Thursday, February 29, 2024

Lestarikan Budaya, HPDKI Sukses Menggelar Festival Ternak Domba—Kambing

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) sukses menggelar Festival Ternak Domba—Kambing dan Seni Ketangkasan Domba, di Lapangan Panahan, Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (12/11/2023). 

Penyelenggaraan Festival itu didukung oleh Dinas Perikanan dan Peternakan serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor.

Bupati Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan, mengapresiasi gelaran Festival Ternak Domba—Kambing dan Seni Ketangkasan Domba 2023.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi atas semangat, daya juang dan produktivitas para pelaku usaha peternakan di masa pemulihan pascapandemi,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurutnya  Kabupaten Bogor bercita-cita menjadi yang terdepan dalam mengembangkan ternak dan domba. Ia memandang bahwa Bogor berpotensi besar dalam mengembangkan sektor peternakan dan pertanian.

“Kabupaten Bogor berpotensi besar dalam mengembangkan potensi  peternakan atau pertanian, ditunjang dengan kondisi alam, sumber daya alam, dan letak geografis yang strategis dengan pangsa pasar konsumen jabodetabek,” jelasnya.

Iwan mengatakan selain sebagai bentuk penghargaan kepada peternak yang berprestasi, festival ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengintegrasikan peternakan dengan budaya dan pariwisata.

“Dengan adanya festival ini kita melestarikan budaya dan tradisi lokal Sunda sekaligus memotivasi masyarakat untuk beternak domba dan kambing,” ujarnya.

Iwan juga mengajak peternak agar terus meningkatkan kreativitas dan produktivitas ternak lokal unggulan asli Indonesia, untuk memperkuat ketahanan pangan berbasis sumber daya lokal.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Ternak Domba—Kambing dan Seni Ketangkasan Domba, Fikri Alamsyah, mengatakan peserta yang berpartisipasi dalam Seni Ketangkasan Domba  Garut (SKDG) melebihi ekspektasi.

“Peserta SKDG diluar ekspekstasi. Target 100 pasang dan yang terdaftar ternyata sampai 150 pasang, jadi ada 300 ekor yang hadir dalam acara ini,” paparnya.

Sebagai informasi, Festival Ternak Domba—Kambing dan Seni Ketangkasan Domba, juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang sekaligus juga sebagai Dewan Pembina HPDKI.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img