Sunday, May 19, 2024

Meningkatkan Nilai Tambah Kakao Melalui Agrowisata Kakao

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Agrowisata kakao dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing bagi pekebun kakao. Itulah yang tengah digaungkan oleh Kelompok Tani Merta Abadi. Kakao hasil produksi kelompok tani di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali itu telah diakui mancanegara.

Pada 2022 kelompok tani itu berhasil mengekspor 1 ton biji kakao. Menurut Ketua Kelompok Tani Merta Abadi, Kadek Suantara, pembeli baik lokal atau mancanegara menyukai kakao dari Desa Ekasari karena memiliki aroma yang khas.

Maka pantas bila Desa Ekasari ditetapkan menjadi Desa Kawasan Kakao Organik oleh bupati Jembrana. Desa itu juga menjadi tempat studi bagi orang-orang yang ingin belajar dan praktik langsung tentang kakao.

Harapan itu terwujud. Para turis lokal dan mancanegara kerap mengunjungi Desa Ekasari. Bahkan desa itu menjadi daerah tujuan para delegasi dari 40 negara yang menghadiri acara Indonesia International Cocoa Conference (IICC) pada 2023.

Di Desa Ekasari para pengunjung bisa praktik memetik buah kakao yang benar-benar matang yaitu umur buah 5—6 bulan. Buah berwarna merah salah satu tanda buah siap dipanen. Setelah itu pengunjung menyaksikan pengolahan buah kakao. Pekerja membuka buah untuk mengeluarkan biji yang ditutupi pulp putih berserat.

Biasanya setiap satu buah kakao menghasilkan 35— 50 biji kakao. Sementara kulit buahnya untuk pakan sapi. Lalu pekerja menumpuk biji-biji kakao di atas tikar, daun pisang, atau dalam kotak dan ditutup.

Bakteri dan khamir (yeast) di udara menyebabkan terjadinya perubahan pada komponen kimiawi dalam pulp sehingga menjadi alkohol dan asam asetat saat fermentasi. Fermentasi bisa memakan waktu hingga 5—7 hari.

Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 653 April 2024 mengupas tuntas Harga Meroket: Bisnis Kakao Bergairah. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 653 April 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img