Friday, December 2, 2022

Kastuba : Tampil Cantik Setelah Dipingit

Rekomendasi

Di daerah tropis, lama hari gelap sekitar 10—12 jam. Artinya butuh tambahan 1—2 jam perlakuan agar kebutuhan hari gelap kastuba terpenuhi. Untuk memperpanjang hari gelap, kastuba disungkup di dalam ruang gelap dan tertutup. Selain cahaya, temperatur juga berpengaruh. Cuetlaxochitle—sebutan kastuba oleh Suku Aztec di Meksiko—menyukai suhu rendah.

Dengan sifat seperti itu, pantas bila di daerah tropis kastuba lebih sulit dibuat warna-warni ketimbang di daerah subtropis. Toh, banyak jalan menuju Roma agar sang bunga natal berona merah, kuning, merah muda, putih, dan ungu.

Masa muda

Agar mengeluarkan pucuk beragam warna, kastuba mesti cukup umur. Artinya sudah penuh melewati masa vegetatif. Menurut Benny Tjia di Bogor, masa vegetatif tanaman asal Meksiko itu berlangsung selama 6—8 minggu. Diawali dengan bibit hasil setek atau tanaman dewasa sampai tanaman rimbun. Untuk bibit setek, masa vegetatif dimulai dari bibit. Sedang tanaman dewasa, daun pelindung lama (tempat warna-warni kastuba berada, red) dipotong hingga tinggi mencapai atau 10—15 cm. Itu dilakukan Februari—awal Maret.

Setelah itu repotting tanaman ke pot berdiameter 5—7,5 cm. Pastikan media lembap. Lalu letakkan pot di ruang terbuka dekat cahaya. Setiap minggu ganti posisi agar cahaya yang didapatkan merata. Namun, saat malam pindahkan ke ruangan yang ada sinar. Pemindahan itu guna menjaga akar tidak mencapai dasar pot dan membuat tumbuh kompak. Bila menginginkan tanaman pendek dengan banyak daun pelindung, rompes setiap tunas baru. Lakukan selama 3—4 minggu, tergantung kecepatan tumbuh tanaman.

Tak hanya itu, pengairan rutin pun dibutuhkan. Pupuk dengan pupuk larut seperti NPK 20:20:20 setiap 2 minggu. Selain itu semprotkan Retardan, hormon untuk mengkerdilkan tanaman, sebanyak 1 ml per minggu. Perlakuan itu niscaya membuat tanaman cepat tumbuh dan kompak.

Kondisi iklim pun harus diperhatikan. Sebaiknya siang hari berada pada kisaran 22—24oC dan malam 15oC. Namun, itu tidak mutlak. Saat suhu siang mencapai 26oC kastuba masih bertahan. Suhu malam harus lebih dingin, sebaiknya di bawah 22oC. Pada masa vegetatif kastuba membutuhkan terang lebih panjang, yakni 14 jam. Biasanya di daerah tropis sinar matahari hanya 10 jam. Sisa 4 jam yang dibutuhkan diperoleh dari pemberian lampu di dekat tanaman. Bila tidak dilakukan penambahan sinar, tanaman tumbuh lamban. Dengan perlakukan tepat saat masa vegetatif usai, kastuba tumbuh optimal. Biasanya cabang berjumlah 3—12 buah.

Siap dipingit

Bila anggota famili Euphorbiaceae itu sudah dalam keadaan berdaun kompak dan ketinggian cukup, tanaman siap memasuki fase generatif. Kondisi itu dicirikan antara lain tanaman bercabang 3 dan tinggi 8 cm. Perlakuan untuk menampilkan warna-warni kastuba sebaiknya pada akhir September hingga pertengahan Desember. Karena masa itu suasana lebih lembap dan panjang gelap lebih lama. Di daerah tropis kastuba siap dipingit di ruang gelap supaya pucuknya berwarna-warni.

Lanny menaruh tanaman di ruang gelap berbentuk kotak seluas 4 m2. Ruang itu berangka bambu dengan tutup plastik hitam tak tembus cahaya. Di dalam ruang gelap itu berjejer rak setinggi 2 m dari tanah. Jarak antara rak dengan atap plastik cukup jauh, misalnya 1 m, agar kondisi ”ruang” tetap lembap. Di Amerika Serikat, Ecke, produsen kastuba terbesar di sana mengurung kastuba dalam greenhouse. Tanaman disusun di rak-rak panjang, lantas dikerudungi kain hitam tiap jarak 1 m. Penggunaan kain itu membuat sirkulasi udara berjalan baik.

Di tanahair, cara itu sulit dilakukan. ”Saya susah mencari kain hitam panjang. Ya, yang paling mudah didapat plastik hitam. Jadi itu yang dipakai,” ujar Lanny, pemilik nurseri Seederama itu. Selama dalam ruang gelap Retardan tetap diberikan. Namun, dosisnya dikurangi jadi 0,5 ml. Pada fase ini tidak dilakukan pemangkasan karena mengganggu kecepatan pewarnaan.

Selama berada di ruang gelap hindari kontak dengan cahaya. Itu menghambat keluarnya warna. Panjang waktu gelap usahakan selama 14 jam per hari. Namun, pada siang hari sungkup plastik hitam tetap dibuka agar tanaman terkena cahaya. Misalnya, bila penggelapan dimulai pukul 17.00, maka pada pukul 09.00. Keesokkan harinya biarkan tanaman terkena cahaya matahari. Lalukan berulang hingga 60—85 hari.

Pengisolasian itu sebaiknya dilakukan di dataran tinggi karena membutuhkan suhu rendah agar mengeluarkan pucuk warna-warni. Di daerah subtropis, suhu yang diinginkan 60—70oF setara 15—21oC pada siang hari dan 12oC di malam hari. Sementara di daerah topis, di bawah 26oC siang hari dan optimum 22 oC malam hari. Usai ”pingitan” bunga lobster bakal berwarna-warni pada Natal dan Imlek. (Lastioro Anmi Tambunan)

 

Previous articleUlar Palsu
Next articleBatu Luruh Karena Laurat?
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Mengatur Pola Pakan Tepat untuk Kuda

Trubus.id — Berbeda dengan sapi, kuda termasuk hewan herbivora yang hanya mempunyai satu lambung (monogastrik) sehingga kuda sangat membutuhkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img