Sunday, August 14, 2022

Rahasia di Balik Susu Kambing

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Ada lagi Susu Kolor Ijo, susu kambing campur telur dan kacang hijau. Nama-nama menu lainnya yang menggelitik rasa ingin tahu itu dapat Anda cicipi di gerai khusus susu kambing.

Gerai di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat misalnya, sejak 2 bulan lalu menawarkan pilihan khas dan unik bagi para penggemar kuliner. Gerai yang buka 24 jam itu menawarkan susu kambing dengan beragam modifikasi, tentu agar khasiat minuman itu bertambah. Contoh, Susu Janda Muda yang berkhasiat meningkatkan stamina dan membersihkan pencernaan.

Lain dengan kaum pria. Mereka biasanya memesan SGM atau Susu Gairah Malam. Isinya susu kambing dicampur telur, madu, dan lada hitam. Ini diyakini dapat meningkatkan gairah seksual. Alasan khasiat susu kambing untuk kesehatan menjadi daya tarik utama.

Kaya gizi

Susu kambing memang belum sepopuler susu sapi. Walaupun begitu, banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Terutama bagi mereka yang tidak cocok mengkonsumsi susu sapi. Susu kambing lebih mudah dicerna karena tersusun dari asam lemak berantai pendek dan sedang. Ukuran butiran lemak juga lebih kecil dibanding susu sapi. Sebagai gambaran ukuran butiran lemak susu kambing, sapi, kerbau bertutur-turut adalah: 3,49: 4,55: 5,92 mm.

Susu kambing kaya zat gizi terutama vitamin. Riset Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bogor menemukan tiap 100 g susu kambing mengandung 185 IU vitamin A; 0,04 mg vitamin B1; 0,04 mg vitamin B2; 0,3 mg niacin, dan 0,07 mg vitamin B12.

Walaupun tidak sebesar susu sapi, kandungan kalsium pada susu kambing cukup tinggi. Konsumsi secara teratur dapat mencegah pengeroposan tulang. Ia juga dipercaya membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah kaku sendi, anemia, dan mengobati kudis.

Makanan sempurna

Susu kambing banyak dipakai sebagai bahan makanan tambahan bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Alergi pada saluran pencernaan bayi berangsur-angsur dapat disembuhkan setelah diberi susu kambing. Sekitar 40 persen pasien yang alergi terhadap protein susu sapi memiliki toleransi yang baik terhadap susu kambing. Alergi terjadi kerena sensitifitas terhadap lactoglobulin yang terkandung pada susu bangsa sapi tertentu.

Dari hasil penelitian Mack pada 1953 diketahui kelompok anak yang diberi susu kambing memiliki bobot badan, mineralisasi kerangka, kepadatan tulang, vitamin A plasma darah lebih tinggi dibanding anak yang diberi susu sapi. Hasil yang sama terjadi pada kadar kalsium, tiamin, riboflavin, niacin, dan konsentrasi hemoglonin.

Di samping itu, susu kambing memiliki kapasitas bufer yang lebih baik, sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan. Seorang penderita gangguan saluran pencernaan di Lembang, Bandung sembuh setelah rutin meminum susu kambing selama 3 bulan. Hanya saja kandungan vitamin B12 dan asam folatnya rendah. Di luar itu, susu kambing bisa disebut sebagai makanan sempurna.

Susu kambing sangat potensial untuk perbaikan nutrisi karena tidak memiliki masalah lactose intolerance (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare bagi yang tidak biasa minum susu). Di sisi lain, minum susu kambing diketahui dapat mengurangi gangguan pernapasan, seperti asma, bronkitis, TBC, bahkan juga rematik.

Meski begitu, mekanisme kerja susu kambing dalam mengatasi berbagai gangguan penyakit belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan khasiatnya bagi kesehatan. (Ali Khomsan, guru besar Ilmu Pangan dan Gizi IPB)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img