Sunday, May 19, 2024

Cara Tepat Memilih Pupuk Organik

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Pupuk organik seperti apakah yang bisa memperbaiki tekstur tanah? Produsen sayuran organik di Megamendung, Kabupaten Bogor, Benny Sanusi, memilih pupuk organik padat untuk memperbaiki tekstur tanah.

Pupuk diberikan dengan mencampurkan langsung dalam tanah; pupuk cair, disemprotkan atau disiramkan.  Pupuk organik yang baik bertekstur lembut, tidak menggumpal, tidak busuk.

Ketika memilih pupuk organik cair, hindari memilih pupuk yang berbau menyengat mirip urine sapi. Itu menunjukkan proses pembuatannya belum sempurna. Jika proses fermentasi sempurna, pupuk tak beraroma menusuk.

Ia memilih pupuk organik bermerek, perhatikan kemasannya. “Pilih yang kandungan karbon organiknya lebih dari 12%,” kata dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Dr. Toto Himawan. Jika terpaksa membeli pupuk organik tanpa kemasan, tanyakan kadar organik kepada produsen atau distributor.

Selain itu, baiknya dipilih pupuk yang terdaftar di Departemen Pertanian, agar kualitasnya terjamin. “Jangan lupa untuk mengecek hasil laboratorium dan sertifi kasi amannya,” kata doktor Ekologi alumnus Universitas Brawijaya itu.

Ia menyarankan agar pekebun tidak menggunakan satu merek pupuk organik terus-menerus. “Semua pupuk organik mengandung unsur hara makro dan mikro dengan kadar berbeda,” katanya.

Benny menuturkan penggunaan satu merek tertentu terus-menerus menyebabkan keseimbangan mikroba terganggu. Oleh karena itu penggunaannya harus bervariasi agar produksi maksimal.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img