Wednesday, April 17, 2024

Ceruk Pasar Vannamei Air Tawar

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tren budidaya udang vannamei air tawar makin berkembang.  Pasalnya , pasar tidak membedakan antara vannamei hasil budidaya air payau dan air tawar. Harap mafhum, sosok kedua udang itu sama saja.

Demikian juga cita rasa udang tidak berbeda. “Jika sudah dimasak, rasa itu tergantung bumbu,” kata pengepul di Lamongan, Jawa Timur, Choirul Musrifin. Ia menuturkan pasar menerima semua ukuran udang vannamei hasil budidaya air tawar.

Pasar menghendaki vannamei berbobot minimal 5 gram per ekor dan sehat. Pada umumnya para peternak vannamei tawar mampu memenuhi kriteria itu. Konsumen vannamei adalah pabrik pengolahan hasil laut, rumah makan, dan rumah tangga.

Bergesernya lokasi budidaya dari tepi pantai ke wilayah berjarak 20—25 km kabar menggembirakan. Sebab, makin banyak orang yang mampu mengusahakan vannamei. Pengepul di Lamongan, Ahmad Rofiq menuturkan, pasar lokal membutuhkan banyak vannamei.

Pengepul sejak 2007 itu mendapatkan pasokan rutin hingga 3—8 ton per hari. Jika ia memasok lebih dari 10 ton pun pasti terserap pabrik. Ia juga mengatakan, vannamei air tawar tetap berpeluang mengisi pasar ekspor.

Vannamei menjadi komoditas terbesar kedua yang dibudidayakan setelah bandeng. Alasannya harga jual relatif tinggi dan stabil. Jika berfluktuasi pun perbedaannya tidak terlalu tinggi. Itu berbeda dengan harga ikan lain seperti nila yang memiliki harga terendah (Rp2.000—Rp8.000) dan tertinggi (Rp25.000— Rp30.000).

Salah satu sentra budidaya vannamei air tawar yakni Lamongan.  Menurut Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Lamongan, Ir. Tri Wahyudi, M.M., luas sawah tambak 19.519 hektare yang menghasilkan 12.964 ton vannamei air tawar pada 2017.

Dari jumlah itu ada 26.069 orang yang membudidayakan vannamei air tawar. Disebut sawah tambak karena pemilik menggunakan lahan itu sebagai tempat budidaya vannamei dan padi sesuai musim.

Siklus budidaya yakni pada November—Desember, Januari— Februari, dan Maret—April. Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lamongan, Ir. Suyatmoko, M.M.A., “Vannamei meningkatkan kesejahteraan para petambak.” kata Suyatmoko. Buktinya nilai tukar petani (NTP) perikanan Kabupaten Lamongan 116,64.

Namun budidaya vannamei air tawar juga memungkinkan pada daerah salinitas rendah seperti di Gresik, Tuban (yang berbatasan dengan Lamongan), dan Pasuruan. Semuanya di Jawa Timur. Alasannya semua daerah tersebut memilik karakteristik lahan mirip Lamongan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peternak di Kabupaten Magelang Sukses Silangkan Ayam Poland

Trubus.id—Penggemar ayam poland di Indonesia berasal dari berbagai daerah. Alasannya karena sosok ayam poland sangat unik. Muhammad Doni Saputra...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img