Sunday, July 14, 2024

Kambing Bebas Penyakit

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—  Banyak kendala yang harus dihadapi oleh peternak kambing. Salah satunya, penyakit yang sering menyerang ternak. Berikut ini beberapa tip mengatasi berbagai penyakit yang kerap menyerang kambing.

Kapur barus usir belatung

Lalat Chrysomya bezzina hinggap dan berkembang biak menghasilkan belatung pada luka di tubuh kambing. Hasil penelitian Balai Penelitian Ternak, Ciawi, Bogor, myasis alias belatungan dapat disembuhkan dengan memberi gerusan kapur barus atau tembakau di luka yang sudah dibersihkan.

Luka dibalut untuk mencegah infeksi. Pengobatan dilakukan 2—3 kali dalam sepekan. Luka lebih cepat kering jika dioleskan yodium tinctur.

Biji labu kuning obat cacing

Kambing Anda tak nafsu makan dan tubuhnya mengurus? Hati-hati, itu boleh jadi tanda awal serangan infeksi cacing. Kambing menjadi rentan anemia dan infeksi lain. Hasil riset Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nanggroe Aceh Darussalam menunjukkan biji labu kuning Cucurbita moschata mampu mengatasi masalah itu.

Caranya, haluskan 50 g biji labu kuning mentah. Lalu berikan kepada kambing dua kali sehari. Pemberian dilakukan dalam kondisi perut kosong. Ulangi pengobatan hingga sepekan. Biji labu kuning bersifat anthelmentik alias sebagai obat cacing.

Halau skabies dengan gamal

Skabies menyebabkan kambing mengalami kegatalan hebat sehingga terus menerus menggaruk sampai menyebabkan luka diikuti dengan kerontokan bulu. Jika luka terjadi di sekitar mulut, kambing kesulitan makan sehingga berisiko mati.

Penyakit akibat tungau Sarcoptes scabiei dan Psoroptes ovis itu sangat cepat menular dengan risiko kematian hingga 67%. Penelitian di Balai Besar Penelitian Veteriner di Bogor, Jawa Barat, membuktikan ekstrak daun gamal dapat menumpas skabies.

Caranya, cincang halus 100 gram daun gamal kemudian rebus dalam 200 ml minyak sawit selama 2 jam dan saring. Oleskan ramuan itu pada luka sebanyak dua kali dengan selang 1 minggu.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Presiden dan Mentan Kunjungi Kebun Kopi di Lampung Barat, Pacu Produksi Demi Kesejahteraan Petani

Trubus.id—Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkebunan kopi di Desa Kambahang, Kecamatan Batubrak,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img