Monday, February 26, 2024

Keunggulan Varietas Kelapa Dalam Karambia

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) resmi melepas varietas kelapa Dalam Karambia sebagai salah satu varietas unggul tanaman perkebunan. Varietas kelapa Dalam Karambia memiliki keunggulan sebagai berikut.

Melansir dari laman Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, kelapa Dalam Karambia merupakan komoditas unggulan yang berasal dari daerah Padang Pariaman. Masyarakat Padang Pariaman menjadikan kelapa itu sebagai salah satu sumber perekonomian strategis.

Potensi komoditas kelapa varietas ini sangat besar yakni mencapai 40.048 hektare tanaman kelapa. Buahnya tidak hanya dipasarkan di wilayah Sumatra Barat, tetapi juga ke berbagai provinsi di Indonesia.

Hampir semua bagian kelapa Dalam Karambia dimanfaatkan oleh masyarakat. Mulai dari daging buah, serabut, daun, batang, dan batok kelapa diolah sebagai sumber perekonomian mereka.

Sebelumnya, komoditas unggulan kelapa tersebut telah didaftarkan melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Tanaman dengan tanda daftar nomor 1901/PLV/2022 pada 6 Juni 2022, dan telah dilepas sebagai varietas unggul pada sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan pada 11 Oktober 2022.

Yurisman Yakub, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman, menjelaskan, tidak ada perbedaan secara fisik antara kelapa asal Padang Pariaman dengan daerah lainnya.

Namun, berdasarkan penelitian, santan dan zat kimia yang dihasilkan kelapa di Padang Pariaman lebih banyak dan lebih baik dari kelapa asal daerah lainnya. Hal tersebut menurutnya karena geografis Padang Pariaman yang perbukitan serta dekat dengan pantai sehingga menghasilkan kelapa dengan kualitas baik.

Andi Nur Alam Syah, Direktur Jenderal Perkebunan, pada pembukaan sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester II 2022 di Solo, pada Oktober lalu, menerangkan, pelepasan varietas tanaman perkebunan ini merupakan salah satu alternatif untuk mendorong pengembangan komoditas kelapa dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan ekspor.

Selain itu, percepatan pelepasan varietas ini pun untuk menumbuhkan penangkar sehingga menjadi langkah nyata dalam mengurai hambatan pengembangan perkebunan selama ini yang disebabkan oleh terbatasnya produksi benih oleh penangkar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Inovasi Pakan Itik: Riset Ilmiah Membuktikan Eceng Gondok Terfermentasi Meningkatkan Bobot Itik

Trubus.id—Riset ilmiah membuktikan eceng gondok terfermentasi meningkatkan bobot itik. Siska Fitriyanti, S.Si, M.P., peneliti muda di Badan Penelitian dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img