatkan bobot itik. Siska Fitriyanti, S.Si, M.P., peneliti muda di Badan Penelitian dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img